google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Home
  • Bengkalis
  • Bahas Abrasi, Pagi Ini Kemenko Bidang Kemaritiman Gelar Rakor di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis
Jumat, 05 Juli 2019 15:44:00

Bahas Abrasi, Pagi Ini Kemenko Bidang Kemaritiman Gelar Rakor di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis

Tim Studi Kemenko Bidang Kemaritiman meninjau abrasi di pulau Bengkalis, Rabu, 4 Juli 2019.

BENGKALIS, globalriau.com - Pagi ini, Jum’at, 5 Juli 2019, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman akan melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.



Rapat yang dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB tersebut bakal dilaksanakan di lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri menjelaskan, kemungkinan besar materi yang akan dibahas terkait hasil peninjauan lapangan 26 Tim Studi (penelitian) Kemenko Bidang Kemaritiman tentang abrasi di pulau Bengkalis yang dilaksanakan kemarin, Rabu, 4 Juli 2019.

“Secara pasti kami belum tahu materi yang bakal dibahas. Kemungkinan besar tentang hasil peninjauan lapangan yang dilakukan tim studi Kemenko Bidang Kemaritiman, kemarin,” jelas Johan, beberapa saat lalu.

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya, kemarin, tim studi tersebut meninjau abrasi di sejumlah titik. Yakni, di Desa Meskom (Kecamatan Bengkalis) dan Desa Jangkang (Kecamatan Bantan) dengan mengunankan speedboat Elang Laut milik Pemkab Bengkalis.

Kemudian, dilanjutkan ke Desa Mentayan, Muntai, Pambang Pesisir dan  Pambang Baru, dengan mengunaka roda empat dan roda dua.

Di setiap titik lokasi abrasi, semua anggota tim studi turun langsung melakukan observasi, serta mewancarai warga dan Kepala Desa setempat guna mengali informasi dan mendapatkan data valid, untuk dijadikan bahan penelitihan.

Johan menambahkan, selain dari Kemenko Bidang Kemaritiman, Rakor tersebut juga akan diikuti beberapa kementerian dan lembaga serta perguruan tinggi.

Kementerian dan lembaga dimaksud adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian  Kelautan dan Perikanan (KP), Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Markas Besar TNI Angkatan Laut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Badan Resorasi Gambut (BRG).

Sedangkan dari Provinsi Riau, diantaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Universitas Riau.

Sementara dari jajaran Pemkab Bengkalis, Rakor tersebut akan diikuti Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Kelautan.

Lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan, Diskominfotik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kepala Bagian Perbatasan, dan Kepala Bagian Humas.

“Kemudian, Camat Bengkalis, Camat Bantan dan Politeknik Negeri Bengkalis,” tutup Johan.(rls)

Share
Berita Terkait
  • 3 jam lalu

    Gubri H Syamsuar: Mandi Safar Harus Dikembangkan sebagai Modal Sosial

    Kata Gubri H Syamsuar, nilai-nilai keunggulan dan budaya warisan nenek moyang, merupakan kearifan lokal yang harus kita apresiasi, pelihara, dan sumbangkan bagi peradaban manusia.
  • 3 jam lalu

    Gubri H Syamsuar dan Bupati Amril Mukminin Dukung Program GenRe dan Aksi Positif Remaja Riau

    Komitmen dan dukungan tersebut mereka berikan sempena peringatan Hari Remaja Internasional tahun 2019 yang dikoordinir Perwakilan BKKBN Provinsi Riau di Kecamatan Rupat Utara, Kabu
  • kemarin

    Riau Pesisir, Antara Pencitraan Media dan Ego

    Kubu yang mendukung, melihat dari duduknya orang - orang pesisir sebagai pemangku kepentingan di tingkat provinsi. Gubernur, Wakil Gunernur, Ketua DPRD Provinsi, dan mungkin akan b
  • kemarin

    Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Hadiri Rapat Inisiasi Koordinasi Kasus Karhutla dengan Kapolda Riau

    Hal ini dilakukan agar kepastian hukum dan keadilan dapat diterima seluruh pihak yang terkait dalam kasus Karhutla.
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0