• Home
  • Komunitas
  • GERAKAN BESAR PEMUDA UNTUK MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA
Selasa, 14 Januari 2020 17:52:00

GERAKAN BESAR PEMUDA UNTUK MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Oleh: Intan Adelsi Chandra, Dwi Sara Ruslan Rumra
Mahasiswi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Riau

Peningkatan kemajuan pendidikan di Indonesia tidak hanya di bebankan oleh Guru atau tenaga pendidik lainnya, tapi juga tanggung jawab setiap orang yang terdidik. Gerakan dan kepedulian para pemuda juga menjadi tolak ukur untuk kemajuan pedidikan bangsa, berbagi juga bukan selalu tentang materi tapi berbagi dengan apapun yang kita punya, bukan tentang mengasihi tapi tentang dimana kita masih memiliki hati nurani.

Kemajuan Bangsa bukan terukur dari batas peta tapi dari gerakan para pemuda. Sebagai pemuda kita harus sadar bahwa masih minimnya kualitas pendidikan di Indonesia apalagi di daerah-daerah terpencil, jika hanya ingin menampung dan menunggu bantuan pemerintah tidak semua nya bisa teralokasikan, maka dari itulah kita harus sadar bahwa tingkat kepedulian kita untuk pendidikan di Indonesia, seperti menjadi volunter sangat berpengaruh besar untuk kemajuan bangsa.

Tidak hanya lebel kita sebagai orang yang terdidik, sekolah setinggi mungkin kita bisa bangga begitu saja, tapi bagaimana kepedulian kita terhadap pendidikan di Indonesia. Sejatinya “Salah satu hasil tertinggi dari pendidikan bukan ijazah, melainkan pendewasaan untuk mampu menjadi lebih toleransi terhadap perbedaan yang ada.

Kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia dari Forum Berbagi Ilmu Indonesia inilah kita bisa banyak belajar apa itu pentingnya rasa peduli, berbagi, dan memahami, dan menandakan kita manusia yang masih memiliki hati. Kita semua sebenarnya berpotensi tapi hanya dibedakan oleh keadaan.

Melalui Forum Berbagi Ilmu Indonesia kita bisa belajar apa itu arti rasa peduli, berbagi, dan memahami, karena dengan terus belajar kita bisa mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Teringat kata-kata seperti “Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda.

Forum Berbagi Ilmu Indonesia memiliki selogan “Berbagi, Terapkan dan Rasakan” setiap kegiatan yang dilakukan oleh para anggota FBII banyak mengandung hal positif, beberapa kegiatannya adalah mengajar anak-anak yang berada di sekolah-sekolah daerah yang terpencil, berjualan untuk mengumpulkan donasi, seperti menjual buku-buku di car free day yang nantik uang nya akan dibelikan utuk keperluan sekolah seperti seragam sekolah dan alat tulis, peduli terhadap lingkungan masyarakat, tingkat kesehatan juga, selama Ruang Bakti Pendidikan yang berlangsung 3 hari prosesnya tidak hanya mengajar tapi juga membantu masyarakat sekitar, seperti membersihkan mushola yang ada, dan melakukan kegiatan bakti sosial lainnya.

Forum Berbagi Ilmu Indonesia tempat dimana kita sebagai Volunter bisa belajar banyak dan mempelajari hal yang tidak pernah kita pelajari di bangku sekolah maupun perguruan tinggi, yaitu pentingnya rasa kepedulian terhadap sesama, dan jangan pernah bangga dengan apa yang kamu punya, tapi banggalah tentang apa yang kamu lakukan dengan apa yang kamu punya, dan itu bisa membantu dan bermamfaat untuk sesama. SALAM BERBAGI “Berbagi, Terapkan dan Rasakan”***

Share
loading...
Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    DINASTI POLITIK GUBERNUR RIAU MEMANGKAS DEMOKRASI

    Pelantikan yang dilakukan pada 07 Januari 2020 itu dianggap sebagai tindakan yang memangkas demokrasi, pasalnya karena banyak dari mereka yang telah lama mengabdi namun harus mener
  • satu minggu lalu

    TANGISAN MASYARAKAT MELEWATI JALAN LINTAS KUBU

    Kerusakan parah ini sudah dibiarkan sejak 35 tahun lebih oleh pemerintah. Masyarakat kubu dan kububabussalam hanja dikasi janji dan janji setiap tahunnya bukan pembanggunan.
  • 2 minggu lalu

    KETIKA HUKUM SUDAH DIKAKI

    Disini penulis dapat menyimpulkan penyebab utama akan hukum yang dianggap cacat dinegeri tercinta, yakni pertama kekuasaan,
  • 6 bulan lalu

    Bagaimana Anak Indonesia Bisa Memberikan Peran Besar?

    Pada umumnya, anak-anak memiliki cita-cita untuk diwujudkan pada masa yang akan datang. Cita-cita tersebut tidak boleh diremehkan begitu saja karena dari cita-citalah seorang anak
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0