• Home
  • Dumai
  • Cek Fasilitas Kapal Penumpang, KSOP Dumai Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berlayar
Minggu, 08 Juli 2018 20:34:00

Cek Fasilitas Kapal Penumpang, KSOP Dumai Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berlayar

DUMAI, Globalriau.com - Kepala Kesyahbandar Otoritas Pelabuhan Dumai Sanggam Marihot menginstruksikan petugas mengecek kesiapan sarana dan alat keselamatan diatas kapal penyeberangan Roro untuk antisipasi kecelakaan perairan, Jumat kemarin.

Pemeriksaan ini menyusul turunnya perintah dari Menteri Perhubungan RI agar pengawas syahbandar melakukan pengecekan keselamatan aktivitas pelayaran di wilayah masing masing.



 "Saya sudah memberikan arahan supaya dilakukan pemeriksaan alat alat keselamatan yang ada di atas kapal roro, dan petugas ksop dumai dan marine inspector langsung aksi melakukan pemeriksaan," kata Sanggam dilansir dari Antara.

KSOP Dumai akan menunda keberangkatan kapal yang mengajukan izin berlayar jika standar dan alat keselamatan belum dipenuhi, untuk antisipasi insiden atau hal tidak diinginkan.

Terpisah Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan mengatakan, operator kapal wajib mengutamakan unsur keselamatan sesuai ketentuan dan tidak melebihi kapasitas muatan.

"Kapal belum memenuhi standar keselamatan akan kita tunda berangkat agar terhindar dari hal tidak diinginkan," kata Yuzirwan.

Peringatan bagi pengguna jasa kepelabuhanan ini upaya antisipasi kecelakaan kapal di perairan, terutama kapal pengangkut penumpang agar tidak menelan korban nyawa.

Disebutkan, keselamatan penumpang kewajiban nahkoda dan kru kapal, sehingga dalam pelayaran harus memperhatikan kondisi cuaca, kecepatan aman dan melengkapi sarana navigasi serta komunikasi.

Disamping itu, stabilitas kapal harus dijaga dengan tidak melebihi kapastitas penumpang serta barang, kemudian memiliki alat keamanan jaket pelampung untuk anak dan dewasa.

"Kapal penumpang tidak tidak boleh berlebihan dan harus sesuai kapasitas, kita akan terus meningkatkan pengawasan sebelum kapal berlayar," sebutnya.(abd/egy)

 

Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Akibat Unjuk Rasa di Purnama, 3 Hari BUMD Dumai Tak Bisa Beroperasi

    DUMAI, Globalriau.com - Ratusan massa yang terdiri dari Pemuda dan Mahasiswa serta sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi un

  • 5 hari lalu

    Kapolres Dumai: Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Sudah Tahap 1

    DUMAI, Globalriau.com - Kepolisian Resort (Polres) Dumai memprioritaskan penuntasan kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (B

  • satu minggu lalu

    Penyelundupan Rokok Rp 1,5 Miliar Digagalkan TNI AL

    DUMAI, Globalriau.com - Tim gabungan F1QR Koarmada I bersama Lanal Dumai menangkap speedboat yang memuat rokok ilegal senilai R

  • 2 minggu lalu

    CPNS 2018 Pemerintah Dumai Disetujui Sebanyak 162 Formasi

    DUMAI, Globalriau.com - Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Dumai Eri Nafrizal menyebut pemerintah menyetuj

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.