• Home
  • Bengkalis
  • Timang-Timang Mandau Sebagai Ajang Pelestarian Khazanah Budaya
Senin, 02 Desember 2019 10:06:00

Timang-Timang Mandau Sebagai Ajang Pelestarian Khazanah Budaya

Pembukaan acara timang-timang Mandau itu ditandai dengan pemukulan gong, oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra didampingi Camat Mandau Riki Rihardi, anggota DPRD Bengkalis Abi Bahrun, Sanusi, Andi Pahlevi, H Adri dan Giatno.

BENGKALIS, globalriau.com - Pergelaran  berbagai rangkaian kegiatan pada acara timang-timang Mandau yang digelar Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, yang  dilaksanakan selama tiga itu, sebagai  ajang pelestarian khazanah budaya yang ada di  Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Mandau.



Demikian disampaikan Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra pada acara pembukaan timang-timang Mandau, Ahad 1 Desember 2019 malam, di halaman Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Mandau.

“Kegiatan timang-timang Mandau ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisita, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga guna menjaga serta melestarikan khazanah budaya yang ada di Kabupaten Bengkalis,” kata Heri.

Selanjutnya Heri juga menambahkan, melalui acara timang-timang Mandau ini, dapat meningkatkan keragaman budaya yang ada di Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan, sehingga nilai etika, moral dan adab yang merupakan inti adat istiadat kebiasan masyarakat dapat teratualisasi dalam kehidupan sehari-hari.

“Melestarikan dan mengekalkan kearafin lokal terutama adat dan budaya adalah sangat penting untuk menangkal pengaruh budaya asing, kemajuan bangsa juga harus seiring dengan upaya untuk menjaga kearifan budaya lokal,” ujar Asisten II.

Heri juga berharap melalui kegiatan timang-timang Mandau ini sebagai momentum menanamkan kesadaran kita untuk menjaga warisan budaya dengan ikut serta berpatisipasi dalam melestarikan keanekaragaman budaya yang nantinya akan menjadi aset yang berharga  bagi daerah ini.

“Mari kita bersama-sama bersatu padu menjaga dan merawat persatuan, persaudaraan  serta kerukunan antar masyarakat, sebab tiga hal tersebut aset terbesar bangsa,”ajaknya.

Heri juga memberikan apresiasi kepada Disparbudpora Bengkalis serta panitia yang telah meyelenggarakan berbagai kegiatan dan perlombaan permainan rakyat serta berbagai penampilan seni dan budaya dari berbagai suku yang ada di Kecamatan Mandau, dengan melibatkan generasi muda bahkan diusia dini, hal ini yang  baik yang harus ditanamkan kepada anak-anak daerah karena mereka adalah pewaris budaya.

Pembukaan acara timang-timang Mandau itu ditandai dengan pemukulan gong, oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra didampingi Camat Mandau Riki Rihardi, anggota DPRD Bengkalis Abi Bahrun, Sanusi, Andi Pahlevi, H Adri dan Giatno.

Tampak hadir ketika itu, Asisten Pemrintahan Sekretariat Daerah Bengkalis Hj Umi Kalsum, Plt. Disnaker Bengkalis Kholijah, Sekcam Mandau Muhammad Rusydy, Ketua TP-PKK kec Mandau Dewi Asdinar, Wakil Ketua I TP-PKK Kecamatan Mandau Sari Kartika, serta Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten.(diskominfo)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 11 jam lalu

    Dukung Sikap Tegas Diskop UMKM Bengkalis, Masyarakat Minta PT SDA Segera Akomodir Hak Petani

    Hal itu terkait upaya percepatan realisasi bagi hasil kebun plasma sawit masyarakat dengan PT Surya Dumai Agrindo (SDA) di Kecamatan Bukit Batu, yang sudah lama dinanti - nanti ole
  • 2 hari lalu

    Hari Anti Korupsi Se-Dunia, Kajari Bengkalis: Korupsi Musuh Bersama

    Anti terhadap korupsi, harap Nanik Kushartanti jangan hanya pada momentum peringatan hari korupsi saja. Dalam setiap langkah, harus bisa menjaga diri agar tidak terjatuh dalam kuba
  • 2 hari lalu

    Tahun 2019, Kejari Bengkalis Tanggani 11 Perkara Korupsi

    Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Agung Irawan,SH., MH senin pagi (9/12/19), mengatakan dalam arti penuntasan tahun 2019 ini sudah10 perkara, kemudian dalam
  • 6 hari lalu

    Disinyalir Langgar Prosedur, Bazar di Lapangan Voli Pelabuhan BSL Bengkalis Menuai Protes

    Bagi setiap pelaksana kegiatan Bazar tentunya wajib memenuhi kewajibannya dalam hal perizinan.
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0