• Home
  • Dumai
  • Pilkada Riau Pengaruhi Harga Kebutuhan Pokok di Dumai
Jumat, 29 Juni 2018 16:49:00

Pilkada Riau Pengaruhi Harga Kebutuhan Pokok di Dumai

DUMAI, Globalriau.com - Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai, Zulkarnaen menyebutkan harga sejumlah kebutuhan pokok  sepekan usai Lebaran 2018 mengalami kenaikan, tapi tidak signifikan.

"Kenaikan harga bahan pokok hanya terjadi di beberapa komoditi, namun  masih wajar dan tidak signifikan," kata Zulkarnaen kepada wartawan, di Dumai,Kamis.

Untuk beberapa jenis kebutuhan pokok, kata dia, masih stabil, seperti gula pasir dan minyak goreng.



Dinas Perdagangan Kota Dumai, kata dia, terus memnatau kondisi harga pasar, sekaligus menantisipasi adanya kendala distribusi dan penimbunan.

Dijelaskan, tim monitoring setiap hari diturunkan untuk mengawasi harga di sejumlah pasar tradisional dengan menyasar komoditi pangan alami kenaikan dan pencegahan ulah spekulan menaikkan harga komoditi pangan secara sepihak.

Pemantauan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Bunda Sri Mersing Dumai, harga cabai merah asal Bukittinggi naik menjadi Rp30 ribu/Kg dari sebelumnya sekitar Rp25 ribu/Kg.

Komoditi cabai merah dari Medan masih bertahan di harga Rp26 ribu/Kg,  demikian juga cabai lokal Rp20 ribu/Kg.

Kemudian, harga bawang merah Rp34 ribu/Kg,  bawang putih Rp20 ribu/Kg,  kentang Rp10 ribu/Kg dan tomat Rp10 ribu/Kg.

Selain itu, bahan sayuran seperti sawi, kol, daun bawang dan buncis mulai naik, kondisi ini dipicu persediaan di pasar mulai menipis sehingga membuat harga melambung.

Untuk harga daging ayam ras rata rata naik Rp3.000/Kg, atau dari Rp30 ribu/Kg, menjadi Rp33 ribu/Kg, sedangkan harga daging sapi masih bertahan di harga Rp120 ribu/Kg.

Seorang pedagang di Pasar Sri Bunda Sri Mersing, Diana mengatakan, kenaikkan harga karena pasokan berkurang, dan masih menanti persediaan dari penyalur komoditi pangan berasal dari luar daerah.

"Pembeli juga belum normal seperti biasa, ditambah lagi stok minim, sehingga harga mengalami kenaikan," katanya.

Sumber: Antarariau.com

Share
Berita Terkait
  • 17 jam lalu

    Cahyo: Walikota Dumai Bohongi Publik Soal WTP LKPD 2017

    DUMAI, Globalriau.com - Soal klaim Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Riau terhadap laporan hasil pemeriks
  • 19 jam lalu

    Sudah 140 Hektare Lahan di Dumai Terbakar

    PEKANBARU, Globalriau.com - Satuan tugas udara penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Udara Karhutla) Provinsi Riau m

  • 19 jam lalu

    Kekeringan Gambut Dumai Makin Mengkhawatirkan

    DUMAI, Globalriau.com.com - Kepala Badan Restorasi Gambut RI, Nazier Foead menilai kekeringan gambut di Kota Dumai, Riau makin

  • 5 hari lalu

    Viral, Surat Terbuka Buat Walikota Dumai soal PDAM

    DUMAI, Globalriau.com - Dunia maya dihebohkan dengan postingan salah seorang warga Dumai yang terang-terangan mengeluh sulitnya

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.