BANNER TDS 2019
Kamis, 12 September 2019 19:55:00

Bengkalis Masih Belum Ada Perubahan

Penjabat Wakil Bupati Bengkalis dimasanya Tahun 2005-2010 Drs. H. Normansyah Abdul Wahab, MM saat bersilaturrahmi dengan masyarakat di salah satu kedai kopi di Jalan Patimura-Bengkalis, Kamis (12/9/2019).

BENGKALIS, globalriau.com - Pembangunan Kabupaten Bengkalis sejak dua kepemimpinan kepala daerah terhitung 2010 hingga 2019 belum terlihat perubahan yang berarti. Walau pembangunan infrastruktur disana-sini, namun Pulau Bengkalis yang terdiri dari dua kecamatan masih menjadi kota yang belum berkembang sesuai harapan masyarakat.



Hal itu disampaikan Drs. H. Normansyah Abdul Wahab, MM, Kamis (12/9/2019) saat berkunjung ke negeri junjungan Bengkalis. Normansyah yang tercatat sebagai Wakil Bupati Bengkalis periode 2005-2010 ini mengutarakan, untuk membangun Kabupaten Bengkalis butuh keseriusan dalam pengelolaan manajemen yang baik.

Kepada sejumlah wartawan di Bengkalis, pria yang terkenal low profil ini mengutarakan, sebuah wilayah itu memiliki masyarakat, sehingga pembangunan masyarakat melalui pembiayaan APBD Bengkalis serta penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) bisa dilakukan melalui stimulant. Seperti halnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada, sejatinya bisa bermanfaat dengan berbagai program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Dikatakannya, BUMD bisa berkembang secara baik, sepanjang diawasi secara terus menerus melalui pembiayaan yang stimulan. Melalui pemberdayaan masyarakat petani, nelayan dan juga perkebunan. Jika perlu menjadi lahan pembuka lapangan pekerjaan baru melalui core bisnis. Sehingga masyarakat bisa menjadi terbantu untuk memasarkan hasil pekerjaannya.

Seperti contoh, sambungnya, keberadaan nelayan yang perlu didukung dengan adanya keramba jarring apung, melalui pendampingan BUMD ataupun koperasi, maka usaha masyarakat bisa menjadi berkembang. Pengusaha Batu Bara ini juga menjelaskan, selain sektor laut, potensi lainnya Pulau Bengkalis berada di sektor pertanian dan perkebunan karet.

“Harga getah hari ini saya rasakan sangat dikeluhkan masyarakat dipedesaan. Sejak saya tidak menjabat sebagai wakil bupati, harga getah ini sangat terjun bebas. Untuk meningkatkannya perlu adanya perusahaan atau pabrik yang siap untuk mengambil hasil panen karet masyarakat, sehingga bisa diberikan dengan harga yang sewajarnya, melalui sistem stimulan, BUMD bisa mengelolanya,”kata Normansyah Abdul Wahab.

Selain itu, sambugnya, potensi-potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Bengkalis hari ini memiliki peluang untuk bisa bersaing di pasar bebas. “Ini ada dalam pemikiran saya, karena saya tahu betul bagaimana kondisi Bengkalis hari ini, butuh masukan dan saran untuk pembangunan yang bersifat untuk kesejahteraan masyarakat,”terangnya.

Di era Bupati Bengkalis periode 2005-2010, ketika dirinya mendampingi Syamsurizal sebagai Wakil Bupati Bengkalis, geliat ekonomi dipedesaan bisa dikatakan berjalan sebagaimana mestinya. Masyarakat petani sama sekali tidak mengeluh sedikitpun dan justeru sebaliknya, bisa tersenyum dengan nilai jual hasil pertanian karet.

Begitupula dengan akses transportasi laut, seperti pelayanan Ro-Ro Bengkalis. Secara kasat mata, pelayanan pelabuhan Ro-Ro mengalami perubahan jam keberangkatan. Namun, sebaliknya pelayanan yang ada saat ini seakan terbiarkan dari pandangan mata, seperti ketersediaan MCK yang kurang memadai di armada Ro-Ro.

“Beberapa kali saya menaiki layanan jasa Ro-Ro, keluhan selalu terdengar dari antrian dan juga pelayanan kamar mandi yang berbau dan tidak bersih. Padahal, saya dengar pelayanan jasa ini merupakan penyumbang PAD terbesar setiap tahunnya, akan tetapi luput dari pengawasan pemerintah daerah saat ini,”katanya sembari mengatakan ini harus dijadikan perhatian pemerintah daerah nantinya.(amx)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 21 jam lalu

    Maju Pilkada, Wabup Bengkalis Lakukan Safari Politik

    Setelah mendaftar dan mengambil formulir di DPD PDI Perjuangan Bengkalis. Muhammad memantapkan dirinya mengambil formulir penjaringan calon bupati dan wakil bupati Bengkalis di DPD
  • 2 hari lalu

    Bupati Bengkalis Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

    Hal tersebut sebagaimana disampaikan Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Pemerintan Hj Umi Kalsum ketika membuka acara lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Bengkalis dan lom
  • 2 hari lalu

    RSUD Mandau Dirikan Posko Kesehatan Dampak Asap di Kawasan Pokok Jengkol Duri

    Posko tersebut didirikan sebagai salah satu bentuk kepedulian dan tanggungjawab Koramil 04/Mandau dan RSUD Mandau untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menanggulangi dampak asap ak
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...