• Home
  • Dumai
  • Soal iGMT, DPC INSA Dumai Desak Pelindo Benahi Pelayanan
Selasa, 12 Februari 2019 21:42:00

Soal iGMT, DPC INSA Dumai Desak Pelindo Benahi Pelayanan

Kapan pengangkut kontainer di pelabuhan.

DUMAI, globalriau.com - Program iGateway Master Terminal (iGMT) yang terintegrasi dengan Inaportnet PT Pelindo Cabang Dumai masih menjadi keluhan. Pasalnya sistem yang diluncurkan kepada pengguna jasa belum singkron dengan pelayanan yang disediakan hingga Pelindo dinilai hanya mengejar target dan pendapatan.

loading...


Sebelumnya Manager Umum PT Pelindo Dumai, Agus Lianto kepada globalriau.com menjelaskan bahwa iGMT program untuk menuju Smart Port. Sistem iGMT dirancang dengan tujuan agar pelayanan kapal dan barang di pelabuhan dapat berjalan cepat, valid, transparan, dan terstandar serta dengan biaya yang minimal, sehingga dapat meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia dengan negara lain.

Terkait pelayanan Pelindo mengklaim bahwa pihaknya terus berbenah dan melakukan investasi untuk perbaikan infrastruktur.

"Setiap tahun kita investasi untuk infrastruktur, seperti tahun lalu dermaga kita tambah, perbaikan jalan, alat dan sebagainya. Kalau pelayanan boleh tanya Pertamina mereka mengatakan kita terbaik se Indonesia jadi tergantung cara pandang saja bagaimana dan dari sisi yang mana," sebut Agus.

terpisah, ketua DPC Indonesian National Shipowners' Association (INSA) Kota Dumai, Herman Buchari kepada media menjawab bahwa PT Pelindo tidak fair jika membandingkan dengan hanya satu perusahaan yakni Pertamina.

"Ngga fair kalau tingkat pelayanan ditanyakan ke pertamina. Pertamina hanya satu dari lebih kurang 40 perusahaan pelayaran atau keagenan selaku pengguna jasa kapal." ujarnya.

Menurut Herman, Pertamina adalah perusahaan pelayaran khusus, kapal-kapal Pertamina melayani angkutan BBM yang mutlak harus dilayani khusus oleh Pelindo dan memiliki SOP yang ketat sehingga Pelindo mau atau tidak harus melayani secara maksimal.

"Kalau mau fair mari survey 39 perusahaan lainnya pengguna jasa kapal Pelindo. Dermaga dangkal semua, waktu tunggu sandar rata-rata 10 hari, alat-alat mekanik rusak, dermaga kapal kontainer tidak ada. Selama ini pelayanan Pelindo ke Pertamina jauh berbeda dengan pelayanan untuk kapal selain Pertamina." jelasnya.

Lanjut Herman, Pelindo harus layani Pertamina karen diberi SOP tersendiri dan diaudit waktu pelayanannya."Pertamina itu BUMN. Jika pelayanan terhadsp pertamina tidak memenuhi syarat maka siap-siap Pelindo ditegur oleh kementrian BUMN." sebutnya.

Biasanya, kata Herman, Pertamina juga sering dibebaskan dari biaya pemanduan dan penundaan pada akhir tahun (Pemutihan).

Pada kesempatan yang sama sekretaris DPC INSA Dumai, Idam Khalid mengatakan ada dua hal yang perlu Pelindo pastikan yakni kepastian pelayanan  benar-benar sesuai dengan harapan penguna jasa.

"Seiring dengan penerapan iGMT yang terintegerasi dengan inaportnet dan dengan sistem pembayaran Auto colection yang mana dana penguna jasa harus tersedia sebesar 115 persen dengan arti kata pelayanan dipastikan harus tepat, cepat dan tidak ada delay." ujarnya.

Ke dua, lanjut Idam, Pelindo harus benar-benar memperhatiakan kesiapan infrastruktur dan fasilitas yang mereka milik.

"Kepastian pelayanan baik itu dermaga, tunda pandu bandar maupun.pandu laut  juga kesiapan alat-alat berat untuk pelayanan barang sehingga pihak pengguna jasa  memabayar sesuai dengan pelanyanan yang ia dapat." tandasnya.

Sebagai informasi, program iGMT resmi diluncurkan PT Pelindo Dumai sejak Januari 2019 lalu, dan mulai berlaku pada Februari 2019. Namun hingga kini masih terdapat keterlambatan dalam pelayanan dan keluhan terkait pembiayaan yang dinilai memberatkan.(egy)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 14 jam lalu

    Pengguna di Dumai Ungkap Tarif Ojol GET Lebih Murah

    Sejumlah konsumen mengakui tarif GET Indonesia lebih murah daripada jasa transportasi online lainnya yang ada di Dumai saat ini.
  • kemarin

    Sambut Hari K3, PT Sari Dumai Sejati Gelar Donor Darah bersama PMI

    Dalam kegiatan ini, PT. Sari Dumai Sejati bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari bertempat di ruang trainning ce
  • 5 hari lalu

    DPC INSA Dumai Sambut Baik MoU BUMD PT PDB dan PT SLUP

    Hal itu mengingat bahwa PT Pelabuhan Dumai Bersemai selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat meningkatkan sektor usaha di bidang kepelabuhanan.
  • 5 hari lalu

    Dermaga Dangkal, Sejak 2016 Pelindo Dumai Didesak Lakukan Pengerukan

    Namun, hingga 2019 ini hal tersebut belum dilakukan. Pihak PT Pelindo Dumai mengklaim tahun ini akan dilaksanakan karena usulan sudah disetujui sejak 2018.
  • loading...
    Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...