google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Kampar
  • Guna Merawat Produk, Tim Pengabdian UNRI Laksanakan Sosialisasi Fiksasi Eco Print
Selasa, 04 Agustus 2020 17:32:00

Guna Merawat Produk, Tim Pengabdian UNRI Laksanakan Sosialisasi Fiksasi Eco Print

Ibu-ibu PKK Desa Tarai Bangun mengikuti sosialisasi oleh Kukerta UNRI.

KAMPAR, globalriau.com - Perawatan Produk Ecoprint Melalui Fiksasi Eco Printing (03/08). Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Tarai Bangun UNRI melaksanakan kegiatan fiksasi Ecoprinting. Dalam kegiatan ini, pemaparan materi langsung disampaikan oleh Ibu Ninik selaku tim dosen pengabdian di desa tarai bangun tahun 2020.



Penyampaian materi ini melalui platform daring yaitu Google meet. Tujuan dilaksanakan fiksasieco printing ini adalah untuk merawat produk eco print yang sudah dibuat sebelumnya agar tahan lebih lama.

Tampak antusiasme peserta yang merupakan ibu-ibu PKK desa Tarai Bangun dengan mendengarkan secara saksama. Antusiasme peserta juga dapat dilihat dengan sebagian ibu-ibu menulis tahapan dalam fiksasi eco printing dan bertanya yang tidak dipahami, sehingga mereka dapat menerapkannya dirumah masing-masing.

Ninik selaku tim dosen pengabdian menjelaskan, produk eco print ini jika dijual memiliki harga yang cukup tinggi.

"Beberapa konsep desainer Indonesia dan dunia sudah mengaplikasikan eco print pada brand milik mereka. Sehingga jika produk eco print ini dapat kita kembangkan, kita dapat memperoleh keuntungan yang cukup banyak," jelasnya.

Ditambahkannya, proses fiksasi eco print dapat dilakukan dengan merendam di larutan fiksasi bisa tawas, kapur atau cuka selama 15 menit.

"Setelah perendaman bilas dengan menggunakan air bersih dan jemur produk eco print yang dilakukan fiksasi tadi. Diakhir pertemuan, sesi tanya jawab dibuka, guna untuk memastikan pemahaman masyarakat mengenai materi yang disampaikan hari ini dan dapat diapliksasikan dirumah mereka masing-masing. Dengan fiksasi ini, diharapkan produk eco print yang sudah dibuat sebelumnya seperti kerudung dan tas dapat bertahan lama dan tidak cepat luntur." tandasnya.(rls)

Share
Berita Terkait
  • 9 jam lalu

    Minyak Mentah Tumpah Akibat Pipa Bocor, PT CPI Fokus Bersihkan Dermaga di Dumai

    Tumpahan minyak bumi itu disebabkan oleh adanya kebocoran pada pipa saat proses penyulingan.
  • 2 hari lalu

    Harga Sembako di Dumai Masih Stabil

    Namun kabar buruknya para pedagang memprediksi menjelang ramadhan harga sembako diyakini bakal naik sebagaimana tahun sebelumnya.
  • 4 hari lalu

    DHL Global Forwarding Partners Longhorn Vaccines & Diagnostics to Assure Safety and Efficacy of Lab Testing in Africa and Asia

    The pandemic has caused increased challenges in the intricate deliveries of temperature controlled shipments, including stricter controls at international borders, the absence of a
  • 4 hari lalu

    Microsoft Mendirikan Pusat Data Pertama di Indonesia Sebagai Bagian dari Inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia

    Pengumuman hari ini memegang peran penting dalam mempercepat transformasi digital Indonesia, menuju visinya menjadi negara dengan ekonomi digital terdepan di Asia Tenggara.
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...