IKLAN
Jumat, 15 April 2016 21:15:00

Trend Bidang UKM yang Berkembang di Indonesia

Kegiatan berwirausaha yang masih sederhana dan minim modal selalu identik dengan UKM. UKM atau Usaha kecil menengah adalah sebuah usaha dalam skala kecil, industry kecil, industry rumah tangga yang jumlah pekerjanya juga hanya beberapa orang saja. Walaupun UKM ini adalah usaha yang kecil, namun tidak sedikit UKM dari Indonesia, yang sudah berhasil melebarkan sayapnya hingga keluar negeri.

UKM bagi sebagian masyarakat yang bisa dibilang minim modal ini, adalah sebuah Bisnis Usaha Rumahan Yang Menguntungkan dan tentunya menjadi langkah awal untuk mengembangkan usaha kecil mereka tersebut. Saat ini, pemerintah kita juga sudah sangat mendukung keberadaan UKM ini.

pemerintah kita cukup sering mengadakan event mengenai pengenalan UKM yang beberapa dari UKM tersebut bisa dibilang berhasil menembus pasar mancanegara. Jika anda juga ingin berwirausaha namun anda juga cukup terbentur modal, anda bisa memulai usaha anda secara UKM.

Selain usaha ini kepengurusanya tidak terlalu rumit, UKM juga mampu bertahan dalam keadaan ekonomi yang masih labil seperti di Negara kita. Saat keadaan ekonomi kita sedang krisis seperti beberapa tahun silam, usaha UKM ini terbukti mampu bertahan. Sebelum memulai usaha UKM anda, ada baiknya anda juga mengenal beberapa UKM yang populer di Indonesia. Dengan begitu anda bisa mengetahui secara lebih dalam, sebelum mengambil keputusan untuk melakukan UKM. Berikut beberapa UKM yang berkembang di Indonesia: Dikutip dari cekaja.com berikut beberapa UKM yang berkembang di Indonesia:

UKM di Bidang Kuliner

UKM di Bidang kuliner tentunya merupakan peluang usaha yang sangat bagus. Mengingat peminat kuliner sangat banyak karena kuliner merupakan kebutuhan pokok mereka yang harus dipenuhi. Anda bisa melihat rumah makan yang ada hampir di setiap kota, misalnya rumah makan Ampera.

Awalnya rumah makan ini adalah sebuah warung nasi sederhana yang bisa dibilang termasuk usaha sampingan rumah tangga. Namun, seiring berkembangnya zaman dan pengelolaanya pun dibenahi, sekarang anda bisa melihat rumah makan ampera sebagai restoran besar yang bisa dijumpai di beberapa kota di Indonesia. Untuk memulai UKM seperti ini, usahakan anda memiliki skill memasak yang baik. Setela itu anda bisa tentukan akan menjual jenis masakan apa yang sekiranya akan disukai oleh parapelanggan anda. Anda bisa memulai usaha semacam ini dari rumah, atau bisa juga menyewa sebuah kios kecil untuk menjajalkan masakan anda.

UKM Bidang Fashion

Selain bidang kuliner, bisnis UKM yang juga cukup banyak peminatnya adalah UKM Fashion. Usaha di bidang ini juga memiliki peluang yang besar untuk bisa sukses. Membeli pakaian tentunya juga merupakan kebutuhan setiap manusia. Dunia fashion saat ini juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, terutama fashion wanita. Namun fashion pria juga rupanya tidak kalah dibanding fashion wanita.

Biasanya, fashion memang selalu mengikuti trend. Jika anda ingin memulai UKM di bidang fashion, usahakan anda juga mengetahui trend fashion yang sedang berkembang. Anda bisa melihat trend tersebut lewat majalah fashion atau sosial media yang banyak mempost mengenai trend fashion. Untuk memulai usaha UKM semacam ini anda bisa memulai dengan menjadi reseller dari sebuah brand yang terkenal dan memiliki produk yang unik. Dari situ kita bisa memulai menjalankan bisnis dengan modal yang relatif kecil. Setelah anda memiliki market yang banyak, anda bisa menentukan untuk membuat usaha sejenis baru yang lebih baik tentunya.

UKM Bidang Pendidikan

UKM yang juga berkembang cukup baik di Indonesia adalah UKM bidang pendidikan. Pendidikan disini bukanlah sebuah sekolah yang wajib diikuti setiap orang, namun UKM ini adalah pendidikan diluar sekolah, seperti kursus atau pelatihan khusus. Seiring berkembangnya mutu pendidikan di Indonesia, mempelajari hal-hal baru seperti bahasa asing tentunya harus dimaksimalkan juga, mengingat era Globalisasi sudah dimulai di Negara kita saat ini. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk juga membuat UKM di bidang pendidikan. Seperti membuka kelas kursus bahasa asing seperti bahasa inggris, German, Mandarin, Korea dan lain sebagainya.

UKM Bidang Otomotif

Anda gemar dengan dunia otomotif? Biasanya para pria akan sangat menggemari hal ini. jika anda juga memiliki keahlian di bidang ini, anda juga bisa membuat usaha yang berkaitan dengan dunia otomotif tersebut. beberapa perusahaan berikut ini juga memulai suksesnya dari UKM perusahaan tersebut adalah AHRS. Usaha di bidang otomotif juga adalah sebuah UKM yang menyediakan spare part untuk kendaraan bermotor. Usaha UKM lainya yang juga bisa anda lakukan adalah membuka jasa cuci kendaraan, menjual helm dan perlengkapan berkendara atau juga membuka sebuah bengkel.

UKM Bidang Agrobisnis

Indonesia yang terkenal dengan tanahnya yang subur, memiliki hasil perkebunan yang berkualitas dan melimpah. Hal ini juga dimanfaat kan oleh UKM untuk membuat bisnis dimana banyak permintaan akan keperluan agrobisnis tersebut dari masyarakat sekitarnya. Selain menjual hasil kebunya, pengolahan hasil kebun juga tentunya bisa dijual kembali. Seperti pengolahan keripik Duren atau Abon Salak. Jenis-jenis cemilan tersebut juga merupakan hasilolahan agrobisnis.

UKM di BidangTeknologi

UKM ini tentunya sudah banyak diminati oleh parapelaku usaha. Zaman yang serba canggih ini sangat erat kaitanya dengan teknologi. UKM di Bidang teknologi yang populer adalah ecommerce. Di Indonesia sendiri, ada beberapa UKM bidang teknologi yang banyak diminati, seperti tokopedia.com, bukalapak.com dan lazada.co.id. Anda bisa memulai UKM semacam ini dengan menjadi startup dalam UKM ini.

Beberapa UKM diatas adalah jenis UKM yang memang berkembang dengan baik khususnya di Indonesia. Jika anda terinspirasi dengan jenis UKM ini, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk membuat UKM dengan modal yang relatif kecil dan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Semoga beberapa referensi diatas bisa menjadi pilihan Bisnis Rumahan 2016 bagi anda yang ingin menjalankan bisnis UKM. Semoga bermanfaat.***

Share
Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    Mantan Kabag Umum Wafat, Bupati Bengkalis Melayat ke Rumah Duka

    BENGKALIS - Mantan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis, H Kamaruddin AR bin Abdul Rafi’i, Kamis (22/12/2016)

  • tahun lalu

    Bupati Bengkalis Lakukan Sidak ke Sejumlah Kecamatan dan SKPD

    BENGKALIS – Usai mengikuti rapat pembukaan (entry meeting) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakila

  • tahun lalu

    Bupati Bengkalis Silaturahmi ke Kapolda Riau

    PEKANBARU – Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Senin (9/10/2016) mengadakan silaturahim dengan Kepala Kepolisian Daerah (Ka

  • tahun lalu

    Bupati Bengkalis Minta KONI dan Atlit Bersiap Hadapi Porprov 2017

    BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin, meminta seluruh pengurus KONI, Pegurus Kabupaten (Pengkab) Cabang Olahraga se-Beng

  • Komentar
    Copyright © 2017 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.