• Home
  • Bengkalis
  • Ingatkan Staf, Johan: Kirim Informasi atau Dokumen Elektronik Mengancam, Hukumannya Berat
Kamis, 07 Juni 2018 12:58:00

Ingatkan Staf, Johan: Kirim Informasi atau Dokumen Elektronik Mengancam, Hukumannya Berat

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri, memimpin rapat bersama staf, Kamis, 7 Juni 2018.
BENGKALIS, Globalriau.com - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Infromasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri, mengingatkan seluruh karyawan dan karyawati di Perangkat Daerah yang dipimpinnya agar harus benar-benar ekstra hati-hati dalam mengirim Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.
 
Kepada seluruh stafnya, Johan mewanti-wanti agar jangan sekali-kali dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi kepada orang lain.
 
 
“Baik itu melalui pesan singkat, suara, surat elektronik, foto atau pun informasi atau dokumen elektronik lainnya,” pesannya.
 
Sebab kata Johan, sesuai Bab VII (perbuatan yang dilarang), khususnya Pasal 29 Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang telah diubah menjadi UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008, pengiriman informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti tersebut merupakan salah satu perbuatan yang dilarang yang bisa dipidana.
 
“Sesuai Pasal 45B UU Nomor 19 Tahun 2016, pengiriman informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti tersebut merupakan tindakan pidana yang dapat dipidana dan/atau denda yang sangat besar. Larangan ini berlaku untuk setiap orang, termasuk seluruh pegawai di Diskominfotik,” terangnya, mengingatkan.
 
Pesan itu disampaikan Johan disela-sela rapat persiapan dan pembagian tugas kerja selama cuti bersama Idul Fitri 1439 H yang digelar di ruang Sekretariat Diskominfotik Bengkalis, Jalan Kartini No. 12, Kamis, 7 Mei 2018.
 
Rapat yang dihadiri para Pejabat Administator dan Pejabat Pengawas tersebut ditaja karena Diskominfotik sebagaimana Surat Edaran (SE) Bupati Bengkalis Nomor 800/BKPP-PKPP/2018/1753 tentang Penegasan Hari Libur dan Cuti Bersama Menyambut dan Merayakan Hari Idul Fitri 1439 H.
 
Pasalnya, sesuai butir 8 SE Bupati Bengkalis tersebut, bersama sejumlah unit kerja, seperti Dinas Perhubungan, Satpol Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, di Diskominfotik cuti bersama juga tidak berlaku. Karena Diskominfotik termasuk dalam unit kerja yang melakukan pelayanan umum.
 
Di bagian lain, dia juga mengingatkan seluruh pegawai di Diskominfotik agar jangan sekali-sekali mengirim informasi atau dokumen elektronik yang isinya memelesetkan sesuatu yang berkaitan dengan agama.
 
“Meskipun tujuannya sebenarnya hanya untuk bercanda. Intinya, jangan sembarangan. Harus ekstra hati-hati. Seluruh pegawai Diskominfotik mesti menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” pungkasnya.
 
Sekedar informasi, sebagai perbuatan yang dilarang, adapun bunyi Pasal 29 tersebut adalah: “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.”
 
Sedangan bunyi Pasal 45B adalah; “Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).”(amx/hms)
Share
Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Honorer Diskominfotik Bengkalis Tetap Masuk Kerja Sesuai Pembagian Tugas

    BENGKALIS, Globalriau.com – Sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Bengkalis Nomor 800/BKPP-PKPP/2018/1753, tentang Penegasan
  • satu minggu lalu

    Bupati Bengkalis: Uang Rp 1,9 M itu tidak dari perusahaan, saya kan punya usaha

    PEKANBARU, Globalriau.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin membantah jika uang Rp 1,9 Miliar yang disita Komisi Pemberantasa
  • 2 minggu lalu

    Penetrasi Firdaus-Rusli Diprediksi Mampu Meraup 25-30 Persen Suara di Bengkalis

    BENGKALIS, Globalriau.com - Strategi kampanye yang diterapkan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Firdaus-Rusli di Kabupaten
  • 2 minggu lalu

    Dugaan Money Politik, Anggota DPRD Bengkalis Divonis Bebas

    BENGKALIS, Globalriau.com - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis dipimpin Dr. Sutarno, dua hakim anggota Wimmi D. S
  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.