google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Home
  • Dumai
  • Buangan PT EDI yang Mengalir ke Laut Dumai
Minggu, 08 Desember 2019 18:26:00

Buangan PT EDI yang Mengalir ke Laut Dumai

Busa berwarna kecoklatan yang mengalir secara rutin dari PT PT Eka Dura Indonesia (PT EDI) terus mengalir ke saluran yang berada di kawasan PT Pelindo Dumai dan terus mengarah ke laut. Begini penampakannya.

DUMAI, globalriau.com - Penampakan busa berwarna kecoklatan ini terus mengalir dari  PT Eka Dura Indonesia (PT EDI) yang berada di kawan PT Pelindo Dumai di jalan Datuk Laksama, Kelurahan Dumai Kota, dan saluran pembuangannya mengarah ke laut. Belum diketahui pasti zat yang terkandung didalamnya dan seberapa besar dampaknya terhadap pencemaran perairan laut Dumai. Busa berwarna kecoklatan tersebut secara rutin setiap harinya mengalir. Dugaan bahwa ini merupakan limbah cair yang sangat berbahaya belum dapat terkonfirmasi secara pasti.



Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai Satrio Wibowo, AP, M.Si, saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Senin (09/12/19) belum bersedia mengangkat telponnya mesti telah beberapa kali dihubungi dan terdengar nada aktif.

Tokoh pemuda Kelurahan Dumai Kota, Jecki menyayangkan kurangnya pengawasan dari pihak terkait menyangkut operasional perusahaan di Kota Dumai. "Dengan adanya informasi ini, kita harapkan dinas terkait untuk segera menindaklanjuti dugaan pembuangan limbah ke laut ini,"tegas Jecki

Sementara, Kepala  PT EDI,  Budi Setiawan saat dikonfirmasi membantah keras bahwa busa berwarna kecoklatan tersebut merupakan limbah perusahaannya. Argumentasinya, bahwa yang disebut limbah adalah sisa dari hasil produksi perusahaan. "Kita tidak ada produksi. Kita bergerak pada bidang tanki timbun saja. Ya, itu bukan limbah," bantah Edi

Namun disisi lain, busa berwarna kecolatan tersebut memang mengalir dari perusahaannya. Dikatakannya, itu merupkan busa dari kegiatan awak sopir dan pekerja yang membersihkan badan setelah selesai melaksanakan aktivitas bongkar muat CPO.

"Ya, hanya hasil mandi para awak sopir dan pekerja saja. Mereka kan kotor-kotor setelah masuk ke dalam tanki pasca bekerja. Buih sabun lah," pungkas Budi

Saat disoal bahwa selain buih sabun juga terdapat CPO yang ikut mencemari, Budi tak membantahnya.

"Kalau pun ada karena mereka bekerja memang membersihkan sisa-sia CPO yang ada. namun, kita membantu mereka yang kebetulan pekerjanya banyak warga sekitar. Air mandi atau untuk membersihkan itu dari perusahaan kita. Niat kita hanya membantu mereka saja. kalau mau, silahkan konfirmasi kepada mereka," tutup Budi

Sebagai informasi, pengertian limbah menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah benda yang tidak bernilai dan tidak berharga. Serta bisa juga diartikan sebagai sisa proses produksi. Sedangkan menurut Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2014 mengartikan bahwa limbah adalah sisa suatu usaha atau kegiatan.

Sedangkan menurut ahli mendefenisikan limbah adalah sisa atau buangan yang dihasilkan oleh kegiatan individu maupun berkelompok yang tidak memiliki nilai ekonomis, sehingga perlu pengelolaan khusus saat proses pembuangannya.(red/tim)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pilkada Dumai, PAS: Uang Rakyat Akan Kembali ke Rakyat

    Menurut H Paisal SKM, MARS, keputusannya keluar dari zona nyaman sebagai pejabat Pemko Dumai dengan meninggalkan segala fasilitas dan tunjangan cuma satu tujuan, yakni ingin member
  • 2 hari lalu

    Pemko Dumai Lanjutkan Kerjasama Bersama Tanoto Foundation

    Walikota Dumai, H Zulkifli AS menyampaikan apresiasi kepada Tanoto Foundation yang telah banyak berkontribusi dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan.
  • 2 hari lalu

    Amris: Saya Mau Bersama Paisal Karena In Shaa Allah Dia Taat

    Kampanye tersebut diikuti oleh puluhan kaum ibu-ibu dan bapak-bapak yang tergabung dalam relawan dan masyarakat.
  • 4 hari lalu

    ASN Dumai Ikrar Jaga Netralitas di Pilkada 2020

    Pembacaan Ikrar Netralitas ASN ini dipimpin oleh Asisten III Administrasi Umum, H Khairil Adli dan diikuti oleh peserta apel yang meliputi seluruh Kepala OPD, Camat beserta Lurah.
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...