google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Dumai
  • Gubri: Terima Kasih Bapak Presiden RI Joko Widodo
Minggu, 27 September 2020 17:14:00

Gubri: Terima Kasih Bapak Presiden RI Joko Widodo

Presiden Ir Joko Widodo Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai dari Istana Bogor.

DUMAI, globalriau.com - Walikota Dumai, H Zulkifli AS didampingi Forkopimda menghadiri Peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai di Gerbang Tol Dumai (Seksi 6), Kota Dumai, Provinsi Riau. Jum’at (25/09/2020).



Peresmian tol Pekanbaru-Dumai (Permai) turut dihadiri secara langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono beserta rombongan, Anggota DPR RI Dapil Riau Komisi V, Syahrul Aidi, Gubernur Riau, H Syamsuar, Forkopimda Riau, WakilnWalikota Pekanbaru, Bupati, Direktur Utama HK, Budi Harto, serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan tamu undangan lainnya.

Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor.

Gubernur Riau, H Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan, atas nama masyarakat Provinsi Riau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden RI, Joko Widodo yang telah berkenan membangun dan meresmikan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai pada hari ini.

“Alhamdulillah dengan diresmikannya jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai pada hari ini, yang merupakan tonggak sejarah adanya pembangunan jalan tol pertama di Provinsi Riau. Sudah pasti akan sangat bermanfaat bukan hanya bagi warga Kota Dumai saja, tetapi juga bagi warga Kabupaten lain dan semua pelaku usaha akan turut menikmati fasilitas jalan bebas hambatan ini didalam pembangunan daerah,” ucapnya.

Jalan tol ini sepanjang 131 km melewati Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai. Jalan tol ini mulai dibangun pada tahun 2017 dan selesai pada tahun 2020 ini.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa jalan tol Permai yang dibangun dengan biaya 12,18 triliun ini telah rampung dan telah selesai, dapat dioperasikan secara penuh dan sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif, baik untuk masyarakat Riau maupun juga untuk masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera.

“Jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dengan Dumai, sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju, juga kawasan industri perkebunan lainnya,” ujarnya.

Dengan kondisi ini, lanjutnya, selain memperpendek jarak tempuh Pekanbaru-Dumai, segala bidang transportasi pun akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya, sehingga hal ini nantinya akan meningkatkan aktivitas perekonomian wilayah dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak lagi bagi anak-anak muda kita.

Presiden RI berpesan kepada pemerintah daerah dan warga masyarakat Provinsi Riau, agar memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya, jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang-peluang usaha dan juga sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat.
“Dengan mengucap Bismillahhirohmanirohim, saya resmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai hari ini,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Walikota Dumai, H Zulkifli AS mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang berkah, pada hari ini jalan tol Pekanbaru-Dumai diresmikan oleh Bapak Presiden RI. Ini merupakan kedambaan dari masyarakat Riau khususnya masyarakat Dumai dan sekitarnya.

Selama ini dari Kota Dumai untuk menuju ke Ibu Kota Provinsi melalui jalan yang begitu sempit dan ditempuh dalam waktu yang cukup lama. Pelaku ekonomi pun sudah menunggu hal ini, karena dengan adanya tol ini akses menjadi lebih cepat sehingga nantinya akan menambah gairah pembangunan di Kota Dumai.

Dengan diresmikannya Tol Permai, Walikota berharap Dumai bisa memanfaatkan tol ini seoptimalkan mungkin yang dapat menarik investor, perkembangan pariwisata, dan timbul sektor-sektor ekonomi lainnya terutama dapat menyerap tenaga kerja.

Acara peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai diakhiri dengan penandatangan prasasti oleh Presiden RI, Joko Widodo, disaksikan langsung Walikota Dumai, H Zulkifli AS dan Direktur Utama PT Hutama Karya secara virtual.(mgi)

Share
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Gugus Tugas Dumai Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Pemukiman Warga

    Penyemprotan desinfektan di lingkungan RT 03 dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama warga, guna mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona di wilayah setempat.
  • 2 minggu lalu

    Walikota Dumai Teken Perubahan Kinerja Tahun 2020

    Selain acara penandatanganan, Walikota Dumai juga menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Perubahan OPD Kota Dumai Tahun Anggaran 2020.
  • 3 minggu lalu

    Cawako Dumai Nomor Urut 1 Ajak Relawan dan Tim Berkampanye Santun

    Menanggapi kondisi pesta demokrasi saat ini, paslon nomor urut 1, Hendri Sandra dan Rizal Akbar mengajak serta menghimbau agar tim maupun relawannya untuk berdemokrasi secara santu
  • 3 minggu lalu

    Jadikan Dumai Pusat Ekonomi, Hendri Sandra Bakal Dorong UMKM Bangkit

    Hal itu merupakan salah satu langkah untuk mendongkrak ekonomi masyarakat Dumai secara keseluruhan baik dari tengah hingga wilayah pinggiran kota.
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...