google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Meranti
  • Pemkab Meranti Menjamin Pinjaman Rekanan di BRK
Minggu, 17 Januari 2016 21:21:00

Pemkab Meranti Menjamin Pinjaman Rekanan di BRK

Net
Bank Riau Kepri

SELATPANJANG- Solusi bagi rekanan yang belum dibayarkan haknya atas kegiatan Tahun Anggaran 2015 lalu mulai terbuka. Pemda Kepulauan Meranti melalui Sekretaris Daerah, Iqaruddin, telah menandatangani Surat Pengakuan Hutang kepada rekanan, untuk jaminan pinjaman 50 persen dari nilai SPM proyek di Bank Riau Kepri (BRK).

"Itu salah satu jalan agar kawan-kawan rekanan bisa segera menutupi tanggungan biaya pekerjaan yang belum dibayarkan Pemda," ungkap Zulkifli AMd, juru bicara rekanan usai pertemuan dengan Sekda Kepulauan Meranti, di Kantor Bupati, Jalan Dorak Selatpanjang, Selasa (12/1/2016) kemarin.

Pria yang akrab dipanggil Ijon ini menjelaskan, ada sekitar 400 lebih rekanan yang menunggu pembayaran dari program Pemda yang telah dikerjakan. Sebagian rekanan sebelumnya membuka plafon pinjaman di Bank Riau Kepri untuk modal pelaksanaan pekerjaan.

"Kalau tidak ada jaminan Pemda, maka bunga pinjaman per 1 Januari 2016 di Bank Riau Kepri ditanggung oleh rekanan, sementara masalah keterlambatan pembayaran hingga tutup buku tahun anggaran 2015 ada di Pemda. Rekanan juga perlu membayar pembiayaan lainnya," ujarnya.

Ijon mengatakan, para rekanan memberikan apresiasi kepada pihak Bank Riau Kepri yang berkenan memberikan solusi bagi masalah tanggungan rekanan tersebut. Surat pengakuan hutang dari Pemda dibutuhkan agar rekanan dapat meminjam 50 persen dari nilai Surat Perintah Membayar (SPM) pekerjaan yang telah diterbitkan oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Sisanya 50 persen lagi sudah dijanjikan Pemda untuk dibayar setelah pengesahan APBD murni Tahun Anggaran 2016 ini," ucapnya.

Seperti dikatakan Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Selatpanjang, Burhan SE, Ijon mengungkapkan, saat ini 70 persen dari 400 lebih rekanan sudah mengajukan pinjaman ke Bank Riau Kepri, sesuai yang disetujui BRK senilai 50 persen dari jumlah dana pada SPM.

Saat ini ada sekitar Rp67 miliar hutang Tahun Anggaran 2015 yang mesti segera dibayar Pemda Kepulauan Meranti. Dari jumlah tersebut lebih kurang Rp50 miliar utang kepada rekanan kontraktor, kemudian Rp17 miliar terdiri dari hutang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam bentuk Tukar Uang (TU) dan Ganti Uang (GU).

Selain itu Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Permai, Kecamatan Rangsang Barat yang belum dicairkan.Keterlambatan pembayaran pekerjaan pihak ketiga oleh Pemda Kepulauan Meranti hingga berakhirnya Tahun Anggaran 2015 itu, disebabkan lambatnya proses transfer dana dari Pusat ke rekening kas daerah.

Dana transfer pusat diasumsikan mencapai Rp 57 miliar dari sektor Sumber Daya Alam (SDA) dan Rp 25 miliar dari sektor Pajak.Sedangkan saat pertemuan berlangsung antara puluhan rekanan dengan Sekda dan Pimpinan Bank Riau Kepri kemarin, awak media tidak diperkenankan masuk ke ruang rapat melati Kantor Bupati Kepulauan Meranti. Wartawan yang sempat masuk ke ruangan diminta untuk keluar dari ruang pertemuan tersebut.(mcr)

Share
Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Penyertaan Modal Bengkalis ke Bank Riau Kepri Diminta Ditinjau Ulang

    Hal itu disampaikannya, dalam Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Laporan nota keuangan APBD Bengkalis dan Laporan Reses Anggota DPRD Bengkalis, Senin malam (13/1
  • 4 tahun lalu

    Sudah Enam Bulan Guru Madrasah di Meranti Tak Gajian

    Puluhan guru madrasah Meranti curhat lantaran belum ada menerima bantuan dari awal hingga pertengahan 2017. Sementara, guna menutupi kebutuhan sehari-hari, tak jarang mereka mencar
  • 4 tahun lalu

    Kesbangpol Pemkab Meranti Taja Dialog Wawasan Nusantara

    Kasat Binmas Polres Kepulauan Meranti, AKP Yudi Setiawan, Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan, Drs Askandar dan perwakilan Koramil 02/Tebingtinggi, Peltu Lakattang diu
  • 5 tahun lalu

    HUT ke 8, Pemerintah Meranti Gelar Berbagai Kegiatan

    Sempena peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke 8 yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2016 mendatang, Pemerintah Daerah sudah mempersiapkan berbagai kegiatan.
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f