• Home
  • Bengkalis
  • Rp300 Miliar Disiapkan Pemerintah Hambat Abrasi di Bengkalis
Minggu, 23 Juni 2019 13:46:00

Rp300 Miliar Disiapkan Pemerintah Hambat Abrasi di Bengkalis

Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Bupati Kepulauan Meranti Iwan Nasir menandatangani kesepakatan bersama penanganan abrasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritimanan, Jakarta, Jumat (21/06/2019).

BENGKALIS, globalriau.com - Pemerintah Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau menyiapkan dana Rp300 miliar untuk mengatasi abrasi yang kian gawat di daerah itu.



"Ancaman abrasi yang terjadi saat ini memang sudah mengkhawatirkan kita, upaya sudah kita lakukan dengan membangun penahan pantai dan dana yang sudah dianggarkan sebesar Rp300 miliar," kata Bupati Bengkalis Riau Amril Mukminin, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa upaya untuk mengatasi abrasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah kabupaten, melainkan juga pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

"Perlu sharing (berbagi) dana dengan Provinsi dan Pusat dalam mengatasi ancaman abrasi ini," katanya.

Berkenaan dengan pernyataan peneliti dari Universitas Yamaguchi Jepang, Prof Koichi Yamamoto, bahwa Pulau Bengkalis terancam tenggelam akibat abrasi, Amril mengatakan, "Intinya kita tidak membiarkan persoalan abrasi ini."

Bupati mengatakan bahwa sudah ada pertemuan antara pejabat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, TNI Angkatan Laut, Gubernur Riau, Bupati Meranti, Bupati Bengkalis, serta para akademisi dan peneliti membahas masalah itu.

"Dari hasil pertemuan tersebut disepakati bahwa penanggulangan abrasi pantai harus segera dilaksanakan," kata Amril mengenai hasil pertemuan di Jakarta itu.

"Terkait dengan pemilihan teknologi yang akan digunakan nantinya, minggu pertama bulan Juli Tim Kemenko dan beberapa lembaga teknis/penelitian pusat akan melihat secara langsung titik abrasi yang terjadi di Pulau Bengkalis, Rupat dan Rangsang," kata Amril.(ant)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 24 jam lalu

    Kejaksaan Negeri Bengkalis Musnahkan Barang Bukti Narkotika

    Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis, Heru Winoto langsung memimpin eksekusi pemusnahan barang bukti yang dilakukan didepan halaman kantor Kejaksaan negeri Bengkalis, dan turut dihadi
  • 2 hari lalu

    Bapenda Bengkalis Lakukan Berbagai Upaya guna Optimalkan Pendapatan dari Pajak

    Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis terus berupaya untuk mengoptimalkan penggalian potensi pajak daerah secara maksimal, baik pendataan objek pajak dan pemutkharian data wa
  • 3 hari lalu

    Bupati Bengkalis Ajak Manfaatkan Sampah Sebagai Sumber Daya Ekonomi

    Kerja sama ini didasari oleh kesamaan pemahaman antara Unilak dan PT CPI dalam membantu masyarakat/pemerintah dalam pengelolaan sampah di tiga wilayah, yakni Rumbai Pesisir (Kota
  • 4 hari lalu

    Pukul 16.05 WAS, JCH Kabupaten Bengkalis Tiba di Madinah

    Dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, JCH mulai terbang menggunakan pesawat Saudi Airlines, pukul 11.55 WIB. Dengan perjalanan sekitar 8 jam, tepatnya pukul 20.05 WIB, jamaa
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...