google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
Kamis, 17 Oktober 2019 19:25:00

Parlementaria DPRD Dumai

Mawardi dan Bahari Wakil, Agus Purwanto Ketua DPRD Dumai

Pekan Depan Dilantik
Paripurna DPRD Dumai penentuan Pimpinan DPRD Kota Dumai periode 2019 - 2024.

DUMAI, globalriau.com - Sekretaris DPRD Kota Dumai Fridarson menyebutkan pihaknya telah melakukan rapat paripurna DPRD Kota Dumai dalam rangka pengumuman usulan pimpinan definitif DPRD Kota Dumai masa jabatan 2019-2024 pada Senin (30/9). Namun penetapan tersebut baru untuk kursi dua wakil pimpinan, sementara untuk kursi Ketua DPRD Kota Dumai belum ditetapkan.

“Ketua DPRD Kota Dumai berasal dari Partai Demokrat, sedangkan posisi wakil ketua diperoleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” ujar Fridarson, Selasa (1/10).

Ia mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat ke partai-partai yang memperoleh kursi pimpinan DPRD melalui surat Nomor: 170/537/DPRD tanggal 4 September 2019 perihal  usulan calon pimpinan DPRD Kota Dumai masa jabatan 2019-2024, serta surat nomor :170/558/DPRD tanggal 16 September 2019 perihal percepatan pengusulan pimpinan DPRD Kota Dumai masa jabatan 2019-2024. “Ada dua partai telah menanggapi surat tersebut antara lain PKS melalui surat DPD Partai Keadilan Sejahtera Nomor 207/K/DPD-PKS-Dmi/1441H/2019 M tanggal 8 September 2019 mengusulkan dan menetapkan anggota DPRD Kota Dumai Mawardi  sebagai pimpinan DPRD definitif,  dan PDI-P melalui surat nomor 008/EX/DPC-17.03/IX/2019 tanggal 21 September 2019 mengusulkan dan menetapkan anggota DPRD Kota Dumai Bahari sebagai pimpinan DPRD definitif,” ujarnya.

Fridarson mengatakan, sementara dari Partai Demokrat belum memberikan usulan nama. “Sebagai proses Iebih Ianjutnya,  usulan calon pimpinan DPRD Kota Dumai akan disampaikan kepada Gubernur Riau melalui Wali Kota Dumai untuk mendapatkan peresmian dan pengangkatannya,” ujarnya. Sekretaris DPC Partai Demokrat Dumai Hariyadi Suparlan mengatakan nama calon ketua DPRD Dumai masih dalam pembahasan.

Agus Purwanto jadi Ketua



Pimpinan DPRD Kota Dumai periode 2019 - 2024 telah ditetapkan melalui rapat Paripurna DPRD Dumai hari ini, Senin (7/10/2019).

Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Dumai sementara Supriyanto dihadiri Pj Sekda Dumai H. Hamdan Kamal dan dihadiri 21 dari 30 anggota DPRD Dumai.

Fridarson Sekretaris DPRD Kota Dumai (Sekwan) menjelaskan, tiga pimpinan DPRD Dumai berasal dari tiga Parpol yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 lalu.

"Untuk Ketua DPRD Dumai dari partai Demokrat yang berhasil meraih 5 kursi di DPRD Dumai pada Pemilihan Legislatif 2019. Berdasarkan SK dari DPC Partai Demokrat Dumai mengusulkan Agus Purwanto sebagai pimpinan DPRD Dumai," kata Sekwan.

Lanjutnya, posisi wakil ketua I diisi dari Partai PKS (4 kursi), DPP PKS menunjuk Mawardi sebagai wakil ketua DPRD Dumai. Wakil pimpinan DPRD Dumai II dari PDI Perjuangan (4 kursi). DPP PDI-P menunjuk Bahari sebagai wakil ketua DPRD Dumai

"Hasil Paripurna hari ini segera  di ajukan ke Provinsi diketahui walikota Dumai. Setelah SK Pimpinan DPRD Dumai  ditandatangani Gubernur Riau akan dilaksanakan pengambilan sumpah pimpinan DPRD Dumai. Pengambilan sumpah nanti akan dipimpin Ketua PN Dumai," tambah Sekwan.

Terakhir Sekwan berharap SK pimpinan DPRD Dumai segera turun agar segera diambil sumlahnya. Setelah itu DPRD Dumai akan membentuk alat kelengkapan dewan, komisi, banggar, badan kehormatan, badan pembentukan Perda.

"Dan yang sangat mendesak adalah melanjutkan pembahasan APBD 2020, sebab KUA PPAS R-APBD 2020 sebelumnya sudah mulai dibahas oleh Anggota DPRD Dumai sebelumnya," tutupnya.

Segera Dilantik



Tiga pimpinan DPRD Kota Dumai definitif akan menjalani pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan.

Pengambilan sumpah jabatan akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Dumai dalam agenda Rapat Paripurna di gedung DPRD Dumai, Senin pekan depan (21/10/2019) sekira pukul 10.00 WIB.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Dumai, Fridarson Kamis (17/10/2019).

Tiga pimpinan DPRD Dumai yang akan diambil sumpah jabatannya adalah Agus Purwanto dari Demokrat sebagai Ketua DPRD Dumai, Mawardi dari PKS dan Bahari dati PDIP sebagai Wakil Ketua DPRD Dumai periode 2019 - 2024.

Dikatakan Fridarson, Gubernur Riau sudah menandatangani SK penunjukkan pimpinan DPRD Kota Dumai periode 2019 - 2024.

"Sudah, SK penunjukkan pimpinan DPRD Kota Dumai periode 2019 - 2024 sudah diteken Gubernur. Jika tidak ada halangan Senin, 21 Oktober pimpinan DPRD Dumai diambil sumpah jabatan sekira pukul 10.00 WIB oleh Ketua PN Dumai melalui rapat paripurna di gedung DPRD Kota Dumai," kata Fridarson.

Adapun, tiga orang pimpinan DPRD Dumai tersebut, tambah Fridarson, ialah Agus Purwanto sebagai ketua DPRD Dumai dari Partai Demokrat, kemudian, Mawardi dari PKS dan Bahari dari PDIP masing-masing sebagai wakil ketua I dan II.

"Nanti setelah pimpinan defenitif dilantik, kita bentuk AKD, termasuk Banggar dan Banmus," tutupnya.(parlementaria/sekwan)

Share
Berita Terkait
  • 14 jam lalu

    DPRD Dumai Minta Volume Lalin di Sei Sembilan Berhenti Disaat Aktivitas Ibadah Masyarakat

    Menanggapi hal tersebut, Bujang, anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN) kota Dumai mengaku sudah sering mendapat laporan dari masyarakat. Oleh karena itu dia meminta agar d
  • 2 hari lalu

    Apel Kasatwil Tahun 2020, Kapolri Berikan Arahan Tegas Pada Jajaran

    Kapolri, dikatakan Irjen Pol Argo, menginstruksikan untuk para Kasatwil tidak ragu-ragu untuk menegakan protokol kesehatan di masyarakat
  • 3 hari lalu

    Wakil Walikota Dumai Tutup Usia, Pemko Dumai Kibarkan Bendera Setengah Tiang

    Almarhum merupakan putra kelahiran Dumai, 12 Agustus 1974 anak dari Bapak H Soeparto dan Ibu Hj Katminah. Almarhum meninggalkan seorang istri, Dewi Tunjungsari Suharjo dan tiga ora
  • 3 hari lalu

    Melayat ke Rumah Almarhum Eko Suharjo, Paisal-Amris Batalkan Agenda Kampanye

    Menurut H Paisal, banyak hal yang dipelajari dari almarhum selaku atasan di Pemko Dumai. Almarhum Eko Suharjo merupakan sosok yang baik dan supel dalam bergaul. Banyak kenangan tak
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...