• Home
  • Dumai
  • 5,1 Kg Sabu Tak Bertuan Masuk Dumai Dimusnahkan
Jumat, 13 Juli 2018 18:01:00

5,1 Kg Sabu Tak Bertuan Masuk Dumai Dimusnahkan

DUMAI, Globalriau.com - Narkotika jenis sabu sabu seberat 5,1 kilogram senilai Rp8 miliar hasil pengungkapan Bea Cukai Dumai di Terminal Fery Pelindo pada 8 Juni 2018, akhirnya dimusnahkan dengan direndam dalam wadah ember.
 
Kepala BC Dumai Adhang Noegroho di Dumai, Kamis, mengatakan, narkotika methamphetamine ini didapat petugas dalam kegiatan pengamanan dan pelayanan kedatangan penumpang feri dari Malaysia saat arus mudik Lebaran 2018.
 
loading...
 
"Ada dua tas ransel dicurigai, namun tidak ada pemilik, diduga sudah berbaur dengan penumpang lain, akhirnya kita bongkar dan berisi narkotika," kata Adhang dalam keterangan pers.
 
Dijelaskan, saat itu awal arus mudik, dan sekitar pukul 16.00 WIB di pelabuhan fery kedatangan tiga kapal bersamaan, yaitu Dumai Line, Dumai Express dan Batam Jet berasal dari Batam dan Tanjung Pinang dengan 600an penumpang.
 
Mengantisipasi kepadatan penumpang arus mudik, petugas bea cukai dibantu TNI Polri memberikan pelayanan, pengamanan dan pengawasan dengan pemeriksaan mesin x-ray seluruh barang bawaan.
 
  "Tas dengan sabu dalam enam kantong plastik bening ini tidak ditemukan pemiliknya, dan petugas menguji dengan alat narkotest,  disimpulkan positif mengandung zat methamphetamine," sebutnya.
 
Terbongkarnya upaya penyelundupan narkotika diduga asal Malaysia ini berkat kerjasama petugas BC dengan personel TNI Polri dalam melakukan pengawasan terhadap penumpang dan barang bawaan masuk.
 
Selanjutnya BC menyerahkan barang bukti sabu diklaim bisa menyelamatkan 26 ribu jiwa anak bangsa ini pada Kepolisian Resor Dumai untuk proses penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.
 
Sementara, Wakil Kapolres Dumai Kompol Yudhi Palmi menyatakan, kepolisian belum berhasil menemukan pemilik karena tas ransel diduga ditinggalkan pemilik saat turun di pelabuhan fery, namun polisi akan terus menyelidiki.
 
"Kita masih kesulitan mencari pemilik narkotika ini, dan rekaman video pengintai milik pelindo juga sudah diminta untuk membantu penyelidikan," kata Yudhi.
 
Kegiatan pemusnahan 5,1 kg sabu sabu dihadiri juga Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak, Kepala Dinas Satpol PP Bambang Wardoyo, perwakilan Kejaksaan Negeri, TNI AL, Satuan Rudal dan lainnya.(ant)
Share
loading...
Berita Terkait
  • 14 jam lalu

    Pengguna di Dumai Ungkap Tarif Ojol GET Lebih Murah

    Sejumlah konsumen mengakui tarif GET Indonesia lebih murah daripada jasa transportasi online lainnya yang ada di Dumai saat ini.
  • kemarin

    Sambut Hari K3, PT Sari Dumai Sejati Gelar Donor Darah bersama PMI

    Dalam kegiatan ini, PT. Sari Dumai Sejati bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari bertempat di ruang trainning ce
  • 5 hari lalu

    DPC INSA Dumai Sambut Baik MoU BUMD PT PDB dan PT SLUP

    Hal itu mengingat bahwa PT Pelabuhan Dumai Bersemai selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat meningkatkan sektor usaha di bidang kepelabuhanan.
  • 5 hari lalu

    Dermaga Dangkal, Sejak 2016 Pelindo Dumai Didesak Lakukan Pengerukan

    Namun, hingga 2019 ini hal tersebut belum dilakukan. Pihak PT Pelindo Dumai mengklaim tahun ini akan dilaksanakan karena usulan sudah disetujui sejak 2018.
  • loading...
    Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...