• Home
  • Dumai
  • KSOP Dumai Sosialisasikan Penggunaan Life Jaket Anak-anak dan Dewasa
Minggu, 08 Juli 2018 20:41:00

KSOP Dumai Sosialisasikan Penggunaan Life Jaket Anak-anak dan Dewasa

DUMAI, Globalriau.com - Petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Klas I Dumai ingatkan operator kapal penyeberangan Roro agar memperagakan cara pemakaian jaket pelampung pada penumpang demi keselamatan dalam berlayar.

"Operator kapal diingatkan juga agar memisahkan jaket pelampung untuk anak dan dewasa, dan keberangkatan kapal akan ditunda jika standar dan alat keselamatan belum dipenuhi," kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan, di Dumai, Jumat.

Dalam pemeriksaan sarana dan alat keselamatan di atas kapal Roro, syahbandar juga mendapati beberapa penumpang tidak mengantongi tiket dengan alasan tertinggal di kendaraan, dan diminta untuk menjemput kembali.



Dikatakan, pemeriksaan di atas kapal penyeberangan Roro Dumai-Tanjung Medang Kecamatan Rupat Bengkalis untuk mengantisipasi insiden laut, dan memastikan sebelum berlayar kapal sudah memenuhi standar keselamatan.

Kegiatan pengecekan kapal Roro atas arahan pimpinan ini dilakukan bersama Marine Inspector dan Kepolisian setempat juga menegaskan kapten dan kru kapal wajib menjaga keselamatan penumpang.

 "Ini merupakan arahan dari pimpinan agar petugas naik ke atas kapal memeriksa semua standar dan alat keselamatan yang harus terpehuhi," sebutnya dilansir dari Antara.

Menurutnya, pelayanan kapal Roro adalah penyeberangan menyangkut kepentingan banyak orang karena mengangkut kendaraan, sehingga harus diperhatikan fasilitas pendukung.

Operator kapal roro harus perhatikan tali lasing kapal, agar jangan kendor dan lapuk, juga tidak takut jika ada oknum memaksakan diri melanggar aturan berangkat melebihi kapasitas.

Sementara, Kepala KSOP Klas I Dumai Sanggam Marihot mengaku sudah intruksikan petugas marine untuk mengecek kesiapan alat keselamatan diatas kapal penyeberangan Roro sesuai arahan Menteri Perhubungan RI.

Pemeriksaan ini untuk mengantisipasi kecelakaan kapal di perairan dengan pengawas syahbandar melakukan pengecekan keselamatan aktivitas pelayaran di wilayah masing masing.

 "Sudah diarahkan agar dilakukan pemeriksaan alat alat keselamatan yang ada di atas kapal roro, dan petugas ksop dumai dan marine inspector langsung aksi melakukan pemeriksaan," kata Sanggam.(abd/egy)

Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Akibat Unjuk Rasa di Purnama, 3 Hari BUMD Dumai Tak Bisa Beroperasi

    DUMAI, Globalriau.com - Ratusan massa yang terdiri dari Pemuda dan Mahasiswa serta sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi un

  • 5 hari lalu

    Kapolres Dumai: Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Sudah Tahap 1

    DUMAI, Globalriau.com - Kepolisian Resort (Polres) Dumai memprioritaskan penuntasan kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (B

  • satu minggu lalu

    Penyelundupan Rokok Rp 1,5 Miliar Digagalkan TNI AL

    DUMAI, Globalriau.com - Tim gabungan F1QR Koarmada I bersama Lanal Dumai menangkap speedboat yang memuat rokok ilegal senilai R

  • 2 minggu lalu

    CPNS 2018 Pemerintah Dumai Disetujui Sebanyak 162 Formasi

    DUMAI, Globalriau.com - Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Dumai Eri Nafrizal menyebut pemerintah menyetuj

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.