google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Dumai
  • CSR Pertamina Mendorong Nasib "Bangkit" dari Lahan Tidur
Jumat, 09 Oktober 2020 17:00:00

CSR Pertamina Mendorong Nasib "Bangkit" dari Lahan Tidur

Nasib bersama teman dan managemen PT Pertamina berfoto bersama.

Sepatu bot, kemeja bercorak kotak-kotak, celana bahan panjang, warna pakaian yang saling bertabrakan, topi caping sambi menggenggam parang ditangan kiri! Begitulah penampilan Nasib dan teman-temannya yang tergabung dalam kelompok tani Bukit Mekar pada keseharian mereka di lahan tidur milik PT Pertamina RU II Dumai, di pinggir komplek perumahan Bukit Datuk, Kelurahan Bukit, Timah Kota Dumai.

Sejak tahun 2000 an, Nasib sebagai ketua kelompok tani setiap hari menjalankan rutinitas bercocok tanam, bermodalkan peralatan seadanya dan bibit tanaman terbatas, namun demikian keluarga Poktan yang berjumlah 10 orang tersebut hanya bisa menopang sebahagian kecil kehidupan keluarga mereka dari hasil tani.

 

Pria dengan tiga orang anak itu tidak pernah putus asa, setiap hari dia selalu berdoa dan berjuang untuk membiayai nafkah keluarga dari lahan yang kurang dari 10 hektar tersebut bersama 10 teman kelompok tani lainnya.

Hingga akhirnya pada 2014, harapan dan usaha mendapatkan dukungan dari PT Pertamina RU II Dumai. Melalui program CSR kemitraan, Nasib Cs pertama kali dibantu peralatan pertanian dan bibit tanaman.

"Alhamdulillah sekali, sebelumnya dari modal sendiri dan sedikit bantuan bibit dari pemerintah. Namun sekarang kita sangat bersyukur dibantu pertamina sejak 2014 akhirnya kita bisa meningkatkan hasil produksi sampai 30 persen,” ujar Nasib.

Dengan peningkatan hasil produksi tani, tentunya meningkatkan pendapatan poktan secara keseluruhan. kini Nasib beserta 9 temannya menggantungkan 70 persen dari kebutuhan rumah dan keluarga dari hasil tanam.