google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
PT BUKARA
  • Home
  • Dumai
  • Kukerta Dumai Selatan Bagikan Hand Sanitizer Buatan Sendiri dan Masker Kain
Selasa, 30 Juni 2020 12:51:00

Kukerta Dumai Selatan Bagikan Hand Sanitizer Buatan Sendiri dan Masker Kain

Kukerta UNRI Dumai Selatan berfoto bersama Camat Dumai Selatan.

DUMAI, globalriau.com - Mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) dari Universitas Riau (UNRI) yang merupakan relawan covid-19 melaksanakan berbagai kegiatan bertujuan untuk memutus penyebaran covid-19 di Kecamatan Dumai Selatan.

Sebelumnya mahasiswa yang melaksanakan praktek lapangan ini sudah melakukan giat penyemprotan disinfektan di pemukiman warga dan rumah ibadah.



Kali ini, rombongan yang diketuai oleh Rezki Setiawan tersebut menyisiri pedagang kaki lima di Kelurahan Ratu Sima, Bukit Datuk dan Mekar Sari untuk membagikan hand sanitizer alami serta masker kain.

"Kegiatan ini sudah kita lakukan tiga kali sejak tanggal 20, 22 hingga 26 Juni 2020 kemarin," ujar Rezki Setiawan kepada media, Senin.

Menurutnya, pembagian hand sanitizer dan masker kain dilakukan karena menggunakan hand sanitizer merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus yang menempel pada tangan manusia.

Demikian juga, menggunakan masker kain dapat mencegah penularan virus yang terjadi lewat droplet atau percikan yang keluar lewat bersin, batuk, dan saat berbicara.

"Hand sanitizer yang dibagikan merupakan hand sanitizer handmade yang dibuat langsung oleh kita dari tim kukerta relawan yang beranggotakan 8 orang menggunakan bahan alami yang mudah di dapat serta ramah lingkungan, yaitu daun sirih." jelasnya.

Pembagian ini ditujukan kepada PKL dikarenakan para pedagang sering berkontak langsung dengan puluhan orang pembeli sehingga rawan untuk tertular virus. Lanjutnya, hand sanitizer dan masker kain merupakan peralatan wajib yang harus dibawa oleh setiap orang saat beraktivitas di luar rumah ditengah masa new normal.

"Masih banyak diluar sana yang kurang mengetahui fungsi dan kegunaan dari Hand Sanitizer itu sendiri termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan ada juga pedagang yang beranggapan bahwa pembagian Hand Sanitizer dan Masker Kain ini dibayar atau tidak gratis. Oleh karena itu ketika pembagian Hand Sanitizer kami Tim Kukerta Relawan Dumai Selatan juga menjelaskan fungsi atau manfaat dan cara penggunaan Hand Sanitizer kepada Pedagang Kaki Lima." terangnya.

Kegiatan tim relawan covid-19 ini memperleh apresiasi dari pejabat pemerintah terkai yakni Camat Dumai Selatan,"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan mahasiswa Kukerta dalam pembuatan Hand Sanitizer alami dan pembagian Masker kain untuk masyarakat kita yang berdagang di pinggir jalan. Oleh karena itu, apabila ada kegiatan yang mengarah ke sosial atau menyangkut kepentingan bersama di masa pademi ini  saya sangat mendukung itu" tutur Yudha Pratama Putra, S.STP selaku Camat Dumai Selatan.

Tim relawan covid-19 di Dumai Selatan terdiri dari Rezky Setiawan (Hukum, FH) sebagai Ketua Tim, Neysa Syafira (Kimia, FMIPA), Melni Arnov (Kimia, FMIPA), Yuriska Adelya (Kimia, FMIPA), Christian Zakaria (Kimia, FMIPA), Saskia Eka Putri (Kimia, FMIPA), Shafa Tasya Rinanda (THP, Faperika), dan Hasri Ariestiya (Kimia, FMIPA), keseluruhan merupakan mahasiswa kukerta dari UNRI Pekanbaru.(rls)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Wako Dumai Diminta Copot Kabid SMP Disdikbud

    Banyak orangtua murid tidak mendapat sosialisasi utuh terkait informasi dan sistem PPDB online. Banyak jalur zonasi bermasalah dimana rumah calon siswa yang dekat namun tertulis sa
  • 3 hari lalu

    FORUM KITA Diskusi Komplikasi Persoalan dalam PPDB Online di Dumai

    Wakil direktur PJC Cabang Dumai, Ricky Syahputra menambahkan, berdiskusi dan bersilaturahmi ini harus terus dilakukan dan dijaga agar terus membangkitkan semangat kritis dan fungsi
  • 4 hari lalu

    Kapolsek dan Camat Medang Kampai Launching Program "Kampung Tangguh"

    Dijelaskan Kapolsek, program ini menitikberatkan pada beberapa sektor usaha, yaitu, usaha perikanan, pertanian, peternakan, UMKM dan Kesehatan.
  • 4 hari lalu

    Erwin Minta Verifikasi Faktual PPDB di Dumai Libatkan Polri dan Tim Independen

    Erwin Sitompul, S.Pd aktivis pendidikan kota Dumai, kepada media, Kamis (09/07/2020) menjelaskan dirinya banyak menerima laporan dugaan penyalahgunaan surat domisili sebagai dasar
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...