• Home
  • Dumai
  • Penyelundupan Rokok Rp 1,5 Miliar Digagalkan TNI AL
Minggu, 16 September 2018 13:26:00

Penyelundupan Rokok Rp 1,5 Miliar Digagalkan TNI AL

(DOK TNI AL)
Puluhan kardua berisikan roko ilegal diselundupkan ke Dumai dari Batam, Kepri. Roko ilegal ini bernilai Rp 1,5 miliar.

DUMAI, Globalriau.com - Tim gabungan F1QR Koarmada I bersama Lanal Dumai menangkap speedboat yang memuat rokok ilegal senilai Rp 1,5 miliar di Kuala Enok, Dumai, Riau, Selasa (11/9/2018).

"Informasi awal didapat dari intelijen TNI AL yang menyebutkan adanya pergerakan speedboat dari Barelang Batam, Kepulauan Riau yang akan masuk ke Kuala Enok dan diperkirakan membawa barang ilegal berupa rokok," kata Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, Sabtu (15/9/2018).



Dari informasi tersebut, petugas langsung melakukan pemantauan dan pengejaran terhadap speedboat tersebut.

Beberapa saat kemudian, speedboat yang dimaksud merapat ke salah satu dermaga milik warga. Petugas yang sudah bersiaga langsung melakukan penggerebekan dengan melepaskan tembakan.

"Begitu dilakukan penembakan peringatan, 5 awak di atas speedboat spontan melarikan diri dengan meloncat ke pelabuhan masyarakat tersebut," ujar Yudo.

Petugas mencoba mengejar para awak kapal. Namun, kelimanya berhasil melarikan diri. Meski demikian, petugas menemukan dua awak yang bersembunyi di balik terpal speedboat.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, personel TNI AL berhasil menemukan 2 orang pelaku yang bersembunyi di dalam terpal," ujarnya.

Petugas juga mengamankan barang bukti berupa speedboat mesin 300x4 bermuatan 250 kardus rokok yang diperkirakan nilainya mencapai Rp 1,5 mliar dengan perhitungan 1 kardus seharga Rp 4 juta-4,5 juta. "Pelaku masih menjalani pemeriksaan di Lanal Dumai," kata Yudo.

Sumber: Kompas.com

Share
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Seluruh Kader PAN Kota Dumai Siap Menyambut Kedatangan Sandiaga Uno

    DUMAI, Globalriau.com - Seluruh kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai bersiap menyambut kehadiran calon wakil presiden

  • 5 hari lalu

    Nyali Bawaslu Dumai Diuji

    Baru baru ini kita dikejutkan oleh beredarnya kabar tentang perangai buruk seorang tenaga pendidik di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota

  • 5 hari lalu

    Progres SPAM Durolis Sudah 77 Persen, Walikota Dumai Ingin Warganya Segera Nikmati Air Bersih

    DUMAI, Globalriau.com - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau memastikan persiapan program sistem penyediaan air minum regional di

  • 6 hari lalu

    Wujudkan Keselamatan Berlayar, KSOP Dumai Taja Sosialisasi Kepelabuhanan

    DUMAI, Globalriau.com - Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Sanggam Marihot membuka sosialisasi bidang ke

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.