• Home
  • Dumai
  • RSUD Dumai Belum Bayar Obat Hingga Belasan Miliar
Selasa, 04 Februari 2020 09:24:00

RSUD Dumai Belum Bayar Obat Hingga Belasan Miliar

DUMAI, globalriau.com - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai, Ridhonaldi mengaku persediaan obatan terkendala karena pembayaran menunggak utang belasan miliar rupiah ke perusahaan farmasi penyedia, namun masalah itu tidak mengganggu persediaan obat yang ada.



"Sejak menjabat tujuh bulan, saya fokus membenahi persoalan di dalam, terutama soal tunggakan utang farmasi yang dikuatirkan bisa menganggu stok untuk pasien," kata Ridhosaat ditemui wartawan, Selasa (28/1) lalu.

Persoalan pembayaran tagihan obatan ini adalah masalah yang dihadapinya saat baru dilantik jadi Dirut RSUD Dumai tujuh bulan lalu, akibat keterbatasan anggaran, dan pendistribusian sempat terkendala.Meski masih berutang, namun terus diupayakan agar stok obatan RSUD aman dan tidak terganggu, dengan cara melobi pihak farmasi dan memberi jaminan pembayaran segera dilunasi.

Selama memimpin rumah sakit, Ridho juga fokus memperbaiki sistem pelayanan kondisi RSUD Dumai, termasuk mengurangi jumlah kegiatan proyek untuk melunasi pembayaran tagihan obatan.

"Kita juga masih menunggu pembayaran klaim dari BPJS kesehatan dan nanti bisa menutupi tunggakan utang obatan untuk menjamin stok terjaga," ujarnya.

Dokter spesialis poli di RSUD Dumai pada Senin (27/1) dan Selasa (28/1) juga mogok kerja, menuntut ada komunikasi baik dengan Direktur RSUD Ridhonaldi dan dinilai sedikit arogan dalam mengambil kebijakan, terutama terkait komite medis, juga mengeluhkan soal kekurangan pelayanan serta fasilitas.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Herdi Salioso saat itu menyebut bahwa mogok kerja dokter karena terjadi salah komunikasi akibat perubahan aturan, juga terkait persediaan obatan serta pelayanan.

"Sudah disepakati agar komunikasi dalam sistem lebih ditingkatkan agar pelayanan kesehatan masyarakat tidak terganggu kedepan," kata Sekda Heldi, Selasa (28/1).

Dalam pertemuan, disepakati juga bahwa pelayanan poli di RSUD Dumai akan kembali normal dan persoalan muncul diselesaikan dengan baik.(red)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 21 jam lalu

    Dikabarkan Mabes Polri Turun Gunung, Gelper di Dumai Mendadak Tutup

    Disebut-sebut, kedatangan tim dari Mabes Polri turut menyentuh keberadaan gelanggang permainan (Gelper) yang menjamur di Kota Dumai.
  • 2 hari lalu

    Walikota Pimpin Rapat Penanggulangan Bencana Karhutla Dumai

    Masalah karhutla sesuai apa yang dicanangkan oleh Presiden bahwa bencana karhutla adalah tanggung jawab kita bersama. Hal ini diungkapkan Walikota dalam rapat yang dihadiri Forkop
  • 2 hari lalu

    Walikota Dumai Hadiri Rakornas Investasi 2020

    Saat ini negara-negara tengah menghadapi kelesuan ekonomi yang tidak memungkinkan tumbuhnya perekonomian global. Dalam kondisi tersebut, satu-satunya upaya yang dinilai dapat menja
  • 6 hari lalu

    Peringati Bulan K3 Nasional 2020, PT SDS Apical Dumai Taja Donor Darah

    Aksi sosial tersebut dilaksanakan berkat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Dumai. Aksi donor ini berlangsung selama dua hari dimulai Rabu, 12 Februari hingga Ka
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0