• Home
  • Dumai
  • Terindikasi Boraks, Satu Pabrik Mie Basah di Dumai Ditutup Pemerintah
Minggu, 03 Juni 2018 10:01:00

Terindikasi Boraks, Satu Pabrik Mie Basah di Dumai Ditutup Pemerintah

Ilustrasi.
DUMAI, Globalriau.com - Satu pabrik memproduksi mie basah di Kota Dumai Provinsi Riau terpaksa ditutup sementara oleh dinas kesehatan setempat karena diduga mengandung bahan berbahaya yakni boraks yang dapat mengancam kesehatan konsumen.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Paisal, SKM di Dumai, Kamis, mengatakan produsen mie basah ini ketahui mencampurkan boraks setelah dilakukan hasil uji sampel Balai Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru belum lama ini.
 
 
"Untuk sementara waktu mereka tidak bisa memproduksi mie basah dan pengelola sudah diminta untuk menutup lokasinya," kata Paisal.
 
Guna memastikan penjualan makanan minuman atau takjil ramadhan aman dikonsumsi di sejumlah lokasi, BPOM Pekanbaru telah turun ke lapangan melakukan inspeksi mendadak didampingi petugas Dinkes Dumai.
 
Dari sidak dan uji sejumlah sampel takjil di pasar ramadhan di Dumai, BPOM temukan satu sampel mie positif mengandung boraks dan bersumber dari produsen berada di Kecamatan Dumai Barat.
 
"Hasil pemeriksaan makanan di pasar ramadhan ada satu mie kuning positif mengandung boraks dan kita bakal menindaklanjuti temuan ini," sebutnya.
 
Sebelumnya, Dinkes Dumai melakukan pengujian 75 sampel takjil berbuka puasa dijual di sejumlah lokasi pasar ramadhan guna antisipasi kandungan zat pewarna berbahaya dan bahan pengawet.
 
Uji sampel takjil dilaksanakan tiap tahun oleh Dinkes Dumai dengan turun inspeksi mendadak ke pasar, bertujuan agar aman dikonsumsi masyarakat dan tidak mengandung zat pewarna atau penggunaan formalin, borak serta lainnya.
 
Paisal mengimbau masyarakat agar selektif dan berhati-hati mengkonsumsi takjil yang dijajakan di pasar ramadhan dan jangan tergiur dengan makanan dijual dengan harga murah atau warna mencolok.
 
Sumber: Antara
Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Akibat Unjuk Rasa di Purnama, 3 Hari BUMD Dumai Tak Bisa Beroperasi

    DUMAI, Globalriau.com - Ratusan massa yang terdiri dari Pemuda dan Mahasiswa serta sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi un

  • 7 hari lalu

    Kapolres Dumai: Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Sudah Tahap 1

    DUMAI, Globalriau.com - Kepolisian Resort (Polres) Dumai memprioritaskan penuntasan kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (B

  • satu minggu lalu

    Penyelundupan Rokok Rp 1,5 Miliar Digagalkan TNI AL

    DUMAI, Globalriau.com - Tim gabungan F1QR Koarmada I bersama Lanal Dumai menangkap speedboat yang memuat rokok ilegal senilai R

  • 2 minggu lalu

    CPNS 2018 Pemerintah Dumai Disetujui Sebanyak 162 Formasi

    DUMAI, Globalriau.com - Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Dumai Eri Nafrizal menyebut pemerintah menyetuj

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.