google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
HUT RI WILMAR
  • Home
  • Meranti
  • Mahasiswa Kukerta UNRI Tahun 2020 Berikan Edukasi Tentang COVID-19 Secara Online
Senin, 11 Mei 2020 16:38:00

Mahasiswa Kukerta UNRI Tahun 2020 Berikan Edukasi Tentang COVID-19 Secara Online

Mahasiswa UNRI yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) membentuk tim relawan untuk memberikan edukasi pencegahan wabah COVID-19. KUKERTA berbasis relawan COVID-19 ini dinaungi oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Riau. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa saat menjalankan KUKERTA berbasis relawan COVID-19 ini berupa edukasi mengenai COVID-19 melalui virtual community, membuat media edukasi berupa poster digital dan video edukatif serta menjaga posko relawan COVID-19.



Rizfan Trihardi bersama 2 anggota lainnya yaitu Andri Agustiandi dan Naufal Zumari Putra yang tergabung dalam satu tim relawan yang bernama MEDICSTERY telah melakukan berbagai macam kegiatan secara virtual untuk memberikan edukasi kepada komunitas guru-guru di Kabupaten Kep. Meranti, Riau tentang pencegahan COVID-19. Tujuan tim relawan ini adalah untuk memberikan informasi kepada guru-guru mengenai pencegahan COVID-19 yang notabene banyak yang belum paham dan menerapkannya serta diharapkan guru-guru yang tergabung dalam virtual community tersebut dapat menjadi perantara bagi tim relawan untuk menyebarkan informasi-informasi yang valid dan anjuran-anjuran mengenai COVID-19 kepada orang terdekat dan khususnya siswa-siswi mereka.

Edukasi diberikan via grup chat kepada komunitas guru-guru secara bergantian oleh tiap anggota tim relawan ini berupa audio dan teks materi. Materi yang disampaikan diantaranya mengenai Pandemi COVID-19, Yang Harus dilakukan Ketika Memiliki Gejala COVID-19, serta berbagai cara pencegahannya (Mencuci Tangan, Pentingnya Penggunaan Masker, Etika Batuk dan Bersin, Physical Distancing, Isolasi Mandiri & Bekerja dari Rumah). Setiap penyampaian materi diskusi hanya membahas satu topik. Diskusi di grup virtual community ini berjalan aktif setiap kali pertemuannya. Dapat dilihat dari guru-guru yang sering bertanya mengenai materi yang disampaikan. Salah satu materi edukasi yang berjalan dengan cukup aktif adalah mengenai mencuci tangan. Pada saat itu peserta virtual community menanyakan berbagai macam hal mengenai mencuci tangan diantaranya ada yang menanyakan seberapa efektif mencuci tangan dengan sabun?, apakah mencuci tangan dengan sabun lebih baik daripada menggunakan handsanitizer?, apakah kalau menggunakan handscoon (sarung tangan) tidak perlu lagi mencuci tangan? dan banyak lagi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya dijawab berdasarkan informasi-informasi yang valid agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Media edukasi lain yang digunakan diantaranya e-poster mengenai gejala-gejala COVID-19, pentingnya mencuci tangan dengan benar serta langkah-langkahnya, dan etika batuk dan bersin.

Video edukasi juga telah dipublikasi di berbagai media sosial termasuk YouTube yang membahas “Fakta-Fakta Tentang COVID-19” (link : https://youtu.be/pEOsIUI6JPo)
 
Tidak hanya secara online atau virtual, ada juga kegiatan lainnya yang tidak dilaksanakan secara online yaitu menjaga posko relawan COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Riau pada tanggal 25 April 2020. Posko relawan tersebut menerima donasi dari berbagai pihak berupa APD (Alat Pelindung Diri) dan lainnya untuk membantu tenaga medis yang menjalankan tugas menghadapi COVID-19 di Rumah Sakit terutama yang ada di Pekanbaru, Riau. Kegiatan kerelawanan tim relawan MEDICSTERY dapat dilihat di situs blog https://medicstery.blogspot.com

Kegiatan tim relawan MEDICSTERY tentunya tidak akan terlaksana dengan baik salah satunya tanpa bimbingan Instruktur dari FK UNRI yaitu Fifia Chandra, S. K. M, M. K. M. dan Dosen Pembimbing Lapangan dari LPPM UNRI yaitu Dr. Sri Endang Kornitas, SE, M.Si.(rls)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    254 Napi Lapas Meranti Dilepas, Kasus Narkoba Mendominasi

    Persoalan kejahatan Narkoba ini memang sangat menguatirkan oleh karena dia juga menghimbau masyarakat untuk bersatu melawan Narkoba.
  • 5 bulan lalu

    Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Meranti Buat Edaran

    Setelah menetapkan Status Siaga Darurat Covid-19, kini Pemkab Meranti kembali mengeluarkan Surat Edaran Bupati Kepulauan Meranti
  • 5 bulan lalu

    Meranti Antisipasi Wabah Virus Corona, Bupati Keluarkan Edaran

    Adapun rincian sekolah yang diliburkan, mulai TK, SD, SMP, SMA, SMK, Sedereajad dan Pondok Pesantren yang ada diwilayah kabupaten kepulauan Meranti seluruhnya di liburkan.hal ini
  • 5 bulan lalu

    Buka Isolasi Meranti, Wabup Said Hasyim Tinjau Kondisi Pelabuhan Penyengat Siak dan Mengkikip

    Untuk mempercepat realisasi rencana ini Wabup Said Hasyim melakukan peninjauan kondisi pelabuhan Penyengat dan Sungai Rawa di Siak sekaligus berkoordinasi dengan Pemkab Siak dan Pr
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...