google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Dumai
  • Pemko Dumai Terima Vaksin Moderna untuk Dosis III Tenaga Kesehatan
Kamis, 26 Agustus 2021 23:05:00

Pemko Dumai Terima Vaksin Moderna untuk Dosis III Tenaga Kesehatan

DUMAI, globalriau.com - Kota Dumai, melalui Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Dumai telah menerima 670 vial Vaksin Dosis Ketiga atau Vaksin Moderna, vaksin yg merupakan jenis m-RNA Viral Vaccine, produksi Amerika Serikat.



Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful, MKM selaku Juru Bicara (Jubir) Satgas dalam keterangannya mengatakan bahwa vaksin dosis ketiga, untuk sementara ini diperuntukkan kepada para tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Dumai.

"Kegiatan vaksinasi sudah berjalan sejak minggu lalu. Berbeda dengan Sinovac yg merupakan jenis inactivated viral vaccine, dosis ketiga ini hanya 1 kali diberikan," kata dr. Syaiful saat dihubungi Kamis (26/08).
Kenapa hanya nakes yg diberikan?

Beliau mengatakan karena nakes adalah garda terakhir dalam penanganan COVID19, yaitu untuk merawat pasien2 gejala sedang atau berat.

"Diharapkan nakes juga tidak terinfeksi dan menjadi berat, sehingga pelayanan pasien tidak terganggu. Jumlah Nakes kita sangat pas-pasan bahkan kurang, sehingga perlu mendapat perlindungan tambahan. Sementara ini, hanya nakes yg diperkenankan mendapatkan dosis ketiga ini," ucapnya.

Terkait izin, Beliau menambahkan bahwa Vaksin Moderna ini sudah mendapat persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM RI, serta sudah mendapat rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group (ITAGI).

Dalam laporannya, Kepala Dinkes mengatakan sebanyak 57 vial telah didistribusikan ke fasilitas kesehatan (faskes), 333 dosis vaksin (23 vial) pun telah disuntikkan ke para nakes di Kota Dumai, sehingga yang tersisa di faskes sebanyak 34 vial.Dengan sisa Vaksin Moderna di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Dumai sebanyak 550 vial atau 7.700.

"Adapun, total sasaran nakes yaitu sebanyak 1918 dosis (137 vial)," pungkasnya.***

Share
Berita Terkait
  • 17 jam lalu

    edotco Group launches inaugural Infrastructure Design Competition in collaboration with University Kebangsaan Malaysia (UKM)

    UKM is edotco's academia partner in organising and leading the university-student engagement initiatives. Both parties will join hands in the industry-academia mentorship sess
  • 17 jam lalu

    Jaga Kesehatan Diri dan Keluarga Bersama Aplikasi SehatQ

    Untuk mendapatkan konsultasi gratis di era digital saat ini tidak perlu ribet harus keluar rumah. Semua kebutuhan seperti pencegahan, hingga pengobatan dari sebelum sampai sesudah
  • kemarin

    5 Tips Belanja Hemat Saat New Normal

    Karena masa pandemi haruskan Anda untuk tetap survive pada keuangan yang ada, maka butuh tetap menghemat belanja. Berikut tips hemat saat pandemi yang bisa Anda praktekkan.
  • 7 hari lalu

    Melalui Mitigasi Karhutla, Pertamina Dorong Masyarakat Raih Rupiah

    Beberapa waktu lalu isu kebakaran hutan dan lahan juga menjadi tranding di Dunia karena perubahan iklim yang cukup ekstrim, Provinsi Riau cukup menjadi sorotan baik di kancah lokal
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f