google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Meranti
  • Kerjasama Stakeholder Mampu Tingkatkan Pembangunan Meranti
Senin, 21 Desember 2015 09:48:00

Kerjasama Stakeholder Mampu Tingkatkan Pembangunan Meranti

MERANTI- Salah satu upaya untuk melakukan pembenahan pembangunan adalah dengan cara mengevaluasi seluruh kinerja stakeholder baik itu di bidang infrastruktur, ekonomi dan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang gesit dan handal. Evaluasi ini perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan pembangunan yang merata bagi daerah itu sendiri.

Alasan ini yang dijadikan Pemkab Kepulauan Meranti di setiap acara peringatan hari jadinya yang ditetapkan setiap tanggal 19 Desember. Kabupaten Kepulauan Meranti yang saat ini berusia 7 tahun telah memiliki pondasi pembangunan yang cukup baik, berkat kepemimpinan yang diemban Drs Irwan MSi dan Masrul Kasmy selama 5 tahun terakhir.

Kedepan, cita-cita akan menjadikan Kepulauan Meranti sebagai daerah yang maju, meningkatkan ekonomi masyarakat tentu membutuhkan sebuah kerja keras dari semua pihak. Baik pemerintah, masyarakat maupun pihak swasta.

"Kerja sama seluruh stakeholder yang ada sangat diharapkan dalam rangka meningkatkan pembangunan di daerah yang kita cintai ini. Kerja keras dan memiliki kemampuan negosiasi, menjadi kunci utama dalam meraih sebuah keberhasilan pembangunan," kata Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Meranti, Edy Kusdarwanto di sela-sela Rapat Paripurna Istimewa DPRD Meranti, Sabtu (19/12).

Edy mengatakan, Kabupaten Kepulauan Meranti sesungguhnya daerah yang kaya. Potensi yang dimiliki daerah ini seperti minyak, perkebunan, peternakan serta kekayaan alam lainnya.  Tinggal bagaimana kemampuan daerah untuk mengolahnya secara sungguh-sungguh dan lebih maksimal.

Ketua DPRD Meranti, Fauzi Hasan mengatakan, memasuki usia ke-7 ini, Kabupaten Meranti sudah harus siap pada tahap rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kedua. Sebab, pada RPJMD pertama, arah pembangunan Kota Sagu ini sudah berjalan dengan jelas.

Ke depan, kata Fauzi, janji politik bupati dan wakil bupati terpilih (Irwan-Said Hasyim) pada masa kampanye lalu menyatakan bahwa akan menjadikan Kepulauan Meranti sebagai daerah niaga. Tentu terlebih dahulu harus menyiapkan infrastruktur dasar, seperti jalan, air bersih, dan listrik agar target menjadi daerah niaga bisa dapat terwujud.

"Pondasi pembangunan sudah disiapkan oleh Pak Irwan ketika saat menjabat Bupati pada periode 2010-2015. Dan sekarang beliau (Pak Irwan) kembali terpilih. Untuk itu ke depan tinggal bagaimana dilakukan pembenahan-pembenahan," kata Fauzi.

Pembenahan yang dimaksud, lanjut Fauzi, bupati terpilih nantinya dapat menempatkan para pejabat dimasing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) betul-betul memiliki kemampuan dalam bekerja dan mampu membuat terobosan baru cemerlang, guna mendukung pembangunan serta persiapan menyambut Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

"Asesmen pejabat memang menjadi harga mati yang harus dilakukan. Sehingga pejabat yang akan ditempatkan di setiap SKPD betul-betul memiliki kemampuan dalam bekerja," kata legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Ketua Komisi B, Bidang Ekonomi dan Pembangunan DPRD Meranti, Dedi Putra berharap agar ke depan Kabupaten Meranti akan ditata dengan rapi dan lebih tertib sesuai dengan peraturan yang ada. Dengan harapan Meranti menjadi salah satu kabupaten terbaik di Riau.

"Target maksimal 10 tahun lagi, Kabupaten Meranti sudah bisa tertib, baik di bidang pembangunan, sampah maupun kesadaran masyarakat dalam menggunakan jalan raya. Masyarakat Meranti saat ini sudah menyadari bahwa mereka merupakan warga yang tinggal di kabupaten," kata Dedi. (eaf)

Share
Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Sudah Enam Bulan Guru Madrasah di Meranti Tak Gajian

    Puluhan guru madrasah Meranti curhat lantaran belum ada menerima bantuan dari awal hingga pertengahan 2017. Sementara, guna menutupi kebutuhan sehari-hari, tak jarang mereka mencar
  • 4 tahun lalu

    Kesbangpol Pemkab Meranti Taja Dialog Wawasan Nusantara

    Kasat Binmas Polres Kepulauan Meranti, AKP Yudi Setiawan, Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan, Drs Askandar dan perwakilan Koramil 02/Tebingtinggi, Peltu Lakattang diu
  • 5 tahun lalu

    HUT ke 8, Pemerintah Meranti Gelar Berbagai Kegiatan

    Sempena peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke 8 yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2016 mendatang, Pemerintah Daerah sudah mempersiapkan berbagai kegiatan.
  • 6 tahun lalu

    DAK Rp145 Miliar, Dinas PU Meranti Prioritaskan Bangun Wilayah Perbatasan

    Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kepulauan Meranti tahun anggaran 2016 ini mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi dari Pemerintah Pusat senilai Rp 145 Milyar.
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f