• Home
  • Dumai
  • 90 Persen Warga Dumai Berminat, Walikota dan Investor Optimis Air Bersih Segera Terwujud
Senin, 05 November 2018 12:15:00

90 Persen Warga Dumai Berminat, Walikota dan Investor Optimis Air Bersih Segera Terwujud

DUMAI, Globalriau.com - Hasil polling yang dilakukan Pemerintah kota Dumai berserta investor mendapati 90 persen lebih warga Dumai menginginkan air bersih. Oleh sebab itu pihak pengelola meyakinkan bahwa Air Bersih di Dumai akan segera direalisasikan.

Sebagaimana diketahui bersama, APBD Dumai dipastikan tidak mampu untuk memfasilitasi Air Bersih. Namun demikian, pemerintah kota Dumai berupaya untuk merangkul pihak ketiga untuk dapat mewujudkan impian masyarakat Dumai tersebut.



Kadis PUPR Kota Dumai saat dikonfirmasi melalui Kabid Cipta Karya, Rio kepada awak media, Jumat kemarin menjelaskan bahwa progres penyelesaian air bersih di Dumai saat ini terus menunjukkan kemajuan.

"Untuk Air bersih di Dumai itu ada tiga diantaranya SPAM Durolis, PDAM dan KPBU AM. Jadi tiga ini berbeda. Ditambah lagi untuk saat sekarang yang sudah berjalan adalah PDAM serta sumur bor yang difasilitasi pemerintah untuk wilayah pinggiran yang kemungkinan tidak dapat dijangkau oleh pipa nantinya." ujar Rio.

Sampai saat ini tahapan sudah sampai pada penyusunan kelayakan oleh calon pemrakarsa."Jika diterima maka, penetapan calon pemrakarsa tadi menjadi pemrakarsa KPBU AM Kota Dumai." tambah Rio.

Terpisah Walikota Dumai, Zulkifli As menjelaskan bahwa progres KPBU AM terus berjalan. Bahkan, dirinya sudah meminta tim untuk segera menuntaskan penyelesaian KPBU AM agar segera dikerjakan oleh investor.

"Kemarin untuk proses segala macam mulai dari market sonding kemudian seleksi terhadap investor sampai lelang itu diperkirakan mencapai 24 bulan. Namun saya mendesak agar hal ini segera dituntaskan. Alhamdulillah progresnya sudah bagus kemungkinan awal tahun 2019 sudah rampung dan sudah dapat siapa yang akan berinvestasi untuk air minum di Dumai." ujarnya.

Ditambahkan Wako, polling sudah dilakukan secara random, dan di dapati 90 persen lebih warga Dumai berminat untuk KPBU AM, oleh sebab itu para investor yakin untuk bisa menuntaskan dan mewujudkan air minum di Dumai.

"Saya akui hal ini merupakan pekerjaan yang berat dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, saya berupaya menuntaskan ini diantaranya dengan merangkul pihak ketiga, saya berharap seluruh warga Dumai segera dapat menikmati Air bersih untuk dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari." harapnya.

Untuk percepatan KPBU AM ini, Walikota membentuk tim khusus guna menuntaskan persoalan ini.

"Kita sudah tunjuk tim khusus yang kerjanya setiap hari hanya mempercepat proses agar investor mendapat kemudahan dan fasilitas pelayanan yang maksimal. Dengan demikian pekerjaan fisik untuk KPBU AM nantinya segera bisa dimulai." sebutnya.(egy)

Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    10.800 Hektare Dipersiapkan Pemerintah Dumai untuk Lahan Mandiri

    DUMAI, Globalriau.com - Pemerintah Kota Dumai tengah menyiapkan ribuan hektar lahan abadi mandiri untuk pertanian dan perikanan

  • 4 hari lalu

    Curah Hujan Tinggi, Wako Dumai Langsung Pimpin Normalisasi Drainase

    DUMAI, Globalriau.com - Wali Kota Dumai Zulkifli As pimpin gotong royong pembersihan parit dari sampah dan tumpukan material pe

  • 6 hari lalu

    Seluruh Kader PAN Kota Dumai Siap Menyambut Kedatangan Sandiaga Uno

    DUMAI, Globalriau.com - Seluruh kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai bersiap menyambut kehadiran calon wakil presiden

  • satu minggu lalu

    Nyali Bawaslu Dumai Diuji

    Baru baru ini kita dikejutkan oleh beredarnya kabar tentang perangai buruk seorang tenaga pendidik di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.