google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
Senin, 14 September 2020 19:48:00

Komisi II Apresiasi Grand Master Plan Dinas Ketahanan Pangan

Kadis Ketahanan Pangan Alek Kurniawan Saat mengikuti rapat


PEKANBARU- globalriau.com - Komisi II DPRD Kota Pekanbaru menggelar rapat dengan pendapat atau RDP dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru terkait pembahasan APBD-P TA 2020.

Hadir langsung dalam hearing ini Ketua Komisi II H. Fathullah SH, Sekretaris Dapot Sinaga, SE, Anggota Roem Diani Dewi, SE., MM, Eri Sumarni, S.Ap dan Munawar Syahputra. Sementara Dinas ketahanan Pangan langsung dihadiri oleh Kadis Ketahanan Pangan Alek Kurniawan , SP,M.Si didampingi sekretaris, Kabid  Ketersedian dan Kerawanan Pangan, Kabid Konsumsi dan Keamanan pangan, Kasi Disribusi Pangan serta Kasubag Keuangan.

H. Fatullah, SH saat memimpin rapat menyampaikan apresiasi kepada kinerja Kadis Ketapang dan tim yang selama dijabat oleh Alek Kurniawan banyak memberikan perubahan dan warna baru di dinas Ketapang.

Pada kesempatan awal,  anggota DPRD dari fraksi Gerindra tersebut mempersilahkan  Kadis Ketapang untuk menyampaikan pokok-pokok perubahan APBD dan gambaran umum rencana kerja pada Dinas yang telah dipimpinnya hampir 2,5 bulan ini.

“Kami mencoba semaksimal mungkin melakukan optimalisasi sumber daya yang ada baik dari sisi pendanaan dan SDM yang ada. Kendati masih sulit dari sisi pendanaan akibat pendemi corona virus disease (Covid-19), kami tetap berupaya melakukan kegiatan-kegiatan strategis dalam pemberdayaan masyarakat misalnya melalui kegiatan Kawasan Mandiri Pangan dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)” Ungkap Alek Kurniawan,  Kadis Ketapang

Alek yang juga ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Pekanbaru juga menguraikan bagaimana optimalisasi upaya menggaet dana segar melalui Dana Insentif Daerah tambahan untuk optimalisasi rencana aksi Panca Cita pangannya diantaranya penuntasan Grand Master Plan Ketahanan Pangan, Optimalisasi stimulus bantuan benih/ bibit tanaman kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani, Optimalisasi penyiapan kawasan Lokasi Cadangan Pangan Terintengrasi alias siCANTIG dan optimalisasi stimulus bantuan pangan melalui Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

 Anggota Komisi II Roem Diani Dewi, SE, MM menyampaikan apresiasi kepada Kadis Ketapang atas gagasan penyiapan Grand Master Plan Ketahan Pangan Kota Pekanbaru dan memberikan masukan terkait isu-isu strategis yang kedepannya akan dilahirkan dalam dokumen tersebut. Hal senada juga diungkapkan Dapot Sinaga, SE yang juga merupakan Sekretaris pada Komisi II bahwa komisi II sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan strategis Ketahanan Pangan terutama optimalisasi dana stimulus melalui pemberian bibit kepada Kelompok Wanita Tani, dia juga merekomendasikan agar pembinaan tetap dilakukan secara berkelanjutan terhadap kegiatan kegiatan pemberdayaan semacam ini. Anggota lainnya Eri Sumarni, S.Ap mengharapkan kegiatan pemberdayaan masyarakat juga menyentuh warga perkotaan yang pada umumnya tidak memiliki lahan pekarangan yang memadai dalam kegiatan penumbuhan tanaman pangan.

"Kita berharap optimalisasi koordinasi terus dilakukan oleh Disketapang dan DPRD melalui komisi II akan senantiasa mendorong penguatan anggaran dalam kegiatan-kegiatan strategis terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, " Singkat Fatullah mengakhiri Hearing.***


Fatullah dan didampingi anggota Komisi II saat memberikan apresiasi dan masukan terhadap Dinas Ketahananan Pangan
Fatullah dan didampingi anggota Komisi II saat memberikan apresiasi dan masukan terhadap Dinas Ketahananan Pangan
Arwinda anggota Komisi II saat memberikan masukan kepada Dinas Ketahanan pangan
Kadistapang Alek saat memberikan sambutan kepada komisi II dan memberikan laporan perkembangan di dinas ketahanan pangan.
Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
 
loading...