google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Home
  • Komunitas
  • Kewirausahaan Menjadi Pelatihan Paling Diminati oleh Pengguna Kartu Prakerja di Bukalapak
Rabu, 19 Agustus 2020 22:17:00

Kewirausahaan Menjadi Pelatihan Paling Diminati oleh Pengguna Kartu Prakerja di Bukalapak

Muhammad Jibril Sobron di Talkshow Kartu Prakerja.

65% dari total transaksi berasal dari kategori kewirausahaan, Bukalapak berkomitmen terus berikan pendampingan

JAKARTA, 19 Agustus 2020 - Sebagai perusahaan teknologi yang sangat dekat dengan UMKM, Bukalapak menilai program Kartu Prakerja tidak hanya sebagai program untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 untuk kembali bekerja dan memperoleh pendapatan, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk mencetak wirausaha lokal yang dapat memanfaatkan platform marketplace untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri dan memasarkan hasil karyanya ke pasar yang lebih luas.



Hal ini juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Denni Purbasari, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dalam acara diskusi yang diadakan Bukalapak pada hari ini.

“Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk menyasar masyarakat yang secara ekonomi terdampak oleh pandemi untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas. Banyak sekali jenis pelatihan yang bisa diambil, salah satunya adalah pelatihan kewirausahaan. Keberadaan pelaku UMKM sangat vital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kita.” ujar Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak.

Dia juga mengatakan, “Selama berjalan program Kartu Prakerja, kami mendapatkan hasil bahwa 65% dari para peserta yang melakukan transaksi
untuk bergabung dalam program Kartu Prakerja di platform Bukalapak, memilih kategori kewirausahaan, hal ini mendorong dan menambahkan semangat kami untuk terus mendukung pemerintah dalam mencetak lebih banyak pelaku UMKM yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Ini adalah bagian dari misi kami untuk menciptakan “a Fair Economy for All”, atau ekonomi yang adil bagi semua.” Rachmat juga menjelaskan, tidak mudah untuk dapat menjadi wirausaha yang handal.

Terlebih di masa pandemi seperti ini, tantangan bagi wirausaha pemula tidak lagi berkisar hanya diaspek produksi dan pemasaran, namun juga logistik, metode pembayaran, dan cara-cara untuk masuk ke dalam pasar. Tren belanja masyarakat juga telah berubah dari offline ke online dan dibutuhkan strategi usaha yang dapat mengakomodir tantangan-tantangan dan perubahan tren pasar tersebut.

“Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses manfaat berwirausaha online, kami juga telah menyiapkan berbagai program pendukung dengan topik - topik wirausaha yang menarik. Kami sudah mulai di tanggal 12 dan 14 Agustus kemarin dan akan terus lanjutkan. Tim komunitas Pelapak serta Mitra Bukalapak juga senantiasa menyiapkan berbagai program pelatihan untuk para pelaku UMKM yang sudah bergabung di Bukalapak untuk dapat menjadi wirausaha online yang handal dan sukses” tambah Rachmat.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Luarsekolah Muhammad Jibril Sobron menjelaskan,”Dari 20 kelas yang kami tawarkan di Bukalapak, program “Belajar Digital Marketing sampai Mahir” menjadi program pelatihan yang paling banyak dibeli pengguna. Tentu kami menyambut baik antusiasme ini dengan terus mengembangkan kurikulum yang efektif dan dapat memberi manfaat bagi para pengguna Kartu Prakerja dalam kaitannya untuk menjadi wirausaha”. Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja juga mengapresiasi inisiatif Bukalapak tersebut.

“Ini merupakan cara yang baik untuk mendukung tujuan dari Program Kartu Prakerja. Kami berharap komitmen ini dapat terus dilakukan dan kemudian menjadi inspirasi bagi masyarakat bahwa dengan gotong-royong atau berkolaborasi, kita bersama-sama dapat membangun perekonomian nasional”, Tutup Denni.(rls)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    Kabid Alkal Dinas PU Dumai Pantau Banjir Rob di Kota Dumai

    Tidak hanya itu, sejumlah ruas jalan raya yang ramai dilalui pengendara pun ikut digenangi air, sehingga pengguna jalan berbalik arah.
  • 21 jam lalu

    Jonathan Surbakti Nahkodai SMSI Rohil

    Penunjukan tersebut berdasarkan Surat Mandat No. 04/SM/SMSI/Riau/IX/2020 tertanggal 14 September 2020 yang diterima Jonathan di Pekanbaru.
  • 21 jam lalu

    Berkesan, Puncak LKTJ dan Video SKK Migas Dilakukan Secara Virtual

    Pjs Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri mengapresiasi para pemenang lomba dan seluruh wartawan Riau yang telah ikut berkontribusi dalam kompetisi ini. Dirinya berh
  • 2 hari lalu

    Temenos Banking Software available on Alibaba Cloud to Power Banks' Digital Transformation

    More than 3,000 financial services institutions around the world leverage Temenos' modern, cloud-native and API-first technology. Banks can now run Temenos' core banking
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...