google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Dumai
  • Minyak Mentah Tumpah Akibat Pipa Bocor, PT CPI Fokus Bersihkan Dermaga di Dumai
Minggu, 28 Februari 2021 21:52:00

Minyak Mentah Tumpah Akibat Pipa Bocor, PT CPI Fokus Bersihkan Dermaga di Dumai

Dokumentasi PT CPI.
Tumpahan minyak bumi itu disebabkan oleh adanya kebocoran pada pipa saat proses penyulingan.

DUMAI, globalriau.com – Minyak mentah milik PT Chevron Pasific Indonesia tumpah di area Dermaga 4 Pelabuhan Dumai pada Sabtu (27/02/2021) sekitar pukul 14.50 Wib.



Tumpahan minyak bumi itu disebabkan oleh adanya kebocoran pipa saat proses penyulingan ke kapal sedang berlangsung.

Manager Corporate Communication PT CPI, Sonitha Poernomo dalam keterangan pers Minggu (28/02/2021) menjelaskan bahwa kebocoran pipa terjadi begitu saja tanpa disengaja saat proses penyulingan tengah berlangsung.

“Pada saat kejadian, kondisi pelabuhan tidak sedang digunakan, bahkan dermaga sudah lama tidak dipakai hingga tidak ada aktivitas kapal disekitarnya.” Ujar Sonitha.

Dia menjelaskan, ketika proses penyulingan seluruh SOP sudah berjalan sesuai ketentuan, namun secara tiba-tiba dan tanpa disengaja terjadi kebocoran pipa yang menyebabkan terjadi tumpahan minyak.

“Seketika itu juga langkah pencegahan dan penanggulangan dilakukan oleh petugas di pelabuhan seperti memasang Oil Boom untuk mencegah penyebaran dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan seperti pembersihan.” Terangnya.

Terkait jumlah minyak yang tumpah, Sonitha belum bisa memastikan karena hingga hari ini pihaknya masih fokus pada pembersihan areal pelabuhan.

“Kita fokus pembersihan dulu, jadi belum hitung berapa total minyak yang tumpah. Terkait adanya informasi soal ribuan barrel itu tidaklah benar.” tegasnya.

Areal pelabuhan sudah berhasil di netralisir. Petugas PT CPI dan pelabuhan dengan cepat melakukan pembersihan agar tidak terjadi penyebaran.

“Sebagaimana komitmen PT CPI, kita tetap menjalankan operasi secara selamat dan andal dengan memperhatikan keselamatan masyarakat dan lingkungan sekitar.” Tandasnya.(Mgi)

Share
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Kilang RU II Dumai Lifting Perdana 45 Ribu Barrel Pertamax ke RU III Plaju

    Kegiatan lifting perdana ini ditandai dengan diangkutnya produk Pertamax menggunakan kapal MT Kirana Dwitya sebanyak 45.000 barrel dengan tujuan RU III Plaju.
  • 3 minggu lalu

    Dibuka Wakil Walikota, Pemuda Pancasila Dumai Gelar Rakercab 2021

    Selanjutnya, Ketua MPC Abdul Kadir pada ksempatan yang sama mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas organisasi tentang Rakercab Pemuda Pancasila perlu meningkatkan pemantapan
  • 4 minggu lalu

    Kondisi Jalan Lintas di Dumai Rusak Parah

    Warga sekitar menyebutkan setiap tahun jalan yang rusak hanya dilakukan penimbunan saja, tidak diperbaiki secara permanen oleh pemerintah setempat.
  • 4 minggu lalu

    Fasilitas Luar Biasa, Hotel Sona View Dumai Rekomendasi Terbaik bagi Wisatawan

    Berwisata belum lah lengkap jika tidak mencoba penginapan yang menawarkan fasilitas terbaik serta pemandangan yang luar biasa. Inilah yang menjadi keunggulan bagi hotel Sona View y
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...