google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Dumai
  • Wako Dumai Ditahan KPK, H Paisal : Semoga Beliau Diberi Kesabaran
Selasa, 17 November 2020 20:05:00

Wako Dumai Ditahan KPK, H Paisal : Semoga Beliau Diberi Kesabaran

DUMAI, globalriau.com - Calon Walikota Dumai, H Paisal, SKM, MARS mendoakan H Zulkifli AS agar senantiasa diberi kekuatan dan kesabaran. Terlepas dari persoalan hukum yang tengah dihadapi, Walikota H Zulkifli AS pernah berbuat untuk masyarakat dan daerah Dumai. 2 periode menjadi walikota, tentu tidak sedikit pengabdian yang pernah dilalukannya. 
 
" Jujur, ada kesedihan saat dapat kabar beliau ditahan. Semoga beliau (H Zulkifli AS,red) diberikan kekuatan dan kesabaran," ujar Calon Walikota Dumai, H Paisal, SKM, MARS usai sholat maghrib, Selasa (17/11/20) tadi. 
 
Disampaikan H Paisal, SKM, MARS bahwa kasus hukum yang tengah dihadapi H Zulkifli AS itu mesti dijadikan pembelajaran bagi siapapun pemimpin Dumai kedepan. Harus lebih berhati-hati dalam penggunaan uang negara atau kebijakan yang berpotensi terseret kasus korupsi. 
 
" Niat beliau agar anggaran untuk pembangunan Dumai bisa bertambah, cuma caranya mungkin salah. Niatnya baik, caranya kurang baik, akhirnya hasil jadi tidak baik. Ini tentu menjadi pembelajaran bagi kita kedepan agar lebih berhati-hati, dan menghindari potensi terjadinya korupsi," tegas H Paisal, SKM, MARS. 
 
Sementara Calon Wakil Walikota Dumai, Amris yang berpasangan dengan H Paisal, SKM, MARS di Pilkada Dumai 2020 secara khusus mendo'akan H Zulkifli AS. 
 
" Beliau pemimpin Dumai, dan tidak bisa dipungkiri banyak hal baik juga yang sudah beliau lakukan untuk masyarakat dan Kota Dumai. Ya Allah, kuatkanlah hati pemimpin kami dan keluarganya, semoga mereka tabah dalam menghadapi kenyataan ini," ujar Amris. 
 
Banyak ucapan simpati juga berseliweran di media sosial pasca ditahannya Walikota Dumai, H Zulkifli AS oleh KPK. Diantaranya datang dari salah seorang Tokoh Pendiri Kota Dumai, Ahmad Maritulius. 
 
" Ya Rab. Berikanlah kekuatan dan ketabahan kepada Abangnda Zulkifli AS, ketika berjuang pasti ada resikonya, Allah menentukan jalanmu, sabar dan taqwa adalah yang terbaik," tulis Ahmad Maritulius melalui dinding facebooknya. 
 
Walikota Dumai Zulkifli Adnan Singkah, Selasa, 17 November 2020, menyambangi Gedung Merah Putih kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 
 
Zul AS diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap dan gratifikasi pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Dumai APBD-P 2017 dan APBD 2018. 
 
Pemeriksaan terhadap Walikota Dumai itu dibenarkan Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan. Ia mengatakan Zul As telah hadir dan sudah berada di dalam gedung KPK. 
 
Untuk diketahui Zulkifli AS ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi pada 3 Mei 2019. Zul AS diduga memberi suap Rp500 juta kepada Yaya Purnomo dan kawan-kawan terkait dengan pengurusan anggaran DAK APBN-P tahun 2017 dan APBN tahun 2018 Kota Dumai. 
 
Yaya Purnomo merupakan mantan Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 
 
Pada perkara kedua, Zulkifli disangkakan melanggar pasal 12 B atau Pasal 11 Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. 
 
Pada perkara ini, penyidik KPK sudah memeriksa banyak saksi. Di antaranya anggota DPRD Dumai periode 2009-2014 Yuhardi Manaf, Kasubag Perencanaan Dinas PUPR Kota Dumai Vera Chinthiana, mantan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Dumai Ismail, Direktur CV Nuzullul Hendri, dan Direktur CV Maju Karya Putra Amari. 
 
Pemeriksaan juga dilakukan kepada Kamari Adi Winoto selaku CEO Aulia Wijaya Mebel, M Yusuf Sikumbang, dan Mashudi. Dari Pemko Dumai, yakni Anggi Sukma Buana dan Muhammad Saddam dan saksi lainnya.(red)
Share
Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    Dugaan Money Politik di Pilkada Dumai, Modus Hutangkan Sembako Hingga Fotocopy KK

    Praktek money politik di setiap pesta demokrasi sudah bukan rahasia lagi. Hanya saja pola dan caranya mungkin berbeda-beda. Kabarnya di Pilkada Dumai kondisi itu juga ikut mewarnai
  • 4 hari lalu

    Pasangan Paisal-Amris Diprediksi Menang di 5 Kecamatan

    Lebih unggulnya pasangan Paisal-Amris (PAS) sejalan dengan tingginya animo masyarakat Dumai untuk memilih pemimpin yang taat dan relegius.
  • 4 hari lalu

    Velo Labs, Lightnet Group and Visa to Develop Payment Solutions in Asia

    With a Memorandum of Understanding (MoU) in effect between the parties, Velo Labs, Lightnet Group and Visa will collaborate on payment solutions aimed at addressing the under-serve
  • 4 hari lalu

    Disaksikan Presiden RI Joko Widodo, PB PGRI Beri Anugrah Dwija Praja Nugraha kepada Bupati Irwan

    Ditingkat Nasional diikuti oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim, Menteri Agama fachrul Razi,
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...