Rabu, 06 Februari 2019 18:26:00

Jelang Pemilu Serentak, KPU Bengkalis Gelar Rakor

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis bersama Asisten Pemerintahan dan Kapolres Bengkalis ketika menunjukkan contoh kertas surat suara, Rabu 6 Februari 2019.

BENGKALIS, globalriau.com - Menjelang pemilihan umum serentak tahun 2019 pada bulan April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat koordinasi persiapan pemilihan umum tahun 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 6 Februari 2019 bertempat di ruang pertemuan Hotel Marina Bengkalis.



Hadir dalam kegiatan, Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik H Hermanto Baran, Camat Bengkalis Ade Suwirman, serta perwakilan partai politik di Kabupaten Bengkalis.

Ketua KPU Bengkalis Defitri Akhbar mengatakan pada pemilu serentak tahun 2019 nanti ada lima macam warna kertas suara yang berbeda yakni, warna hijau, biru, kuning, merah dan warna abu-abu.

“Untuk kertas surat suara warna hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, kemudian warna biru untuk pemilihan DPRD Provinsi, selanjutnya warna kuning untuk pemilihan DPR RI, kemudian warna merah untuk DPD RI dan untuk kertas suara warna abu-abu untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,” ungkap Defitri.

Defitri menambahkan untuk kategori pemilih pemilu tahun 2019 ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Melalui Rakor yang dilaksanakan ini diharapkan dapat terwujudnya sinergisitas yang kuat dan berkesinambungan antar pemangku kepentingan pemilu, dalam upaya menciptakan Pemilu demokratis dan damai," ujar Defitri yang akrab disapa Dedek.

Dijelaskannya, Penyelenggaraan Rakor ini dalam rangka persiapan pelaksanaan pemilu 2019 yang merupakan implementasi dari Pasal 3 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, yakni harus memenuhi prinsip mandiri, jujur, adil, tertib, terbuka, professional, akuntabel, efektif, dan efisien.

"Sehingga dengan demikian, pemilu serentak tahun 2019 ini akan dapat menghasilkan pemimpin yang memiliki legitimasi yang kuat serta amanah dalam menjalankan tugasnya," ungkap Defitri.(amx)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Plt Bupati Bengkalis: Tidak Ada Balas Dendam, Itu Bukan Tipe Saya

    Penegasan ini disampaikannya guna meluruskan isu yang santer berkembang di masyarakat yang menyebutkan bahwa sebagai Plt Bupati Bengkalis, dia akan balas dendam. Yakni dengan memut
  • 5 hari lalu

    Kadiskes Riau Apresiasi Kesiapsiagaan Bengkalis Antisipasi Corona

    Apresiasi tersebut disampaikan Kadiskes Provinsi Riau saat meninjau langsung sejumlah titik pintu masuk (pelabuhan) di Kabupaten Bengkalis, Kamis 14 Februari 2020.
  • 2 minggu lalu

    Lagi, Satu Orang Terduga Pembakaran lahan Diamankan Polres Bengkalis

    Pada kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Andrie Setiawan SH, SIK bersama Kanit Res Polsek Siak Kecil Aipda Rudi Sirait beserta anggota reskr
  • 2 minggu lalu

    Polres Bengkalis Amankan Dua Terduga Karlahut

    Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto, SH,MH melalui Kasat Reskrim AKP Andrie Setiawan, SH, S.I.K membenarkan hal tersebu.
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0