• Home
  • Bengkalis
  • Bahas Abrasi, Pagi Ini Kemenko Bidang Kemaritiman Gelar Rakor di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis
Jumat, 05 Juli 2019 15:44:00

Bahas Abrasi, Pagi Ini Kemenko Bidang Kemaritiman Gelar Rakor di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis

Tim Studi Kemenko Bidang Kemaritiman meninjau abrasi di pulau Bengkalis, Rabu, 4 Juli 2019.

BENGKALIS, globalriau.com - Pagi ini, Jum’at, 5 Juli 2019, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman akan melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.



Rapat yang dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB tersebut bakal dilaksanakan di lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri menjelaskan, kemungkinan besar materi yang akan dibahas terkait hasil peninjauan lapangan 26 Tim Studi (penelitian) Kemenko Bidang Kemaritiman tentang abrasi di pulau Bengkalis yang dilaksanakan kemarin, Rabu, 4 Juli 2019.

“Secara pasti kami belum tahu materi yang bakal dibahas. Kemungkinan besar tentang hasil peninjauan lapangan yang dilakukan tim studi Kemenko Bidang Kemaritiman, kemarin,” jelas Johan, beberapa saat lalu.

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya, kemarin, tim studi tersebut meninjau abrasi di sejumlah titik. Yakni, di Desa Meskom (Kecamatan Bengkalis) dan Desa Jangkang (Kecamatan Bantan) dengan mengunankan speedboat Elang Laut milik Pemkab Bengkalis.

Kemudian, dilanjutkan ke Desa Mentayan, Muntai, Pambang Pesisir dan  Pambang Baru, dengan mengunaka roda empat dan roda dua.

Di setiap titik lokasi abrasi, semua anggota tim studi turun langsung melakukan observasi, serta mewancarai warga dan Kepala Desa setempat guna mengali informasi dan mendapatkan data valid, untuk dijadikan bahan penelitihan.

Johan menambahkan, selain dari Kemenko Bidang Kemaritiman, Rakor tersebut juga akan diikuti beberapa kementerian dan lembaga serta perguruan tinggi.

Kementerian dan lembaga dimaksud adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian  Kelautan dan Perikanan (KP), Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Markas Besar TNI Angkatan Laut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Badan Resorasi Gambut (BRG).

Sedangkan dari Provinsi Riau, diantaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Universitas Riau.

Sementara dari jajaran Pemkab Bengkalis, Rakor tersebut akan diikuti Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Kelautan.

Lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan, Diskominfotik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kepala Bagian Perbatasan, dan Kepala Bagian Humas.

“Kemudian, Camat Bengkalis, Camat Bantan dan Politeknik Negeri Bengkalis,” tutup Johan.(rls)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 24 jam lalu

    Kejaksaan Negeri Bengkalis Musnahkan Barang Bukti Narkotika

    Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis, Heru Winoto langsung memimpin eksekusi pemusnahan barang bukti yang dilakukan didepan halaman kantor Kejaksaan negeri Bengkalis, dan turut dihadi
  • 2 hari lalu

    Bapenda Bengkalis Lakukan Berbagai Upaya guna Optimalkan Pendapatan dari Pajak

    Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis terus berupaya untuk mengoptimalkan penggalian potensi pajak daerah secara maksimal, baik pendataan objek pajak dan pemutkharian data wa
  • 3 hari lalu

    Bupati Bengkalis Ajak Manfaatkan Sampah Sebagai Sumber Daya Ekonomi

    Kerja sama ini didasari oleh kesamaan pemahaman antara Unilak dan PT CPI dalam membantu masyarakat/pemerintah dalam pengelolaan sampah di tiga wilayah, yakni Rumbai Pesisir (Kota
  • 4 hari lalu

    Pukul 16.05 WAS, JCH Kabupaten Bengkalis Tiba di Madinah

    Dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, JCH mulai terbang menggunakan pesawat Saudi Airlines, pukul 11.55 WIB. Dengan perjalanan sekitar 8 jam, tepatnya pukul 20.05 WIB, jamaa
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...