• Home
  • Dumai
  • Pilkada Riau Pengaruhi Harga Kebutuhan Pokok di Dumai
Jumat, 29 Juni 2018 16:49:00

Pilkada Riau Pengaruhi Harga Kebutuhan Pokok di Dumai

DUMAI, Globalriau.com - Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai, Zulkarnaen menyebutkan harga sejumlah kebutuhan pokok  sepekan usai Lebaran 2018 mengalami kenaikan, tapi tidak signifikan.

"Kenaikan harga bahan pokok hanya terjadi di beberapa komoditi, namun  masih wajar dan tidak signifikan," kata Zulkarnaen kepada wartawan, di Dumai,Kamis.

Untuk beberapa jenis kebutuhan pokok, kata dia, masih stabil, seperti gula pasir dan minyak goreng.

loading...


Dinas Perdagangan Kota Dumai, kata dia, terus memnatau kondisi harga pasar, sekaligus menantisipasi adanya kendala distribusi dan penimbunan.

Dijelaskan, tim monitoring setiap hari diturunkan untuk mengawasi harga di sejumlah pasar tradisional dengan menyasar komoditi pangan alami kenaikan dan pencegahan ulah spekulan menaikkan harga komoditi pangan secara sepihak.

Pemantauan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Bunda Sri Mersing Dumai, harga cabai merah asal Bukittinggi naik menjadi Rp30 ribu/Kg dari sebelumnya sekitar Rp25 ribu/Kg.

Komoditi cabai merah dari Medan masih bertahan di harga Rp26 ribu/Kg,  demikian juga cabai lokal Rp20 ribu/Kg.

Kemudian, harga bawang merah Rp34 ribu/Kg,  bawang putih Rp20 ribu/Kg,  kentang Rp10 ribu/Kg dan tomat Rp10 ribu/Kg.

Selain itu, bahan sayuran seperti sawi, kol, daun bawang dan buncis mulai naik, kondisi ini dipicu persediaan di pasar mulai menipis sehingga membuat harga melambung.

Untuk harga daging ayam ras rata rata naik Rp3.000/Kg, atau dari Rp30 ribu/Kg, menjadi Rp33 ribu/Kg, sedangkan harga daging sapi masih bertahan di harga Rp120 ribu/Kg.

Seorang pedagang di Pasar Sri Bunda Sri Mersing, Diana mengatakan, kenaikkan harga karena pasokan berkurang, dan masih menanti persediaan dari penyalur komoditi pangan berasal dari luar daerah.

"Pembeli juga belum normal seperti biasa, ditambah lagi stok minim, sehingga harga mengalami kenaikan," katanya.

Sumber: Antarariau.com

Share
loading...
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pengguna di Dumai Ungkap Tarif Ojol GET Lebih Murah

    Sejumlah konsumen mengakui tarif GET Indonesia lebih murah daripada jasa transportasi online lainnya yang ada di Dumai saat ini.
  • 3 hari lalu

    Sambut Hari K3, PT Sari Dumai Sejati Gelar Donor Darah bersama PMI

    Dalam kegiatan ini, PT. Sari Dumai Sejati bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari bertempat di ruang trainning ce
  • 7 hari lalu

    DPC INSA Dumai Sambut Baik MoU BUMD PT PDB dan PT SLUP

    Hal itu mengingat bahwa PT Pelabuhan Dumai Bersemai selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat meningkatkan sektor usaha di bidang kepelabuhanan.
  • 7 hari lalu

    Dermaga Dangkal, Sejak 2016 Pelindo Dumai Didesak Lakukan Pengerukan

    Namun, hingga 2019 ini hal tersebut belum dilakukan. Pihak PT Pelindo Dumai mengklaim tahun ini akan dilaksanakan karena usulan sudah disetujui sejak 2018.
  • loading...
    Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...