• Home
  • Dumai
  • Pipa Loading Pecah, CPO PT AAL Cemari Laut Dumai
Kamis, 02 Juni 2016 21:16:00

Pipa Loading Pecah, CPO PT AAL Cemari Laut Dumai

Tumpahan CPO dilaut Dumai oleh PT Astra Argo Lestari (AAL).

DUMAI- Insiden tumpahan Crude Palm Oil (CPO) atau Minyak Kelapa Sawit kembali terjadi di Pelabuhan Pelindo, hingga mengotori serta mencemari laut Kota Dumai, Kamis (2/6/2016). Pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai memastikan pihak PT.Kuala Lumpur Kepong (KLK) sudah melakukan pembersihan tumpahan CPO di sekitar perairan Dermaga B Pelindo tersebut.

Belum dipastikan hingga kapan upaya pembersihan dilakukan. Apalagi diduga ratusan ton CPO sudah tumpah ke laut sekitar dermaga."Kita sulit memprediksinya. Sebab belum dipastikan juga jumlah CPO yang tumpahnya," ujar Kepala Seksi Patroli Penjagaan dan Penyidikan KSOP Dumai, Janes Sinaga usai meninjau lapangan, Kamis siang.

Menurut Sinaga, insiden bermula saat proses loading atau pengisian CPO milik perusahaan asal Malaysia. Proses pengisian berlangsung pada Kamis sekitar pukul 05.30 WIB. CPO dari tongkang sarat muatan CPO didistribusikan ke areal Pabrik KLK di Kompleks Pelabuhan Pelindo Dumai.

Namun mendadak bagian pipa sambungan pecah saat proses pengisian. Hal itu memicu CPO tumpah berceceran ke perarain di sekitar dermaga. Tumpahan CPO juga terlihat hingga ke tengah arah laut.

"Ini informasi yang kami terima dari pihak perusahaan. Kesimpulan sementara CPO tumpah akibat sambungan pipa pecah," terang Sinaga.

Proses pembersihan tumpahan Crude Palm Oil (CPO) milik PT.Kuala Lumpur Kepong (KLK) dilakukan secara manual. Sejumlah pekerja tampak berupaya mengambil sisa tumpahan yang mengambang di perairan sekitar dermaga. Sekitar 10 pekerja melakukan pembersihan dengan peralatan seadanya.

Tampak para pekerja mengambil sisa tumpahan CPO berbekal ember dari atas perahu kayu. Padahal seharusnya untuk melokalisir tumpahan CPO digunakan Oil Boom. Sehinggga tumpahan minyak di air tidak mencemari area lebih luas.(egy)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 19 jam lalu

    Dikabarkan Mabes Polri Turun Gunung, Gelper di Dumai Mendadak Tutup

    Disebut-sebut, kedatangan tim dari Mabes Polri turut menyentuh keberadaan gelanggang permainan (Gelper) yang menjamur di Kota Dumai.
  • 2 hari lalu

    Walikota Pimpin Rapat Penanggulangan Bencana Karhutla Dumai

    Masalah karhutla sesuai apa yang dicanangkan oleh Presiden bahwa bencana karhutla adalah tanggung jawab kita bersama. Hal ini diungkapkan Walikota dalam rapat yang dihadiri Forkop
  • 2 hari lalu

    Walikota Dumai Hadiri Rakornas Investasi 2020

    Saat ini negara-negara tengah menghadapi kelesuan ekonomi yang tidak memungkinkan tumbuhnya perekonomian global. Dalam kondisi tersebut, satu-satunya upaya yang dinilai dapat menja
  • 6 hari lalu

    Peringati Bulan K3 Nasional 2020, PT SDS Apical Dumai Taja Donor Darah

    Aksi sosial tersebut dilaksanakan berkat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Dumai. Aksi donor ini berlangsung selama dua hari dimulai Rabu, 12 Februari hingga Ka
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0