IKLAN
Kamis, 12 Oktober 2017 15:39:00

Program Strategis Suyatno-Jamiluddin Terus Melesat

Humas/Redaksi.
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman Wagubri H Wan Thamrin Hasyim tinjau lokasi Pembangunan Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan Kab Rokan Hilir.

Menjejaki usia remaja, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dibawah komando Bupati Suyatno terus meluncurkan program stategis baik dari sektor Pendidikan, Kesehatan hingga insfrastruktur yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dalam catatan redaksi globalriau.com, berbagai program strategis pemerintah Rohil diantaranya; (1) Program pengentasan kemiskinan melalui program perkebunan rakyat, terutama pada kantong-kantong kemiskinan. Program ini meliputi action pemerintah dengan upaya membangun rumah layak huni, pengobatan gratis, sertifikasi lahan penduduk miskin, mencetak lahan sawah baru, melakukan pembinaan usaha budi daya peikanan serta memberikan bantuan bea siswa bagi siswa yang kurang mampu dan berprestasi.

(2) Untuk peningkatan infrastruktur, pemerintah terus melakukan pembangunan jalan lintas pesisir, untuk ruas jalan Panipahan-Teluk Piyai, Teluk Piyai-Pedamaran, Pedamaran-Bagansiapiapi telah ditangani dan dianggarkan oleh pemerintah Provinsi Riau melalui APBD provinsi Riau.

ASS I Setda Prov Riau memberikan sambutan pada Paripurna HUT ke 18 Kab Rokan Hilir.

Program itu, kata Bupati menjadi kegiatan skala prioritas dalam membuka keterisolasian daerah khususnya daerah pesisir. Dia berpendapat terbukanya akses transportasi jalur darat memudahkan masyarakat menuju ke Labuhan Batu Selatan (Sumut) yang biasanya ditempuh 14 jam sekarang hanya 3-4 jam saja

“Saya berharap jalan sudah di aspal betol (rigid pavemen) sehingga akses transportasi bagi masyarakat menjadi lancar,sekarang mobil sudah bisa masuk tembus ke Sungai Rakyat Labuhan Batu Selatan (Labusel) Provinsi Sumut dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer,” ujar Bupati.

Dalam helat dirgahayu ke-18 Rokan Hilir kemarin, Bupati Suyatno menuturkan sudah banyak melakukan berbagai perubahan melalui program strategis yang telah direalisasikan.

(3) Salah satu program strategis yang sangat sexy adalah pengembangan kawasan industri dan kawasan sentra produksi dalam pembangunan ekonomi daerah. Tujuan dari rencana strategis tahap pertama ini pemerintah daerah adalah guna memecah kantong kemiskinan di daerah pesisir Rohil yang berada di Tujuh kecamatan, yakni Bangko, Pekaitan, Sinaboi, Pasir Limau Kapas, Batu Hampar, Rimba Melintang dan Bangko Pusako.

Gubri H Arsyadjuliandi Rachman Hadiri Upacara Peringatan HUT ke 18 Kab Rokan Hilir.

Bupati H Suyatno Amp, sempat menuturkan dalam sambutanya rasa terimakasih kepada Bappeda Rohil dan akademisi dari UNRI  yang telah menyelesaikan tugas yang cukup berat memprogram lima tahun kedepannya untuk Rokan Hilir.

Semua program strategis hanyalah isapan jempol jika tidak melewati managemen dan monitoring keuangan yang maksimal, untuk itu proyeksi peningkatan Pendapatan Asli Daerah pada tahun 2016 dan 2017 berasal dari pendapatan pajak daerah yang diproyeksikan berdasarkan data historis pendapatan pajak daerah dari tahun 2011-2014 . Kenaikan dari penerimaan pajak daerah ini pada tahun 2015 dan 2016 karena sudah efektifnya pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan yang dulunnya merupakan pajak kewenangan pemerintah pusat dialihkan menjadi pajak Daerah Kabupaten/Kota berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2009

Disamping itu kebijakan perpajakan daerah lainnya juga memberikan kontribusi bagi meningkatkan penerimaan pajak daerah ini seperti Pajak Air Tanah yang dahulunya merupakan Pajak Provinsi sekarang diserahkan menjadi Pajak Kabupaten/Kota. Bea Prolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan yang dahulunya Pajak Pusat sekarang diserahkan menjadi Pajak Daerah.

Sementara itu pada jenis penerimaan bagi hasil pajak dengan Pemerintah Provinsi diproyeksi juga mengalami kenaikan yang meningkat minimal sebesar 10 persen pada tahun 2016 dan 2017. Perkiraan tersebut berdasarkan rata-rata kenaikan penerimaan bagi hasil tahun sebelumnya.

 Dalam rangka mendorong keuangan daerah yang lebih mandiri untuk membiayai kegiatan pembangunan di Kabupaten Rokan Hilir masih diperlukan upaya-upaya peningkata pedapatan. Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam mencapai target pendapatan tersebut Menurut Bupati seperti yang termaktub dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir 2016 diperlukan langkah-langkah strategis yaitu Perbaikan dalam administrasi perpajakan menyangkut pendataan objek pajak, penghitungan, penetapan serta penerapan sanksi baik kepada wajib pajak maupun aparatur pajak yang melanggar ketentuan perpajakan daerah.

"Selain itu kita juga perlu Review Perda-perda yang sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini, khususnya yang berhubungan dengan retribusi daerah dan pajak daerah," Ungkap Bupati.***(adv/hms)

Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Sah Rp3.6 Triliun, APBD 2018 Pemkab Bengkalis Pro Rakyat

    BENGKALIS, Globalriau.com - Setelah dibahas bersama sesuai mekanisme sebagaimana diamanatkan peraturan perundang-undangan, hari

  • satu bulan lalu

    2018, 13.450 Honorer Pemkab Rohil Dirumahkan

    ROKAN HILIR, Globalriau.com - Besarnya beban anggaran untuk tenaga honorer ditengah kondisi defisitnya alokasi pendapatan dan b

  • 3 bulan lalu

    Resmi, Abdul Kadir Pimpin Lembaga DPRD Bengkalis

    BENGKALIS, Globalriau.com - Akhirnya H. Abdul Kadir resmi menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkal

  • 2 bulan lalu

    Gebrakan Suyatno-Jamiluddin Gerakkan Industri Hilir

    Kepemimpinan Suyatno-Jamiluddin untuk menjadikan Rokan Hilir dengan kawasan industri terutama kawasan hilir. Hal itu jauh-jauh hari sudah disamp

  • Komentar
    Copyright © 2017 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.