google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
PT BUKARA
  • Home
  • Dumai
  • Gugas Tugas COVID-19 Dumai Batal Tutup Pasar Tradisional
Minggu, 28 Juni 2020 11:35:00

Gugas Tugas COVID-19 Dumai Batal Tutup Pasar Tradisional

DUMAI, globalriau.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Dumaimasih mempertimbangkan penutupan sementara aktivitas pasar tradisional di Kecamatan Bukit Kapur karena belum terbukti terjadi transmisi atau penularan antarpenduduk lokal.



Juru Bicara Gugas COVID-19 Dumai dr Syaifuldi Dumai, Sabtu (27/06/2020), mengatakan rencana awal pasar tradisional ini akan ditutup, namun melihat kondisi kebutuhan pedagang dan masyarakat serta pertimbangan perekonomian masyarakat, hal itu dibatalkan.

Gugas COVID-19 Dumai masih menunggu hasil tes cepat dan tes usap (swab) orang orang pernah kontak langsung ke pasien positif pedagang pasar tradisional ini, untuk kemudian diambil langkah lanjutan.

"Pasar tak jadi ditutup karena pertimbangan aktivitas jual beli di sana. Pedagang sudah belanja modal untuk persediaan dagangan, juga belum terbukti ada penularan lokal di lokasi itu," kata Syaiful.

Dijelaskannya, pertambahan tujuh kasus baru positif COVID-19 di Dumai ini diperoleh dari kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh tim Gugas pada masyarakat dan pedagang di sejumlah pasar tradisional dan tempat umum lainnya,

Dari tujuh pasien positif baru ini, empat di antaranya pedagang pasar tradisional dan keliling, dan Gugas COVID-19 Dumai langsung melakukan tracing atau penelusuran kontak langsung pasien yang seluruhnya kini sudah dirawat di RSUD Dumai.

"Jumlah orang dalam pemantauan langsung bertambah karena dilakukan tracing yang pernah kontak langsung dengan pasien, untuk hasilnya masih menunggu," sebut Syaiful.

Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai Syaiful ini tambahkan, hingga 21 Juni 2020 status Dumai rencananya dinaikkan dari zona kuning jadi zona hijau karena nihil pasien baru selama satu bulan, namun batal akibat bertambah kasus positif pada 23 Juni 2020.

Pemerintah Kota Dumai tetap mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan COVID-19 agar bisa menyongsong normal baru dan tidak bertambah lagi kasus positif baru.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS turun langsung ke lokasi pasar tradisional untuk memastikan aktivitas jual beli berjalan baik, sekaligus memimpin penyemprotan disinfektan.

Kepada para pedagang, Zulkifli mengajak dan mengingatkan kembali agar jangan lupa memakai masker, tetap jaga jarak aman dan sebelum masuk pasar untuk mencuci tangan pakai sabun.

"Masker yang kita gunakan, sebagai wujud kita menghargai diri sendiri dan berguna menyelamatkan orang lain," kata walikota.(red)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 43 menit lalu

    Nippon Paint Reveals the Winners of the Asia Young Designer Awards 2019/20

    This year's competition marks the Asia Young Designer Awards' first virtual event in light of COVID-19 restrictions, establishing Nippon Paint's steadfast passion in
  • 46 menit lalu

    Vingroup to give 2,400 ventilators to Russia, Ukraine and Singapore

    Thanks to the countries' embassies to Vietnam, Vingroup initially gave 500 VFS-510 ventilators to Russia and 300 VFS-510 devices to Ukraine.
  • 5 hari lalu

    75 KK Warga Dusun Pusako Terima Dana BLT-DD Tahap III

    Dalam penyerahan itu Kata Nurlianasah, turut hadir Sekcam Kecamatan Pusako, Syapruddin, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Pendamping Desa.
  • 5 hari lalu

    Aparat TNI, Polri, Satpol PP dan Disperindag Siak Laksanakan Protokol Kesehatan

    Babinsa Siak Serda Arianto menyampaikan hingga saat ini Babinsa bersama Babinkamtibmas, Satpol PP dan Anggota Disperindag terus melakukan imbauan dan sosialisasi di Pasar Raya Bela
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...