IKLAN
  • Home
  • Sport
  • Lima Negara Ini Lolos Piala Dunia Secara Mengejutkan
Kamis, 23 November 2017 09:56:00

Lima Negara Ini Lolos Piala Dunia Secara Mengejutkan

32 Negara sudah memastikan tempatnya di Piala Dunia 2018 mendatang. Sejumlah kejutan pun terjadi di sepanjang babak kualifikasi hingga babak play-off. Salah satu yang mengejutkan adalah tak hadirnya Italia di Rusia 2018 mendatang setelah kalah dari Swedia pada babak play-off. Dengan skuatnya saat ini, Swedia bisa dibilang cukup mengejutkan untuk bisa lolos, meski juga telah menyingkirkan Belanda di babak grup.

Selain Swedia pada edisi 2018, berikut adalah lima negara lain yang secara mengejutkan lolos ke Piala Dunia:

5. Islandia (2018)


Berada di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, Islandia sama sekali tak diunggulkan untuk lolos. Pasalnya, sejumlah negara yang lebih berpengalaman seperti Kroasia, Turki dan Ukraina lebih difavoritkan untuk lolos langsung atau setidaknya masuk ke zona play-off.

Namun peningkatan besar yang terjadi di timnas Islandia sejak 2014 lalu terbukti tak sia-sia. Mereka berhasil lolos langsung ke Rusia 2018 setelah menjadi juara grup. Mereka pun jadi negara dengan penduduk paling sedikit yang pernah lolos ke Piala Dunia.

4. Australia (2006)

Bergabung dalam Zona Oseania membuat Australia hampir pasti melaju ke babak play-off. Namun sayangnya, mereka seringkali tak beruntung karena bertemu lawan-lawan yang lebih kuat dari zona Amerika Selatan. Australia seringkali harus tersingkir di babak play-off dan memupus harapannya untuk bermain di Piala Dunia.

Namun pada 2006, kala mereka kembali menghadapi Uruguay pada babak play-off, Australia tak menyia-nyiakannya. Mereka mampu memutar balikkan prediksi banyak orang dan mengandaskan Diego Forlan dan kawan-kawan lewat drama adu penalti.

3. Ukraina (2006)

Meski memiliki nama besar dalam diri Andriy Shevchenko, Ukraina seringkali kesulitan jika menjalani laga kualifikasi turnamen-turnamen besar, baik Euro maupun Piala Dunia. Begitu pula saat kualifikasi Piala Dunia 2006 dimulai. Mereka harus tergabung dengan Turki, Denmark dan juara Euro 2004, Yunani.

Menjalani persaingan yang sengit di Grup B, Ukraina pun akhirnya berhasil keluar sebagai juara grup dengan 25 poin. Mereka pun berhak dengan tiket pertama ke Piala Dunia sejak merdeka. Bahkan mereka bisa melaju ke perempat final sebelum disingkirkan Italia.

2. Angola (2006)

Salah satu kejutan terjadi pada Piala Dunia 2006 Zona Afrika. Sejumlah negara berhasil lolos dan memastikan penampilan pertamanya di Piala Dunia seperti Togo, Ghana dan Pantai Gading. Namun, Angola yang juga lolos untuk pertama kali ke Piala Dunia jadi hal yang paling mengejutkan.

Bergabung bersama Nigeria di Grup D, Nigeria sebenarnya jauh diunggulkan untuk melaju ke putaran final. Namun, perolehan nilai yang sama dengan Angola membuat mereka harus tersingkir. Pasalnya, meskipun mereka unggul selisih gol, mereka kalah dalam hal head-to-head yang lebih dulu menjadi acuan bagi tim yang bernilai sama.

Angola berhasil menahan imbang 1-1 di kandang Nigeria, sementara menang 1-0 di kandang sendiri. Angola pun berhak berangkat ke Jerman 2006.

1. Korea Utara (2010)

Berada di luar ranking 80 besar dunia, Korea Utara sama sekali tak diperhitungkan untuk lolos ke Piala Dunia, bahkan untuk sekedar masuk putaran akhir kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Bersaing dengan nama-nama besar seperti Iran, Irak dan Arab Saudi, Korea Utara berhasil lolos ke Piala Dunia 2010.

Mereka menemani Korea Selatan, Jepang dan Australia yang juga lolos ke Afrika Selatan 2010.

Sumber: http://www.ftb90.com

Share
Berita Terkait
Komentar
Copyright © 2017 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.