• Home
  • Dumai
  • Wujudkan Keselamatan Berlayar, KSOP Dumai Taja Sosialisasi Kepelabuhanan
Rabu, 07 November 2018 14:44:00

Wujudkan Keselamatan Berlayar, KSOP Dumai Taja Sosialisasi Kepelabuhanan

KSOP Dumai Sosialisasikan Kepelabuhanan Wujudkan Keselamatan Berlayar.

DUMAI, Globalriau.com - Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Sanggam Marihot membuka sosialisasi bidang kepelabuhanan untuk mendorong insan pelabuhan bersinergi mewujudkan keselamatan pelayaran, Rabu.

Dalam sambutan, Sanggam menyebut, sosialisasi dengan peserta pengguna jasa kepelabuhanan ini merupakan program strategis Ditjen Perhubungan Laut untuk pemenuhan keselamatan dan keamanan di lingkungan kemaritiman.



"Diharap semua pihak di kepelabuhanan selalu bersinergi menjaga dan mengutamakan unsur keselamatan keamanan pelayaran, karena itu beberapa kebijakan dan aturan akan disampaikan dalam sosialisasi Ini," kata Sanggam.

Dijelaskan, peserta akan diberi materi seputar perkapalan, kepelabuhanan dan keselamatan berlayar sesuai aturan berlaku, sebagai bentuk komitmen Ditjen Hubla dalam menjalankan tugas pengawasan keselamatan dan keamanan di sektor maritim.

Materi sosialisasi bidang kepelabuhanan meliputi aturan dan dasar hukum serta operasional terminal khusus dan terminal untuk kepentingan sendiri, dan penerapan percepatan pelayanan publik sistem online.

Sedangkan materi sosialisasi perkapalan di antaranya, dokumen dan sertifikat, pelaksanaan penyelenggaraan kelaikan kapal, keselamatan konstruksi kapal, perlengkapan penolong kapal penumpang, perangkat navigasi dan lainnya.
 
Untuk keselamatan berlayar, materi tentang pelaksanaan pengawasan tertib bandar dan pergerakan kapal, pemeriksaan pemenuhan persyaratan pengawakan kapal dan penyiapan bahan penerbitan dokumen kepelautan, perjanjian kerja laut, perlindungan awak kapal, pemanduan dan penundaan kapal, pengawasan kapal asing, pemenuhan persyaratan kelaiklautan kapal dan penerbitan surat persetujuan berlayar.

"Sosialisasi ini penting menambah pengetahuan pengguna jasa agar memahami kebijakan dan aturan tentang pelayanan kesyahbandaran, diharap peserta bisa ikut untuk kepentingan bersama," sebutnya.

Materi lain disampaikan, tentang pengelasan di laut dan darat, pekerjaan bawah air, penanggulangan musibah pelayaran, pengelasan kapal di dermaga, surat pengawasan bongkar barang berbahaya, pengawasan muat barang berbahaya, bongkar limbah B3, pengisian bahan bakar kapal dan bongkar barang khusus.

Terkait rencana penerapan pelayanan publik berbasis elektronik, KSOP Dumai bekerjasama dengan Pelindo I untuk memudahkan pengguna jasa kepelabuhanan melakukan pendaftaran rekomendasi persetujuan berlayar dan bongkar muat barang.(red/ant)

Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    10.800 Hektare Dipersiapkan Pemerintah Dumai untuk Lahan Mandiri

    DUMAI, Globalriau.com - Pemerintah Kota Dumai tengah menyiapkan ribuan hektar lahan abadi mandiri untuk pertanian dan perikanan

  • 4 hari lalu

    Curah Hujan Tinggi, Wako Dumai Langsung Pimpin Normalisasi Drainase

    DUMAI, Globalriau.com - Wali Kota Dumai Zulkifli As pimpin gotong royong pembersihan parit dari sampah dan tumpukan material pe

  • 6 hari lalu

    Seluruh Kader PAN Kota Dumai Siap Menyambut Kedatangan Sandiaga Uno

    DUMAI, Globalriau.com - Seluruh kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai bersiap menyambut kehadiran calon wakil presiden

  • satu minggu lalu

    Nyali Bawaslu Dumai Diuji

    Baru baru ini kita dikejutkan oleh beredarnya kabar tentang perangai buruk seorang tenaga pendidik di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.