google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Home
  • Kampar
  • Guna Merawat Produk, Tim Pengabdian UNRI Laksanakan Sosialisasi Fiksasi Eco Print
Selasa, 04 Agustus 2020 17:32:00

Guna Merawat Produk, Tim Pengabdian UNRI Laksanakan Sosialisasi Fiksasi Eco Print

Ibu-ibu PKK Desa Tarai Bangun mengikuti sosialisasi oleh Kukerta UNRI.

KAMPAR, globalriau.com - Perawatan Produk Ecoprint Melalui Fiksasi Eco Printing (03/08). Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Tarai Bangun UNRI melaksanakan kegiatan fiksasi Ecoprinting. Dalam kegiatan ini, pemaparan materi langsung disampaikan oleh Ibu Ninik selaku tim dosen pengabdian di desa tarai bangun tahun 2020.



Penyampaian materi ini melalui platform daring yaitu Google meet. Tujuan dilaksanakan fiksasieco printing ini adalah untuk merawat produk eco print yang sudah dibuat sebelumnya agar tahan lebih lama.

Tampak antusiasme peserta yang merupakan ibu-ibu PKK desa Tarai Bangun dengan mendengarkan secara saksama. Antusiasme peserta juga dapat dilihat dengan sebagian ibu-ibu menulis tahapan dalam fiksasi eco printing dan bertanya yang tidak dipahami, sehingga mereka dapat menerapkannya dirumah masing-masing.

Ninik selaku tim dosen pengabdian menjelaskan, produk eco print ini jika dijual memiliki harga yang cukup tinggi.

"Beberapa konsep desainer Indonesia dan dunia sudah mengaplikasikan eco print pada brand milik mereka. Sehingga jika produk eco print ini dapat kita kembangkan, kita dapat memperoleh keuntungan yang cukup banyak," jelasnya.

Ditambahkannya, proses fiksasi eco print dapat dilakukan dengan merendam di larutan fiksasi bisa tawas, kapur atau cuka selama 15 menit.

"Setelah perendaman bilas dengan menggunakan air bersih dan jemur produk eco print yang dilakukan fiksasi tadi. Diakhir pertemuan, sesi tanya jawab dibuka, guna untuk memastikan pemahaman masyarakat mengenai materi yang disampaikan hari ini dan dapat diapliksasikan dirumah mereka masing-masing. Dengan fiksasi ini, diharapkan produk eco print yang sudah dibuat sebelumnya seperti kerudung dan tas dapat bertahan lama dan tidak cepat luntur." tandasnya.(rls)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 13 jam lalu

    Wujudkan UMKM Handal, Hendri Sandra Targetkan 1 Kelurahan 1 Rumah Krearif

    Wacana itu tidak sekedar wacana, namun sudah beliau wujudkan kepada beberapa UKM yang kini ada di masyarakat. Namun, pasangan yang menggunakan slogan HANDAL tersebut menemukan pers
  • 2 hari lalu

    Kabid Alkal Dinas PU Dumai Pantau Banjir Rob di Kota Dumai

    Tidak hanya itu, sejumlah ruas jalan raya yang ramai dilalui pengendara pun ikut digenangi air, sehingga pengguna jalan berbalik arah.
  • 2 hari lalu

    Jonathan Surbakti Nahkodai SMSI Rohil

    Penunjukan tersebut berdasarkan Surat Mandat No. 04/SM/SMSI/Riau/IX/2020 tertanggal 14 September 2020 yang diterima Jonathan di Pekanbaru.
  • 2 hari lalu

    Berkesan, Puncak LKTJ dan Video SKK Migas Dilakukan Secara Virtual

    Pjs Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri mengapresiasi para pemenang lomba dan seluruh wartawan Riau yang telah ikut berkontribusi dalam kompetisi ini. Dirinya berh
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...