• Home
  • Bengkalis
  • Hendri Hasibuan: Kades Harus Cerdas Dalam Mengusulkan Kegiatan Pembangunan
Sabtu, 09 Februari 2019 08:16:00

Hendri Hasibuan: Kades Harus Cerdas Dalam Mengusulkan Kegiatan Pembangunan

Bupati Amril Mukminin berbincang dengan Ketua Komisi II DPRD Bengkalis Hendri Hasibuan di sela-sela mengikuti Musrenbang Kecamatan Bhatin Solapan, Jum'at, 8 Februari 2019

BENGKALIS, globalriau.com - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bengkalis Hendri Hasibuan mengharapkan, setiap Kepala Desa (Kades) cerdas dalam mengusukan kegiatan.

“Selain kegiatan yang benar-benar prioritas, dalam mengusulkan kegiatan Kades harus cerdas,” saran Ongah, begitu Hendri akrab disapa karibnya, Jum’at, 8 Februari 2019.



Anggota DPRD Bengkalis tiga periode ini mengemukakan itu saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bathin Solapan di Ballroom Lantai IV Surya Hotel Duri.

Contoh usulan cerdas yang dimaksudkan Hendri itu misalnya, jika ada pembangunan beberapa jalan lingkungan di satu kawasan, jangan diusulkan satu-satu. Tapi “dimergerkan” alias digabungkan.

“Kalau 4 jalan lingkungan, maka akan dihitung 4 kegiatan. Tapi jadikan satu. Misalnya menjadi pembangunan jalan kawasan, sehingga banyak paket kegiatan yang bisa diusulkan. Apalagi masing-masing desa hanya diperbolehkan mengusulkan 10 paket kegiatan prioritas,” paparnya.

Di bagian lain, Hendri mengingatkan, agar setiap Kades di Bathin Solapan memberikan komentar terhadap sebuah kegiatan berdasarkan kewenangan yang dimiliki.

“Kalau memang kegiatan tersebut kewenangan kabupaten, biar Bupati Bengkalis, DPRD Bengkalis atau Perangkat Daerah terkait yang memberikan tanggapan. Kalau kegiatan tersebut berasal dari Dana Desa atau Alokasi Dana Desa, silahkan ditanggapi,” saran Hendri.

Diikuti 13 Desa

Musrenbang kecamatan yang saat ini dipimpin Azuar sebagai Pelaksana Tugas Camat kemarin, diikuti 13 desa di kecamatan tersebut. Yakni, Balai Makam, Bathin Sobanga, Boncah Mahang, Buluh Manis, dan Bumbung.

Kemudian, Kesumbu Ampai Pamesi, Pematang Obo, Petani, Sebangar, Simpang Padang, dan Tembusai Batang Dui.

Masing-masing Kades dari 13 desa beserta Ketua BPD dan Perangkat Desa dari 13 tersebut hadir dalam Musrenbang yang dibuka secara resmi Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Berdasarkan dokumen usulan yang diperoleh, pada saat Musrenbang Bathin Solapan itu, masing-masing desa memang hanya mengusulkan 10 kegiatan/program prioritas. Angka anggarannya bervariasi. Ada yang mencapai Rp32 miliar.

Selain Hendri, sejumlah wakil rakyat di DPRD Bengkalis juga terlihat hadir mengikuti Musrenbang Bathin Solapan tersebut. Yakni, H Abi Bahrum, Saprana, H Jasmi, Rianto dan Teguh Ibra.(amx)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 23 jam lalu

    Bungkusan 15 Ribu Pil Ekstasi di Bengkalis Bertuliskan 'Kessa'

    Ketika disinggung apakah ada kaitannya dengan pengungkapan temuan koper berisikan pil ekstasi di Sesa, Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu beberapa waktu lalu. Letkol. Inf. Timm
  • 24 jam lalu

    IRT di Bengkalis Temukan Tas Ransel Coklat Berisikan Ribuah Ekstasi dari Ditumpukan Sampah

    Sungguh mengejutkan, laporan dari seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial ID, warga Jalan Gerilya, Gang Nusa Indah, Kecamatan Bengkalis membuahkan hasil.
  • 3 hari lalu

    Rp300 Miliar Disiapkan Pemerintah Hambat Abrasi di Bengkalis

    Ia mengatakan bahwa upaya untuk mengatasi abrasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah kabupaten, melainkan juga pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.
  • 5 hari lalu

    Bupati Bengkalis Apresiasi Baznas Atas Program Bengkalis Smartnya

    Apresiasi ini disampaikan Bupati Bengkalis, pada acara Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Syawal 1440 Hijriyah, yang diselenggarakan di halaman kantor Bupati Bengkalis,
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...