• Home
  • Inhu
  • LAZNas Chevron dan Dompet Dhuafa Resmikan Sarana Bersuci di Pedalaman Talang Mamak Inhu
Sabtu, 08 September 2018 11:22:00

LAZNas Chevron dan Dompet Dhuafa Resmikan Sarana Bersuci di Pedalaman Talang Mamak Inhu

INHU, Globalriau.com - Rabu (5/9) Lembaga Amil Zakat Nasional Karyawan Muslim Chevron Indonesia (LAZNas Chevron) cabang Rumbai bersama Dompet Dhuafa Riau meresmikan Sarana Bersuci untuk masyarakat pedalaman talang mamak di Dusun Pebidayan Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gangsal Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan Peresmian ditandai dengan serah terima Sarana Bersuci yang diserahkan langsung oleh Age Pranata selaku Manager Operasional LAZNas Chevron Rumbai kepada perwakilan masyarakat tempatan.



Sarana bersuci berupa MCK, tempat berwudhu, sumber air bersih tersebut dibangun berdekatan dengan Masjid Al-Mukhlisin. Masjid Al-Mukhlisin merupakan masjid tertua yang dibangun pada tahun 1960an yang kini masih digunakan oleh 58 KK warga.

"Kami mendapat informasi bahwa masjid tua di dusun ini belum memiliki sarana bersuci. Makanya LAZNas Chevron Rumbai bersama dengan Dompet Dhuafa Riau tergerak untuk membantu pengadaan sarana bersuci ini. Alhamdulillah program ini mendapat respon yang positif dari donatur." ungkap Age.

Program kemanusiaan ini merupakan bentuk komitmen LAZNas Chevron Rumbai dalam menyalurkan amanah dari donatur agar tepat sasaran. Terlebih lagi masyarakat pedalaman talang mamak yang jauh dari perhatian dunia luar, hanya memiliki sungai sebagai tempat satu-satunya untuk bersih-bersih dan berwudhu. Sebelumnya juga LAZNas Chevron Rumbai telah membuat program yang sama di masyrakat pedalaman Suku Sakai Siak.

"Selama ini untuk membersihkan diri kami harus ke sungai termasuk untuk membuang air kecil atau besar. bahkan kalau malam hari, anak anak mengaji juga harus ke sungai untuk buang air dan wudhu'. tentu berbahaya karena gelap, licin dan banyak binatang berbahaya. Kami sangat bersyukur, Sekarang kami bisa beribadah dengan lebih nyaman. Terimakasih banyak-banyak kami ucapkan kepada donatur atas bantuan ini." ujar Pak Adang selaku ketua RW Dusun Pebidayan.(rls)

 

Share
Berita Terkait
Komentar
Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.