• Home
  • Internasional
  • Dokter Ini Sebabkan 200 Orang Kena HIV Akibat Tak Pernah Ganti Jarum Suntik
Jumat, 04 Desember 2015 01:01:00

Dokter Ini Sebabkan 200 Orang Kena HIV Akibat Tak Pernah Ganti Jarum Suntik

Yem Chroeum (tengah) digiring oleh kepolisian Kamboja saat akan menghadiri persidangan di sebuah pengadilan di Battambang, Kamboja, 20 Oktober 2015.

PHNOM PENH- Gara-gara tak mengganti jarum suntiknya, seorang dokter di Kamboja membuat lebih dari 200 pasiennya terinfeksi HIV, dan membuat dirinya dibui.

Sebagai seorang dokter, Yem Chroeum (55) seharusnya paham bahwa dirinya harus mengganti jarum suntiknya tiap sehabis digunakan.

Namun, dokter pinggir kota itu dituduh telah membuat ratusan warga desa Roka yang rata-rata menjadi pasiennya, terinfeksi HIV, lantaran pria itu menggunakan berulang kali jarum suntik bekas pakai.

Bahkan, dikatakan sekitar 10 warga yang telah terinfeksi, telah meninggal gara-gara penyakit itu.

Kamis (3/12/2015) ini, dokter yang tak memiliki lisensi atau surat izin praktek itu menghadap pengadilan dan mendapat vonis hukuman penjara 25 tahun.

Selain itu, hakim juga mewajibkan Yem membayar dana kompensasi kepada tiap korbannya, antara dua juta hingga 12 juta riel Kamboja.

Akan tetapi, Yem dikatakan Phnom Penh Post tetap berkeras bahwa dirinya tak bersalah dan justru ialah yang selama ini berusaha menyembuhkan para pasiennya yang kebanyakan datang dari keluarga miskin.

Sedangkan, menurut kesaksian para korban yang telah terinfeksi HIV di persidangan tersebut, banyak yang terlambat mengetahui bahwa mereka terinfeksi.

Kasus yang terjadi di negara termiskin di Asia itu dikatakan memicu pemerintah berkomitmen untuk membasmi penyedia tenaga medis yang tak berlisensi. (AFP/Phnom Penh Post)

Share
loading...
Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Bagaimana Cara Mencegah HIV (Human Immunodeficiency Virus)

    Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.
  • 4 bulan lalu

    Bersama Halodoc, Kosultasi Dokter Kini Bisa Dimana dan Kapan Saja

    Aplikasi Halodok selain memfasilitasi konsultasi juga dapat melakukan pemesanan pengobatan di rumah sakit tanpa harus antri karena sudah mendapat slot dari dokter.
  • 2 tahun lalu

    Cuma Gara-gara ini, Dokter Stroke yang Sudh Obati 40 Ribu Orang Dipecat

    Berikut fakta-fakta terkait dokter Terawan yang dipecat oleh IDI, dilansir dari Warta Kota, Selasa (3/4/2018). Simak selengkapnya di sini!
  • 4 tahun lalu

    Wow! Obat HIV / AIDS Kini Sudah Ditemukan

    Selama ini kita tahu bahwa penyakit HIV / AIDS tidak ada obatnya, tapi kita bisa mencegah untuk tidak terjangkit atau tertular. HIV / AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh v
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0