IKLAN
Kamis, 12 Oktober 2017 15:42:00

Gebrakan Suyatno-Jamiluddin Gerakkan Industri Hilir

Humas/redaksi/net.
Bupati Suyatno tinjau kawasan industri di Rokan Hilir.

Kepemimpinan Suyatno-Jamiluddin untuk menjadikan Rokan Hilir dengan kawasan industri terutama kawasan hilir. Hal itu jauh-jauh hari sudah disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Surya Arfan ketika membuka kursus bahasa Isnggris di Aula Kampus UNRI Batu Enam beberapa waktu lalu.

Industri hilir dimaksud, perlu pabrik turunan CPO, produksi beras (tidak lagi menjual padi), pengalengan kerang bersama hasil laut lalinnya, serta keikutsertaan dalam pengelolaan sumur minyak.

Sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mewujudkan pengembangan industri Hilir maka pemerintah memberi akses kemudahan bagi para investor yang hendak menanamkan modalnya di Rokan Hilir.

Bupati Rokan Hilir Suyatno melakukan panen raya padi.

Berdasarkan data dari Disperindag, sektor industri yang ada di Rokan Hilir sebanyak 288 unit (68,90 persen) yang terdiri dari industri hasil pertanian dan kehutanan, 119 unit  (28,47  persen)  usaha industri logam, mesin dan kimia, serta sisanya 11 unit  (2,63 persen) industri aneka.

Jurus menggandeng para investor baik yang berada di dalam maupun luar negeri. Pada dasarnya, untuk mewujudkan pembanunan industri baru. Hal itu tentunya akan dapat menyerap tenaga kerja yang ada ditiap kecamatan.

Hingga kini, tercatat industri yang sudah ada dikecamatan Bangko dan Kecamatan Bagan Sinembah, masing-masing 136 usaha (32,54 persen) dan 91 usaha (21,77 persen). Di Kecamatan Pasir Limau Kapas terdapat  47 usaha  (11,24 persen), sedangkan untuk kecamatan lain jumlahnya antara 6 sampai 31 usaha dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 2.469 orang.

"Kita ajak para investor nanti masuk kemari itu harapan kita. Bahkan saat ini sudah ada beberapa investor yang menanamkan modalnya di Rohil. Saya juga telah menginstruksikan Kepala Dinas Kehutanan segera berangkat ke Pekanbaru untuk melobi perusahaan-perusahaan dari China dengan harapan bisa menanamkan modalnya di Negeri ini.  Bisa saja industri perhotelan dan banyak lagi," Kata Suyatno, belum lama ini.

Bupati Suyatno, resmikan cabang Bank Riau Kepri di salah satu kecamatan di Rokan Hilir.

Untuk memudahkan transaksi non tunai bagi usaha industri ditiap kecamatan, pemerintah juga menggandeng lembaga perbankan untuk melayani nasabah ditiap kecamatan. Salah satunya, Bank Riau Kepri. Dengan membuka cabang di Pujud baru baru ini, diharapkan keberadaan Bank Riau akan menggalakkan pembangunan industri perkebunan kelapa sawit, pembangunan infrastruktur, UMKM, dan sektor perekonomian lainnya didaerah itu.

Untuk sektor industri perikanan, tidak hanya pemerintah daerah, namun pemerintah Provinsi Riau juga melirik potensi di Rokan Hilir sebuah peluang besar.

"Industri hilir ini memang penting. Seperti budidaya perikanan laut perlu dikembangkan lagi. Tidak hanya memperoleh tangkapan ikan segar tetapi mengolah berbagai produk berbahan ikan atau proses hilirisasi," tutur Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kapasitas anggaran akan ditingkatkan untuk mendukung sektor perikanan di Riau. Selain itu masyarakat juga diajak untuk melakukan kegiatan ekonomi di bidang perikanan laut ini.    

"Potensi ini yang perlu digali. Banyak daerah yang memiliki potensi perikanan ini. Seperti Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil),Rokan Hilir (Rohil), Meranti, dan lainnya," urainya.***(adv/hms)

Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Sah Rp3.6 Triliun, APBD 2018 Pemkab Bengkalis Pro Rakyat

    BENGKALIS, Globalriau.com - Setelah dibahas bersama sesuai mekanisme sebagaimana diamanatkan peraturan perundang-undangan, hari

  • satu bulan lalu

    2018, 13.450 Honorer Pemkab Rohil Dirumahkan

    ROKAN HILIR, Globalriau.com - Besarnya beban anggaran untuk tenaga honorer ditengah kondisi defisitnya alokasi pendapatan dan b

  • 3 bulan lalu

    Resmi, Abdul Kadir Pimpin Lembaga DPRD Bengkalis

    BENGKALIS, Globalriau.com - Akhirnya H. Abdul Kadir resmi menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkal

  • 2 bulan lalu

    Program Strategis Suyatno-Jamiluddin Terus Melesat

    Menjejaki usia remaja, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dibawah komando Bupati Suyatno terus meluncurkan program stategis baik dari sektor Pendi

  • Komentar
    Copyright © 2017 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.