• Home
  • Dumai
  • Melalui Dinas PUPR, Pemko Dumai Tuntaskan Empat Program Air Bersih
Rabu, 07 November 2018 14:33:00

Melalui Dinas PUPR, Pemko Dumai Tuntaskan Empat Program Air Bersih

Walikota Dumai Zulkifli As, beserta jajaran meninjau fasilitas di SPAM PDAM Tirta Dumai beberapa waktu lalu.

DUMAI, Globalriau.com - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) mengerjakan sekaligus empat program sistem penyediaan air minum (SPAM)  untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah perkotaan dan pinggiran.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS menjelaskan, pemerintah tetap konsisten memenuhi janji mengalirkan air bersih ke rumah warga yang sampai kini masih proses pekerjaan di instansi terkait.



"Banyak proses dan tahapan yang harus dikerjakan, intinya pemerintah tetap komit merealisasikan janji mengalirkan air bersih ke rumah warga," kata wali kota, Senin.

Empat program penyediaan air bersih dijalankan Pemkot Dumai, di antaranya, kerjasama pemerintah dengan badan usaha, sistem penyediaan air minum regional dikelola Pemerintah Provinsi Riau, sistem penyediaan air minum sumur bor kecamatan pinggiran, dan peningkatan instalasi air bersih didukung dana Bank Australia sebesar Rp28 miliar.

Zulkifli menyadari kuat harapan warga terhadap kebutuhan dasar ini, dan dipastikan pemerintah akan terus mengupayakan penyediaan air bersih tersebut sesuai janji, namun proses panjang harus dilalui, baik secara perencanaan, teknis dan hukum serta lainnya.

"Sudah ada sejumlah kemajuan program penyediaan air bersih ini, dan beberapa lagi masih proses penyiapan rencana teknis, diharap secepatnya progres fisik segera dikerjakan," sebut wali kota.

Diakui dia, masyarakat masih menilai pesimis bahwa air bersih akan mengalir ke rumah warga karena belum ada tampak pekerjaan fisik di perkotaan, namun dapat dipastikan program penyediaan air minum akan direalisasikan.

Sementara, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Dumai Riau Satria menjelaskan, salah satu program SPAM mengalami banyak kemajuan dan sudah mengaliri ke rumah warga ialah pengadaan sumur bor di kecamatan pinggiran dengan 772 sambungan rumah pada 2017 dan 2018.

SPAM sumur bor bersumber Dana Alokasi Khusus 2017 dan 2018 senilai total Rp9 miliar ini, lanjutnya, diperuntukan bagi warga di sejumlah kelurahan, yaitu, Bagan Keladi, Bukit Datuk, Mekar Sari, Ratu Sima, Tanjung Penyembal, Gurun Panjang, Bumi Ayu, Lubuk Gaung, Pangkalan Sesai, Teluk Makmur, Basilam Baru, Bangsal Aceh, Pelintung, Kampung Baru, Bukit Nenas dan Bukit Kayu Kapur.

"Pengadaan sumur bor untuk pemukiman ini dibuat dengan kedalaman 200 meter, dan dalam dua tahun ini sudah dibangun di 16 kelurahan dengan total anggaran mencapai Rp9 miliar," kata Riau.

Sedangkan untuk program pengembangan SPAM skema KPBU, lanjut Riau, sudah pada tahap memasukkan penawaran pelelangan, dan kebutuhan anggaran diperkirakan sekitar Rp400 miliar.(egy/ant)

Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    10.800 Hektare Dipersiapkan Pemerintah Dumai untuk Lahan Mandiri

    DUMAI, Globalriau.com - Pemerintah Kota Dumai tengah menyiapkan ribuan hektar lahan abadi mandiri untuk pertanian dan perikanan

  • 4 hari lalu

    Curah Hujan Tinggi, Wako Dumai Langsung Pimpin Normalisasi Drainase

    DUMAI, Globalriau.com - Wali Kota Dumai Zulkifli As pimpin gotong royong pembersihan parit dari sampah dan tumpukan material pe

  • 6 hari lalu

    Seluruh Kader PAN Kota Dumai Siap Menyambut Kedatangan Sandiaga Uno

    DUMAI, Globalriau.com - Seluruh kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai bersiap menyambut kehadiran calon wakil presiden

  • satu minggu lalu

    Nyali Bawaslu Dumai Diuji

    Baru baru ini kita dikejutkan oleh beredarnya kabar tentang perangai buruk seorang tenaga pendidik di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.