• Home
  • Dumai
  • Kabut Asap, KSOP Dumai Himbau Aktivitas di Kolam Bandar Berhati-hati
Kamis, 14 Februari 2019 13:14:00

Kabut Asap, KSOP Dumai Himbau Aktivitas di Kolam Bandar Berhati-hati

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan Nasution.

DUMAI, globalriau.com - Situasi udara Kota Dumai mulai diselimuti kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan membuat Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai mengeluarkan edaran waspada pelayaran untuk mengantisipasi resiko kecelakaan kepada pengguna jasa.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan Nasution mengatakan, untuk menghindari hal tidak diinginkan, maka syahbandar mengimbau aktivitas pelayaran meningkatkan kewaspadaan saat berlayar dan memperhatikan jarak pandang aman.

loading...


"Kemunculan kabut asap ini membuat risiko kecelakaan pelayaran semakin meningkat, dan kesyahbandaran mengimbau pengguna jasa untuk mewaspadai cuaca buruk saat berlayar," kata Yuzirwan, Rabu.

Dia mengimbau pelaku pelayaran untuk menghindari hal tidak diiinginkan dan nakhoda kapal mewaspadai jalur layar kolam bandar terletak di sepanjang Pantai Dumai.

Sebab, di jalur kolam sandar pelabuhan Dumai banyak aktivitas kapal berlabuh dan parkir menunggu sandar, sehingga dikuatirkan jika tidak berhati-hati akan terjadi kecelakaan atau tabrakan akibat kabut asap menganggu jarak pandang.

"Meski kabut asap masih dalam batas ambang normal jarak pandang, tapi kita selaku institusi wajib mengimbau dan mengeluarkan surat edaran agar semua pihak waspada," sebutnya.

Pengguna jasa diharap juga untuk senantiasa memantau kondisi cuaca dan jarak pandang agar tidak tertutup kabut asap dengan menggunakan peralatan navigasi dan melengkapi kapal dengan alat keselamatan.

Terkait karhutla, diberitakan sebelumnya, akibat kebakaran hutan ini di sebagian wilayah Kota Dumai dan sejumlah kabupaten tetangga, membuat kualitas udara tercemar dan pada Rabu pagi dalam kategori tidak sehat atau dapat menganggu kesehatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai Afrilagan menyatakan, kabut asap menyelimuti daerah ini tidak saka berasal dari karlahut di Dumai, tapi juga asap kiriman kebakaran hutan di Kabupaten Bengkalis.

BPBD Dumai menyatakan saat ini kejadian karlahut terdapat di dua titik panas sedang proses pendinginan, tersebar di Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sei Sembilan dan Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Bukit Kapur, ditambah satu titik api baru di Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Bukit Kapur.

"Kebakaran gambut di kelurahan bangsal aceh masih pendinginan dan teluk makmur sedang penanganan petugas gabungan, terpantau titik api baru di rumpun jaya kecamatan bukit kapur, kejadian karlahut di dumai juga penyumbang kabut asap beberapa hari ini," kata Afrilagan.

Penanggulangan karlahut di Kelurahan Bangsal Aceh beberapa waktu lalu dilakukan lewat darat oleh tim gabungan, dan laut dibantu bom air dari helikopter PT RUJ dan Sinar Mas Forestry, sedangkan kebakaran di Teluk Makmur ditangani secara manual di darat.(red/gy)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 13 jam lalu

    Pengguna di Dumai Ungkap Tarif Ojol GET Lebih Murah

    Sejumlah konsumen mengakui tarif GET Indonesia lebih murah daripada jasa transportasi online lainnya yang ada di Dumai saat ini.
  • kemarin

    Sambut Hari K3, PT Sari Dumai Sejati Gelar Donor Darah bersama PMI

    Dalam kegiatan ini, PT. Sari Dumai Sejati bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari bertempat di ruang trainning ce
  • 5 hari lalu

    DPC INSA Dumai Sambut Baik MoU BUMD PT PDB dan PT SLUP

    Hal itu mengingat bahwa PT Pelabuhan Dumai Bersemai selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat meningkatkan sektor usaha di bidang kepelabuhanan.
  • 5 hari lalu

    Dermaga Dangkal, Sejak 2016 Pelindo Dumai Didesak Lakukan Pengerukan

    Namun, hingga 2019 ini hal tersebut belum dilakukan. Pihak PT Pelindo Dumai mengklaim tahun ini akan dilaksanakan karena usulan sudah disetujui sejak 2018.
  • loading...
    Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...