google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Dumai
  • Terkait Kasus Pemukulan, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Depan Mapolresta Dumai
Senin, 27 September 2021 17:22:00

Terkait Kasus Pemukulan, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Depan Mapolresta Dumai

Puluhan wartawan menggelar aksi di depan mapolres Dumai.

DUMAI, globalriau.com - Puluhan jurnalis di Kota Dumai menggelar aksi damai di depan mapolresta Senin (27/09/2021) siang. lebih dari 10 oraganisasi pers yang ada di Dumai turut serta dalam aksi menolak kekerasan terhadap jurnalis ini.



Adapun sejumlah organisasi pers yang hadir diantaranya Perwakilan PWI, DPD IMO Indonesia Kota Dumai, Forum Gabungan Wartawan (FORGAN), Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Riau, PPWI, JMSI, Forum Pemred, serta sejumlah pentolan wartawan lainnya di Kota Dumai.

Aksi ini didorong atas keprihatinan dan bentuk perlawanan terhadap tindak kekerasan yang menimpa sejumlah wartawan dalam melakukan tugas-tugas jurnalistik dalam kurun waktu tiga bulan belakangan di Kota Dumai.

Tidak lama menggelar aksi di depan mapolres, para wartawan disambut hangat oleh kapolres Dumai, AKBP Mohammad Kholid, S.I.K beserta jajaran.

Dihadapan Kapolres para wartawan menyampaikan sedikitnya tiga tuntutan agar adanya jaminan kedepan tindak terjadi kembali peristiwa yang sama. Serta menindak tegas pelaku jika kedepan kembali terjadi.

Dalam kurun waktu tiga bulan belakangan, sedikitnya ada tiga wartawan yang mendapat perlakuan yang bertentangan dengan UUD kebebasan Pers. Dimana ketiganya mendapat intimidasi hingga pemukulan dalam melakukan tugas jurnalistik di lapangan.

Koordinator aksi, M Syahrul Aidi menjelaskan aksi ini tidak ada paksaan, adapun puluhan jurnalis yang berpartisipasi hari ini merupakan orang-orang yang prihatin terhadap nasib jurnalis kedepannya. Agar tidak lagi mendapat intimidasi apalagi tindak kekerasan saat menjalankan tugas-tugas jurnalis baik peliputan maupun investigasi di lapangan.

"Kita apresiasi seluruh teman-teman yang merasa terpanggil untuk aksi hari ini, yang peduli terhadap nasib jurnalistik dimana saat ini kita merasa ternodai oleh prilaku oknum yang tidak bertanggung jawab. Bentuk intimidasi maupun kekerasan terhadap jurnalis adalah suatu tindakan yang melanggar hukum, hal ini harus ditegakkan," ungkapnya disela aksi damai.

Ditambahkan Syahrul Aidi, segala tuntutan sudah disampaikan langsung kepada Kapolres, kedepan kita harap komitmen bersama ini menjadi sebuah sejarah agar kedepan peristiwa yang menimpa tiga rekan wartawan sebelumnya tidak terjadi kembali.

Usai pertemuan dengan Kapolres para wartawan berpamitan secara teratur dengan protokol kesehatan yang diterapkan di mapolres Dumai.***

Share
Berita Terkait
  • 15 jam lalu

    edotco Group launches inaugural Infrastructure Design Competition in collaboration with University Kebangsaan Malaysia (UKM)

    UKM is edotco's academia partner in organising and leading the university-student engagement initiatives. Both parties will join hands in the industry-academia mentorship sess
  • 15 jam lalu

    Jaga Kesehatan Diri dan Keluarga Bersama Aplikasi SehatQ

    Untuk mendapatkan konsultasi gratis di era digital saat ini tidak perlu ribet harus keluar rumah. Semua kebutuhan seperti pencegahan, hingga pengobatan dari sebelum sampai sesudah
  • 24 jam lalu

    5 Tips Belanja Hemat Saat New Normal

    Karena masa pandemi haruskan Anda untuk tetap survive pada keuangan yang ada, maka butuh tetap menghemat belanja. Berikut tips hemat saat pandemi yang bisa Anda praktekkan.
  • 7 hari lalu

    Melalui Mitigasi Karhutla, Pertamina Dorong Masyarakat Raih Rupiah

    Beberapa waktu lalu isu kebakaran hutan dan lahan juga menjadi tranding di Dunia karena perubahan iklim yang cukup ekstrim, Provinsi Riau cukup menjadi sorotan baik di kancah lokal
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f