• Home
  • Dumai
  • Cek Fasilitas Kapal Penumpang, KSOP Dumai Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berlayar
Minggu, 08 Juli 2018 20:34:00

Cek Fasilitas Kapal Penumpang, KSOP Dumai Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berlayar

DUMAI, Globalriau.com - Kepala Kesyahbandar Otoritas Pelabuhan Dumai Sanggam Marihot menginstruksikan petugas mengecek kesiapan sarana dan alat keselamatan diatas kapal penyeberangan Roro untuk antisipasi kecelakaan perairan, Jumat kemarin.

Pemeriksaan ini menyusul turunnya perintah dari Menteri Perhubungan RI agar pengawas syahbandar melakukan pengecekan keselamatan aktivitas pelayaran di wilayah masing masing.

loading...


 "Saya sudah memberikan arahan supaya dilakukan pemeriksaan alat alat keselamatan yang ada di atas kapal roro, dan petugas ksop dumai dan marine inspector langsung aksi melakukan pemeriksaan," kata Sanggam dilansir dari Antara.

KSOP Dumai akan menunda keberangkatan kapal yang mengajukan izin berlayar jika standar dan alat keselamatan belum dipenuhi, untuk antisipasi insiden atau hal tidak diinginkan.

Terpisah Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan mengatakan, operator kapal wajib mengutamakan unsur keselamatan sesuai ketentuan dan tidak melebihi kapasitas muatan.

"Kapal belum memenuhi standar keselamatan akan kita tunda berangkat agar terhindar dari hal tidak diinginkan," kata Yuzirwan.

Peringatan bagi pengguna jasa kepelabuhanan ini upaya antisipasi kecelakaan kapal di perairan, terutama kapal pengangkut penumpang agar tidak menelan korban nyawa.

Disebutkan, keselamatan penumpang kewajiban nahkoda dan kru kapal, sehingga dalam pelayaran harus memperhatikan kondisi cuaca, kecepatan aman dan melengkapi sarana navigasi serta komunikasi.

Disamping itu, stabilitas kapal harus dijaga dengan tidak melebihi kapastitas penumpang serta barang, kemudian memiliki alat keamanan jaket pelampung untuk anak dan dewasa.

"Kapal penumpang tidak tidak boleh berlebihan dan harus sesuai kapasitas, kita akan terus meningkatkan pengawasan sebelum kapal berlayar," sebutnya.(abd/egy)
 

Share
loading...
Berita Terkait
  • 14 jam lalu

    Pengguna di Dumai Ungkap Tarif Ojol GET Lebih Murah

    Sejumlah konsumen mengakui tarif GET Indonesia lebih murah daripada jasa transportasi online lainnya yang ada di Dumai saat ini.
  • kemarin

    Sambut Hari K3, PT Sari Dumai Sejati Gelar Donor Darah bersama PMI

    Dalam kegiatan ini, PT. Sari Dumai Sejati bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari bertempat di ruang trainning ce
  • 5 hari lalu

    DPC INSA Dumai Sambut Baik MoU BUMD PT PDB dan PT SLUP

    Hal itu mengingat bahwa PT Pelabuhan Dumai Bersemai selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat meningkatkan sektor usaha di bidang kepelabuhanan.
  • 5 hari lalu

    Dermaga Dangkal, Sejak 2016 Pelindo Dumai Didesak Lakukan Pengerukan

    Namun, hingga 2019 ini hal tersebut belum dilakukan. Pihak PT Pelindo Dumai mengklaim tahun ini akan dilaksanakan karena usulan sudah disetujui sejak 2018.
  • loading...
    Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...