google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Meranti
  • Sagu jadi Solusi Sumber Ekonomi saat Pandemi Covid-19
Rabu, 21 Oktober 2020 13:07:00

Sagu jadi Solusi Sumber Ekonomi saat Pandemi Covid-19

PEKANBARU, globalriau.com - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Meranti, Kamsol mengatakan bahwa sagu menjadi sumber ekonomi yang bisa didorong saat masa pandemi Covid-19, terlebih lagi daerahnya merupakan penghasil sagu terbanyak di Provinsi Riau.



Hal tersebut disampaikannya saat mendampingi Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Riau, Syahfalefi saat mengikuti hari Pekan Sagu Nusantara (PSN) 2020 secara virtual dan diikuti 14 Provinsi lainnya.

"Pangan sagu adalah andalan bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti karena itu sumber ekonomi utama dan itu yang bisa didorong disituasi pandemi ini walaupun ada juga sektor-sektor lainnya," katanya.

Kamsol menerangkan bahwa di Kabupaten Meranti, sagu diolah dalam bentuk basah ataupun kering yang bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat. Dilanjutkannya, pada tahun 2016 telah melakukan rekor MURI dengan mencetak 369 jenis menu dengan bahan dasar olahan sagu.

"Hanya tinggal bagaimana kita usahakan pemasarannya,"ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan kabupaten Kepulauan Meranti saat ini terus meningkat produktivitas olahan sagu dalam aspek tidak hanya berbentuk olahan makanan tapi juga produksi tepung sagu dan industri makanan ternak.

"Dengan berbagai olahan ini sehingga betul-betul bisa menjadi ekonomi masyarakat Kepulauan Meranti, Riau dan pada khususnya Indonesia," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa akan bersinergi dengan UMKM yang mengelola sagu agar dapat dipantau proses industrinya sehingga layak jual dengan mengembangkan kualitas dan mutu supaya bisa bersaing ke pasar ekspor yang lebih luas.

"Untuk itu diharapkan dorongan dari kementerian untuk kemajuan teknologi agar kualitas dan mutu dalam pengelolaan sagu ini dapat bersaing di pasar Internasional," tutupnya.(MCR)

Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Disaksikan Presiden RI Joko Widodo, PB PGRI Beri Anugrah Dwija Praja Nugraha kepada Bupati Irwan

    Ditingkat Nasional diikuti oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim, Menteri Agama fachrul Razi,
  • 4 hari lalu

    Resahkan Warga, Polisi Tertibkan Aksi Balap Liar di Jalan Pramuka Selatpanjang

    Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk mengatakan, penertiban tersebut menindaklanjuti laporan warga karena resah Jalan Pramuka kerap dijadikan arena balapan
  • 4 hari lalu

    Terkenal 'Licin', Bandar Narkoba di Kepulauan Meranti Ini Akhirnya Ditangkap Polisi

    Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk mengatakan, tersangka tak berkutik setelah jajaran Satres Narkoba menyergapnya ketika berada dalam rumah di Jalan Sunga
  • 6 hari lalu

    Natal dan Tahun Baru, Kapolres Kepulauan Meranti Ingatkan Penerapan Prokes

    Rapat berlangsung di Hotel Grand Indobaru Selatpanjang, Jumat (27/11/2020) malam. Dipimpin Kapolres AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, dan dihadiri perwakilan masing-masing Gereja.
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...