• Home
  • Dumai
  • Pelindo Dumai Berencana Revitalisasi Aset Pergudangan
Jumat, 29 Juni 2018 16:47:00

Pelindo Dumai Berencana Revitalisasi Aset Pergudangan

DUMAI, Globalriau.com - Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai berencana merevitalisasi aset berupa pergudangan untuk mempercepat pelayanan bongkar muat barang, serta pengembangan bisnis kepelabuhanan.

"Beberapa gudang belum optimal pemanfaatannya karena lantai dan ketinggiannya tidak sesuai standar. Karena itu, kami akan usulkan kegiatan pembangunan dan penghapusan aset," kata Manager Bisnis Terminal PT Pelindo I Dumai Irwansyah Irwansyah, Kamis.



Ia mengatakan, rencana rehabilitasi diprioritaskan pada gudang di dekat dermaga pelabuhan agar fungsi lebih optimal dalam mendukung bongkar muat dan penyimpanan sementara.

Gudang akan difungsikan sebagai lokasi penyimpanan sementara barang, lanjutnya,sehingga perlu dilakukan peningkatan bangunan, seperti ketinggian atap layak dan lantai kering tidak basah agar sesuai kebutuhan pasar.

"Saat ini sedang dilakukan juga penilaian tiga gudang mendapatkan izin standar internasional untuk kegiatan industri dan agar barang mitra pelindo lebih bisa diterima di pasaran," ujarnya.

Pergudangan di kawasan Pelindo Dumai difungsikan untuk beberapa kepentingan mitra menyimpan barang, di antaranya, penumpukan batu bara, pupuk curah dan curah kering, sehingga atap tidak boleh bocor dan lantai tetap kering.

Selain itu, direncanakan pengajuan menghapus aset dua gudang ke kementerian terkait untuk kepentingan penataan lahan parkir bagi kendaraan angkutan dan operasional aktivitas lain di kawasan.

Seperti telah diberitakan, infrastruktur jaringan pipa suplai ekspor "crude palm oil" atau minyak kelapa sawit dan curah cair di Dermaga B Peloido Dumai juga akan ditata untuk peningkatan pelayanan dan perawatan berkala.

Penataan pipa sedang dipersiapkan, dan masih dalam tahap penyusunan desain dan teknis oleh mitra kerja, bertujuan untuk optimalisasi, bukan untuk penambahaan infrastruktur pipa di kawasan.

"Setelah dokumen teknis siap, baru dilakukan tender dan pelaksanaan. Ke depan direncanakan juga ada perawatan berkala," kata Manager Teknik Pelindo Dumai Tengku Saldi.

 

Sumber: Antarariau.com

Share
Berita Terkait
  • 17 jam lalu

    Cahyo: Walikota Dumai Bohongi Publik Soal WTP LKPD 2017

    DUMAI, Globalriau.com - Soal klaim Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Riau terhadap laporan hasil pemeriks
  • 19 jam lalu

    Sudah 140 Hektare Lahan di Dumai Terbakar

    PEKANBARU, Globalriau.com - Satuan tugas udara penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Udara Karhutla) Provinsi Riau m

  • 19 jam lalu

    Kekeringan Gambut Dumai Makin Mengkhawatirkan

    DUMAI, Globalriau.com.com - Kepala Badan Restorasi Gambut RI, Nazier Foead menilai kekeringan gambut di Kota Dumai, Riau makin

  • 5 hari lalu

    Viral, Surat Terbuka Buat Walikota Dumai soal PDAM

    DUMAI, Globalriau.com - Dunia maya dihebohkan dengan postingan salah seorang warga Dumai yang terang-terangan mengeluh sulitnya

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.