• Home
  • Dumai
  • Perindo Dumai Dipastikan Tak Ikut Pileg 2019
Rabu, 18 Juli 2018 20:26:00

Perindo Dumai Dipastikan Tak Ikut Pileg 2019

DUMAI, Globalriau.com - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai hanya menerima pendaftaran bakal calon legislatif 15 partai politik hingga Rabu pukul 00.00 WIB dan hanya Perindo yang tidak menyerahkan berkas bacaleg untuk Pemilu 2019.
 
Divisi Teknis KPU Dumai Edi Indra, Rabu mengatakan, parpol datang ke gedung KPU Dumai Jalan Tuanku Tambusai pada hari terakhir Selasa (16/7) adalah Partai Solidaritas Indonesia sekitar pukul 21.00 WIB. Sebelumnya sejak pagi hingga malam berturut-turut Golkar, PPP,  PBB, PDIP,  Berkarya, Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa.
 
 
"Hanya perindo yang tidak datang mendaftarkan calegnya hingga pukul 12 malam dan mereka tidak ada pemberitahuan ke KPU," kata Edi.
 
Menurut dia, KPU hanya melayani proses pendaftaran dan tidak mempersoalkan Perindo tak menyerahkan berkas nama caleg untuk Pemilu 2019 nanti, karena sudah menjadi hak parpol bersangkutan.
 
Selama tahap pendaftaran dibuka pada 4-17 Juli 2018, KPU mengklaim tidak ada kendala Prosesnya sudah berjalan sesuai ketentuan, meski banyak partai politik datang di hari terakhir.
 
"Jadi hak partai politik untuk daftar calegnya atau tidak, dan KPU hanya memproses berkas yang masuk sesuai peraturan dibuat," katanya.
 
Selanjutnya KPU akan melakukan tahap verifikasi atau pemeriksaan berkas caleg masuk dan pembuatan berita acara, kemudian penyerahan hasil pada 19 hingga 21 Juli. Apabila ada kekurangan, diberi waktu perbaikan dari partai politik terhitung 22-31 Juli 2018.
 
Sebelumnya, Ketua KPU Dumai Darwis menyatakan, bagi partai politik tidak juga datang hingga berakhir waktu ditetapkan, maka KPU tidak lagi menerima penyerahan berkas dan tidak ada perpanjangan masa pendaftaran.
 
Ramainya parpol mendaftarkan bakal caleg pada hari terakhir dikhawatirkan dia bisa terkendala dalam memproses verifikasi berkas jika jaringan internet mendadak rusak dan terbatasnya waktu perbaikan berkas dari parpol.
 
"KPU akan bekerja secara transparan dan profesional dalam proses verifikasi berkas pendaftaran caleg ini dan semoga tidak ada kendala," kata Darwis.
 
Humas DPD Perindo Riau Evan mengakui Dewan Pengurus Perindo Dumai tidak membuka pencalonan anggota legislatif sehingga tidak mendaftar ke KPU. Kepengurusan baru juga akan secepatnya dibentuk.
 
"Pengurus yang di Mumai mereka mundur dan kita sudah tahu tidak dibuka pendaftaran caleg," kata Evan.
 
Sumber: Antara
Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Bupati Bengkalis Hadiri Pelantikan DPW Pemuda Perindo Riau

    PEKANBARU – Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengucapkan selamat kepada Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Pemuda Perindo Prov
  • 2 tahun lalu

    DPD Partai Perindo Dumai Serahkan Hewan Kurban

    DUMAI - DPD Partai Perindo Kota Dumai menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor Kambing, pada Senin (12/9) di Mesjid Nurul Iman

  • 3 tahun lalu

    Tatap Pemilu 2019, 100 Persen Pengurus DPC Perindo Dumai Terbentuk

    DUMAI- Ketua DPD Kota Dumai, Syafrizal Latif mengungkapkan, pembentukan kepengurusan DPC Partai Perindo se-Dumai sudah selesai

  • 3 tahun lalu

    DPD Perindo Dapil 1 Riau Dilantik

    DUMAI- Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Hary Tanoseoedibjo melantik tujuh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perindo D

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.