google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Home
  • Bengkalis
  • Rp300 Miliar Disiapkan Pemerintah Hambat Abrasi di Bengkalis
Minggu, 23 Juni 2019 13:46:00

Rp300 Miliar Disiapkan Pemerintah Hambat Abrasi di Bengkalis

Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Bupati Kepulauan Meranti Iwan Nasir menandatangani kesepakatan bersama penanganan abrasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritimanan, Jakarta, Jumat (21/06/2019).

BENGKALIS, globalriau.com - Pemerintah Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau menyiapkan dana Rp300 miliar untuk mengatasi abrasi yang kian gawat di daerah itu.



"Ancaman abrasi yang terjadi saat ini memang sudah mengkhawatirkan kita, upaya sudah kita lakukan dengan membangun penahan pantai dan dana yang sudah dianggarkan sebesar Rp300 miliar," kata Bupati Bengkalis Riau Amril Mukminin, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa upaya untuk mengatasi abrasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah kabupaten, melainkan juga pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

"Perlu sharing (berbagi) dana dengan Provinsi dan Pusat dalam mengatasi ancaman abrasi ini," katanya.

Berkenaan dengan pernyataan peneliti dari Universitas Yamaguchi Jepang, Prof Koichi Yamamoto, bahwa Pulau Bengkalis terancam tenggelam akibat abrasi, Amril mengatakan, "Intinya kita tidak membiarkan persoalan abrasi ini."

Bupati mengatakan bahwa sudah ada pertemuan antara pejabat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, TNI Angkatan Laut, Gubernur Riau, Bupati Meranti, Bupati Bengkalis, serta para akademisi dan peneliti membahas masalah itu.

"Dari hasil pertemuan tersebut disepakati bahwa penanggulangan abrasi pantai harus segera dilaksanakan," kata Amril mengenai hasil pertemuan di Jakarta itu.

"Terkait dengan pemilihan teknologi yang akan digunakan nantinya, minggu pertama bulan Juli Tim Kemenko dan beberapa lembaga teknis/penelitian pusat akan melihat secara langsung titik abrasi yang terjadi di Pulau Bengkalis, Rupat dan Rangsang," kata Amril.(ant)

Share
Berita Terkait
  • 13 jam lalu

    Tangkapan 27 Kilogram Sabu, Kapolres Bengkalis: Alhamdulillah 160 Jiwa Selamat

    Menurut Kapolres, dari penangkapan tersebut, pihaknya berhasil menyelamatkan setidaknya 160 jiwa dari pengaruh kejahatan narkoba.
  • 13 jam lalu

    Supir Travel di Bengkalis Tertangkap Bawa 27 Kilogram Sabu dan Ekstasi

    Dari penangkapan warga Jalan Letkol Hasan Basri No.46 Rt 3 Rw5 Desa Cinta, Kota Pekanbaru, polisi mengungkapkan peredaran narkoba jenis dalam jumlah besar. Setidaknya sabu seberat
  • 2 hari lalu

    Di Depan Warga, Bupati Bengkalis Telepon Manager PLN Dumai

    Merespon keluhan warga Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang turut didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Sumberdaya Manusia dan Kemasyarakatan, Kasmarni, langsung menelepon Manager PT
  • 2 hari lalu

    Kades Buluh Manis : Pak Bupati Mohon Jalan Talang Pancah Dibangun

    Didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Sumberdaya Manusia dan Kemasyarakat Kasmarni, Bupati Amril Mukminin menerima laporan sekaligus keluh kesah dari Kepala Desa Buluh Manis Legimun.
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0