• Home
  • Advertorial
  • Anggota DPRD Apresiasi Kesuksesan MTQ ke-51 Kecamatan Bengkalis
Rabu, 25 April 2018 12:57:00

Advertorial DPRD Bengkalis

Anggota DPRD Apresiasi Kesuksesan MTQ ke-51 Kecamatan Bengkalis

Bupati Amril dan Camat Bengkalis beserta jajaran SKPD Pemkab Bengkalis melakukan penekanan tombol sirine tanda dibukanya MTQ Kecamatan Bengkalis.

BENGKALIS, Globalriau.com - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-51 tingkat Kecamatan Bengkalis di Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis di buka secara resmo oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan di hadiri oleh Anggota DPRD Bengkalis dapil Bengkalis Bantan, Kamis malam (19/04/2018) kemarin.

Sebelum dilaksanakannya acara pembukaan MTQ ke 51 tersebut, pada Kamis siang (19/4/18) digelar Pawai Ta’aruf MTQ yang disambut dengan sangat meriah dan membumi menyatu bersama seluruh masyarakat, pada acara tersebut, secara resmi dilepas langsung oleh Camat Bengkalis Djamalludin AP, M.Si, dimana diikuti oleh seluruh kafilah dari 31 Desa dan Kelurahan se Kecamatan Bengkalis, dimulai start dari simpang tiga Meskom Simpang Ayam menuju jalan Masjid Simpang Baru Desa Teluk Latak dan berakhir menuju ke tempat arena MTQ di lapangan sepak bola Desa Meskom.

Ribuan peserta pawai ta’aruf MTQ dari 31 Desa peserta kafilah dipimpin langsung oleh kepala desa masing – masing beserta ketua PKK Desa, Lembaga Desa, Perangkat Desa, dan diiringi dengan arak – arakan peserta, bunga manggar dan beragam jenis kesenian ditampilkan dalam pawai tersebut, seperti Rabbana, Kompang, Marching Band, dan lainnya.

Kemeriahan pawai Ta’aruf MTQ dilanjutkan dengan kekhususan, khidmad dan semarak acara pembukaan MTQ ke 51 Kecamatan Bengkalis, pada Kamis malam (19/4/18), yang dibuka secara resmi dan langsung oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin. Anggota DPRD dari Partai PKB yang juga anak putra Meskom, sangat mengapresiasi rangkaian acara pawai ta’aruf dan pembukaan MTQ yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Bengkalis.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Irmi Syakip Arsalan menyampaikan apresiasi terhadap kesiapan desa meskom dalam menyelenggarakan MTQ ke-51 tahun 2018 ini. ‘’saya menilai kesiapan ini sangatlah luar biasa, acara yang di tampilkan semuanya sangat bagus sehingga membuat penonton bercak kagum dan sangat menikmati’’.

Anggota dewan yang biasa Disapa Ikip ini juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepeda seluruh panitia yang telah berjibaku dalam menyukseskan acara pembukaan MTQ ke-51 itu, karena telah menyiapkan acara dengan cukup baik dan berbagai penampilan-penampilan yang mampu membuat penonton yang hadir merasa takjub.

“Acara pembukaan MTQ Desa Meskom pada malam hari ini sangat memuaskan, ini menjadi bukti bahwa panitia sudah merancang dan mempersiapkan secara matang dan detail dalam penyusunan acara ini,” Ucap Ikip saat ditanya mengenai pendapatnya tentang acara itu. Selain itu, Ikip juga menyebutkan bahwa DPRD Kab. Bengkalis akan terus mensupport dari segi penganggaran dana terkait pembinaan yang dilakukan oleh LPTQ. Apresiasi yang besar juga diberikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Irmi Syakib Arsalan, S. Sos. Dimana Dirinya menilai persiapan yang dilakukan panitia Matang dan detail acara tersusun dengan rapi.

Dalam kesempatan tersebut Ikip berharap bahwa acara ini bukan hanya menjadi acara seremonial saja, tetapi juga sebagai upaya membumingkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi masyarakat di Kecamatan Bengkalis,” ujarnya.

“Kita harus jadikan contoh kesuksesan pembukaan acara mtq ke 51 tahun 2018 desa meskom sebagai contoh bagi desa desa yang lain agar kiranya kedepan setiap tuan rumah harus mampu menyajikan penampilan terbaik. Dari sisi Penganggaran DPRD Bengkalis terus mendukung dan mensuport dalam penyuksesan MTQ yang ada, kita berharap juga agar LPTQ kabupaten Bengkalis bisa melakukan pembinaan untuk menciptakan tilawah yang benar benar berkompeten." jelasnya.

Turut hadir juga dalam acara pembukaan MTQ ke 51 Kecamatan Bengkalis di Desa Meskom adalah anggota forum koordinasi pimpinan daerah Bengkalis, sekretaris daerah Bengkalis selaku ketua umum LPTQ kabupaten Bengkalis, para pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan pemerintah kab Bengkalis, kepala kantor kementerian agama kabupaten Bengkalis, ketua MUI kabupaten Bengkalis, ketua tim penggerak PKK kabupaten Bengkalis, Camat Bengkalis beserta isteri, Forkopimcam kecamatan Bengkalis, kepala desa Meskom beserta istri, kepala UPTD se-kecamatan Bengkalis, kepala KUA kecamatan Bengkalis, ketua MUI kecamatan Bengkalis, ketua lembaga adat melayu riau kecamatan Bengkalis, ketua lptq kecamatan Bengkalis, dewan dan majelis hakim MTQ tingkat kecamatan Bengkalis ke-51 tahun 2018, ketua beserta pengurus paguyuban dan ikatan keluarga se-kecamatan Bengkalis, ketua dan anggota BPD Meskom, kepala desa, ketua beserta anggota bpd, kepala dusun, ketua rw, ketua rt se-kecamatan Bengkalis, para orang tua kami, tokoh masyarakat, pemuka agama, pemuka adat, cerdik pandai, alim ulama, tokoh pemuda, tokoh perempuan.

Pesan Bupati Amril

 


Bupati Bengkalis, Amril Mukminin secara resmi membuka pelaksanaan, MTQ Kecamatan Bengkalis, Kamis malam (19/4/2018). Di mana kecamatan yang pada tahun 2017 lalu ini merupakan  peraih juara umum di MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis, akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan MTQ ke-51 selama tujuh hari kedepan, 19-25 April 2018.

Dalam kata sambutannya  Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menyampaikan, Jangan jadikan kegiatan MTQ ini sebagai serimonial semata, tetapi jadikan motivasi untuk terus meningkatkan semangat kita dalam mempelajari, memahami serta mengamalkan isi kandungan Alquran. Ia juga mengingatkan kepada seluruh generasi muda, agar selalu menjaga diri dan tidak terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Hendaknya dalam menjalani kehidupan tetap berpedoman pada Alquran sebagai tuntunan hidup umat Islam.

Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Bengkalis, Amril juga mengajak untuk membulatkan tekad untuk kembali kepada tuntunan Alquran dalam rangka terwujudnya masyarakat madani dan berakhlak Qurani. Terhadap kafilah dari 28 desa dan 3 kelurahan di Kecamatan Bengkalis, Amril mengucapkan selamat mengikuti MTQ tingkat Kecamatan Bengkalis tahun 2018. Semoga Bengkalis terus mendapatkan kader-kader Qurani yang mengharumkan negeri ini.

Adapun jumlah peserta MTQ ke-51 tingkat Kecamatan Bengkalis, berdasarkan laporan yang disampaikan Ketua Panitia, sekaligus Ketua LPTQ Kecamatan Bengkalis, Junaidi, menyebutkan total keseluruhan peserta sebanyak 462 orang.

''Cabang Tilawah semua golongan sebanyak 116 orang. Cabang Khat Quran semua golongan 111 orang, 23 regu Cabang Syarhil Quran, 21 regu Cabang Fahmil Quran, Hifdzil Quran 1 Juz dan tilawah, 27 peserta, 5 Juz dan tilawah 8 peserta dan Hifdzil Quran 10 Juz sebanyak 4 orang. Kemudian Cabang Menulis Makalah Quran sebanyak 16 peserta,'' sebutnya.

Kemudian Camat Bengkalis Djamalludin AP, M.Si, sampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas takdirNya rangkaian kegiatan pawai taaruf dan pembukaan MTQ ke 51 tahun 2018 Kecamatan Bengkalis di Meskom dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana serta memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia dan masyarakat.

“Alhamdulillah, acara MTQ ke 51 Kecamatan Bengkalis kali ini berjalan sangatlah luar biasa baik dari mulai persiapannya hingga pembukaan di malam hari in. Acara sesukses ini tanpa kerja sama dari semua belah pihak baik panitia maupun masyarakat desa miskom bukan berarti apapa, terbayar sudah lelah selama beberapa hari dengan dapat dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin, semoga ini menjadi motivasi kita bersama khususnya masyarakat Desa Meskom," pungkasnya.(adv/hms)

Editor: Ahmad Ridwan

Share
Berita Terkait
  • 14 jam lalu

    Kejari Bengkalis Setor Uang Kerugian Negara Rp 5,1 M

    BENGKALIS, Globalriau.com - Kejaksaan Negeri Bengkalis mengeksekusi uang rampasan dari kasus korupsi dan perusakan lingkungan h

  • 2 hari lalu

    Ketua Komisi Informasi Riau Kunjungan Kerja ke PPID Kabupaten Bengkalis

    BENGKALIS, Globalriau.com - Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Zufra Irwan, Kamis, 19 Juli 2018, melakukan kunjungan ke

  • 2 hari lalu

    Pemkab Bengkalis Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella

    BENGKALIS, Globalriau.com - Dalam upaya mengatasi penyakit campak dan rubella di Kabupaten Bengkalis, Dinas Kesehatan Kabupaten

  • 3 hari lalu

    Direktur Pol Air Polda Riau Kukuhkan 46 Kelompok Nelayan di Bengkalis

    BENGKALIS, Globalriau.com - Direktur Polair Polda Riau Kombes Pol Hery Wiyanto mengukuhkan 46 kelompok nelayan yang tergabung d

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.