• Home
  • Bengkalis
  • Pilkada 2018, 1200 Penghuni Lapas Bengkalis Bakal Gunakan hak Pilih
Selasa, 26 Juni 2018 14:56:00

Pilkada 2018, 1200 Penghuni Lapas Bengkalis Bakal Gunakan hak Pilih

BENGKALIS, Globalriau.com - Sebanyak1.200 warga binaan atau narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis akan tentukan pilihan siapa Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, pada 27 Juni 2018 besok.

Dari ribuan warga binaan yang sudah memenuhi ketentuan hak pilihnya itu akan disiapkan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam Lapas, yakni TPS 8 dan TPS 9. Masing-masing, TPS 8 ada 609 orang dan di TPS 9 untuk pemilih 611 orang.



"Tapi, pada 27 Juni nanti, pemilih yang ada di Lapas ada 1.200 orang. Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lapas Kelas IIA Bengkalis ini merupakan pemilih terbanyak dari Lapas atau Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di Riau, "terang Kepala Lapas Kelas IIA Bengkalis, Agus Pritiatno, Selasa (26/06/18).

Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki berjumlah 1.150 orang dan pemilih perempuan sekitar 50 orang dan untuk panitia pemungutan suara di Lapas, juga sudah ada Surat Keputusan (SK) dari KPU Bengkalis yang melibatkan petugas Lapas.

Terkait dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi warga binaan, Agus menegaskan, Lapas dan KPU Bengkalis sudah melakukan koordinasi. Bahwa KPU tidak akan mempersulit bagi warga binaan yang akan memberikan hak suaranya.

Syarat yang harus dipenuhi warga binaan diantaranya, berpenduduk Kabupaten Bengkalis dibuktikan dengan foto kopi kartu keluarga (KK) ataupun domisili (alamat) tempat tinggal yang jelas, maka sudah bisa diberikan undangan untuk memilih.

"KPU tidak mempersulit yang penting beralamat dan KK di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, kita meminta foto kopi KK-nya saja. Tapi jika tidak ada KK maka tidak bisa menyampaikan hak pilihnya. Pemilih ini rata-rata yang banyak dari Duri. Dan pada saat pemilihan nanti warga membawa undangannya," terangnya.

Sedangkan untuk pengamanan proses pemungutan suara berlangsung, Lapas memastikan akan melakukan pengamanan khusus. Hal itu sudah dilakukan koordinasi dan melibatkan pihak kepolisian.

Agus berharap, pelaksanaan Pilgubri di Lapas Bengkalis nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib serta kondusif dan para warga binaan yang memiliki dan menyampaikan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya, bersih dan jujur.

"Karena di Lapas di larang untuk melakukan kampanye politik, KPU Kabupaten Bengkalis pada hari ini juga melakukan sosialisasi kepada warga binaan agar mengetahui siapa saja yang akan dipilih pada 27 Juni besok, "imbuhnya.(amx)

Share
Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Disdagperin Tak Paham Aturan, Proyek Pasar Murah Bengkalis Dibawa ke PTUN

    BENGKALIS, Globalriau.com - Pasar murah yang telah dijadwalkan Pemkab Bengkalis melalui Didagperin sebelum hari raya Idul Fitri

  •