Jumat, 18 Mei 2018 15:57:00

Ainal Syabri, Seimbang dalam Berbudaya

Ainal Syabri

MEDAN, Globalriau.com - Budaya Minangkabau dikenal khas akan keberagamannya. Mulai dari seni tari hingga seni musik, berbagai macam permainan tradisional dan instrumen musik tradisional dapat ditemui dalam budaya Minangkabau.

Budaya Minangkabau dapat menyatukan berbagai emosi menjadi kesatuan suka cita dengan keunikannya dan warnanya sendiri.

Namun dewasa ini, generasi muda kita telah memilih untuk menjadikan budaya Barat sebagai panutannya, meninggalkan budaya tradisional yang dianggap kuno dan tidak menarik.

loading...


Tapi tidak bagi mahasiswa jurusan Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitasi Sumatera Utara yang satu ini. Ainal Syabri dikenal akan kemampuannya memainkan berbagai alat musik tradisional khas Minangkabau dan kelihaiannya melakoni seni randai yang merupakan permainan tradisional Minangkabau yang menggabungkan seni musik, tari, drama dan silat menjadi satu.

Kecintaannya akan budaya Minangkabau telah membawanya ke berbagai tempat baru, memberikan Ainal berbagai pengalaman yang menakjubkan.

Ainal sudah pernah menginjakkan kakinya di Negeri Gajah Putih, Thailand, bukan sekedar melancong, tetapi menorehkan prestasi internasional bersama Sanggar Nan Gombang yang merupakan salah satu sanggar terbaik di Sumatera Barat.

Walau begitu, Ainal juga tetap beradaptasi dengan perkembangan budaya modern. Ia memilih saksofon sebagai alat musik andalannya, karena ia memiliki basis yang kuat dengan alat musik tiup.

Kelihaiannya dalam bermain saksofon juga sudah tidak dapat diragukan lagi. Ainal bahkan sering diundang ke berbagai acara formal maupun informal untuk mempertunjukkan bakat luar biasanya.

Tidak dapat dipungkiri, Ainal lihai dalam mengimbangi bagaimana ia berbudaya agar ia tidak melupakan kearifan lokalnya.*Eileen Publisher

Share
loading...
Berita Terkait
  • tahun lalu

    Koperasi Amanah Dumai Berkah Segera Grand Opening 212 Mart

    Koperasi Amanah Dumai Berkah saat ini sudah memiliki lebih dari 300 anggota termasuk walikota beserta istri. Kedepan kata Syufri, juga akan dilakukan pendaftaran melalui online.
  • tahun lalu

    Komunitas 212 Dumai, Menjaga Ukuwah dan Ekonomi Umat

    Sejarah terbentuknya komunitas 212 di seluruh Indonesia termasuk Kota Dumai, Riau. Tidak terlepas dari niat dan semangat umat Islam untuk bersatu.
  • 3 tahun lalu

    Inilah Komunitas yang Cocok bagi Pecinta Petualangan

    Melakukan kegiatan di alam bebas kini menjadi kegiatan banyak diminati oleh masyarakat, terutama anak-anak muda. Sejenak melepas penat dari hiruk pikuk aktivitas rutin tak ada sala
  • 3 tahun lalu

    DGR Start dari Burtor 2015 Keliling Jakarta

    Lebih dari 1.000 biker DGR start dari Burtor 2015 akan mutar Jakarta dengan rute perjalanan dari Senayan, Kemang, dan Menteng.
  • loading...
    Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...