• Home
  • Bengkalis
  • Sabtu Ini, 445 JCH Bengkalis Mulai Laksanakan Wukuf di Arafah
Sabtu, 10 Agustus 2019 18:47:00

Sabtu Ini, 445 JCH Bengkalis Mulai Laksanakan Wukuf di Arafah

JCH asal Bengkalis ketika sesaat sebelum melaksanakan sholat zhuhur di tenda wukuf di Arafah, Sabtu, 10 Agustus 2019.

BENGKALIS, globalriau.com - Sebanyak 445 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 10 Batam, Sabtu siang 10 Agustus 2019 melaksanakan wukuf di Padang Arafah.



Diungkapkan Ketua Kloter 10 Ibrahim, prosesi wukuf berlangsung di tenda-tenda yang telah disiapkan. Diawali dengan khutbah wukuf dilanjutkan shalat Dzuhur dan Ashar yang dikerjan dengan jamak qashar takdim.

Bertindak sebagai imam shalat jamak Dzuhur dan Ashar, ustad Zulkifli yang juga Imam Masjid Agung Istiqomah Bengkalis. Sedangkan bertindak selaku khotib wukuf Syaharuddin dan bijal Junaidi.

“Sebelum mendengarkann khutbah wukuf, jamaah berzikir dan berdoa, serta membaca Alquran,” ujar Ibrahim.

Kemudian, usai mendengarkan khutbah, dipandu imam, jamaah membaca zikir dan doa bersama.

Selanjutnya jamaah berzikir dan berdoa masing-masing untuk bermunajat kepada Allah SWT.  Paksanaan rukun haji yang berhenti (wukuf) ini bertujuan untuk merenung melakukan komunikasi dengan Allah

"Pada saat itulah kita menyadari betapa kecilnya kita di hadapan Allah, betapa banyak dosa yang telah kita lakukan, betapa kikir, sombong dan sebagainya yang menjadi sifat atau kebiasaan buruk yang dilakukan," ujar Ibrahim.

Berzikir dan doa sendiri oleh jamaah, dilakukan sampai menjelang matahari terbenam.

Disisi lain Ibrahim mengungkapkan, kondisi cuaca pada pelaksanaan wukuf musim haji tahun ini mencapai 40 derajat celsius.

Makanya, kata Ibrahim, sejak menempati tenda di Padang Arafah, jamaah diimbau lebih banyak menghabiskan waktu di dalam tenda, karena jika sering terpapar dengan cuaca panas, akan rentan terjadinya dehidrasi.

Disamping itu, jamaah selalu dihimbau untuk minum air. Kemudian, jamaah haruskan menggunakan alat pelindung diri, seperti botol penyemprot air. termasuk mengonsumsi oralit.(amx)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 7 jam lalu

    Hari Anti Korupsi Se-Dunia, Kajari Bengkalis: Korupsi Musuh Bersama

    Anti terhadap korupsi, harap Nanik Kushartanti jangan hanya pada momentum peringatan hari korupsi saja. Dalam setiap langkah, harus bisa menjaga diri agar tidak terjatuh dalam kuba
  • 7 jam lalu

    Tahun 2019, Kejari Bengkalis Tanggani 11 Perkara Korupsi

    Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Agung Irawan,SH., MH senin pagi (9/12/19), mengatakan dalam arti penuntasan tahun 2019 ini sudah10 perkara, kemudian dalam
  • 4 hari lalu

    Disinyalir Langgar Prosedur, Bazar di Lapangan Voli Pelabuhan BSL Bengkalis Menuai Protes

    Bagi setiap pelaksana kegiatan Bazar tentunya wajib memenuhi kewajibannya dalam hal perizinan.
  • satu minggu lalu

    Timang-Timang Mandau Sebagai Ajang Pelestarian Khazanah Budaya

    Demikian disampaikan Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra pada acara pembukaan timang-timang Mandau, Ahad 1 Desember 2019 malam, di hal
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0